14 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi dan Strukturnya

Daftar Isi [Tampilkan]

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi - Membuat teks hasil observasi itu sebenarnya sangat sederhana. Apabila Anda sudah mengetahui poin utama dari teks tersebut. Sebelum masuk ke contoh teks yang dimaksud, akan lebih baik jika Anda memahami terlebih dahulu apa itu teks laporan hasil observasi.

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi laporan sebuah penelitian yang dijelaskan secara terperinci dengan menggunakan kriteria tertentu. Penyusunan teks laporan hasil observasi harus dibuat dengan struktur yang jelas agar mudah dipahami dengan baik, karena isi teks ini pada dasarnya berisi berbagai informasi yang sangat bermanfaat.

Menurut Nawai dan Martini, Teks hasil observasi adalah tulisan yang berisi tentang hasil pengamatan dan pencatatan yang ditulis secara urut. Sedangkan menurut Kosasih, Teks hasil observasi adalah teks yang menyajikan informasi hasil analisis yang telah tersistematis berdasarkan sudut pandang keilmuan.

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

  • Sebagai kegiatan pengamatan
  • Sebagai dokumentasi
  • Sebagai ilmu pengetahuan
  • Sebagai bahan penelitian
  • Sebagai sumber yang dapat dipercaya

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Tujuan dari penulis teks laporan hasil observasi adalah untuk menemukan metode baru, bisa membantu pengambilan keputusan, menemukan solusi baru dari sebuah permasalahan, mengetahui dan mengawasi apakah ada perkembangan pada masalah yang dihadapi.

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

  1. Ditulis berdasarkan fakta sesuai pengamatan yang dilakukan
  2. Tidak adanya bagian penutup dari penulis
  3. Tidak mengandung dugaan yang menyimpang
  4. Ditulis secara lengkap

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

  • Pernyataan Umum

Pernyataan umum merupakan pembuka dari teks hasil observasi. Dibagian pernyataan umum umumnya berisi latar belakang atau asal usul dan juga penjelasan secara umum tentang objek yang akan diobservasi.

  • Deskripsi Bagian

Deskripsi bagian berisi rincian, isi, pembahasan, dan penjelasan lebih detail mengenai objek yang akan diobservasi.

  • Deskripsi Manfaat

Dibagian manfaat nantinya Anda akan menjabarkan beberapa hal atau manfaat dari objek yang diobservasi. Selain itu, di dalam deskripsi manfaat Anda juga bisa memberikan beberapa hal tentang kesimpulannya.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

1. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Tumbuhan

teks laporan observasi pohon kelapa

Pernyataan Umum

Pohon kelapa atau disebut juga pohon nyiur adalah tumbuhan palem berbatang tinggi, yang bisa mencapai 3 meter. Buahnya tertutup sabut dan memiliki tempurung keras, didalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air.

Kelapa merupakan sebutan dari nama buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Kelapa menjadi tumbuhan serba guna karena semua bagiannya dapat dimanfaatnya oleh manusia, karena memiliki banyak manfaat maka tunas kelapa dijadikan lambang pramuka di Indonesia.

Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, tapi sekarang sudah hampir menyebar di seluruh pantai tropika dunia.

Deskripsi Bagian

Bagian-bagian dari tumbuhan ini adalah batang, buah kelapa, akar, dan pelepah. Buah kelapa terdiri dari kulit luar, tempurung, sabut, daging buah, kulit buah, air kelapa dan lembaga. Pohon kelapa atau pohon nyiur banyak kita jumpai di bagian tepi pantai.

Deskripsi Manfaat

Menurut penelitian yang ada, kelapa memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyait TBC, wasir, luka bernanah, kolera, dan disentri. Selain itu, buah kelapa juga dapat mengobati keracunan ringan, karena buah ini bisa menetralkan racun didalam tubuh dan dapat dijadikan sebagai minuman dan makanan.

Buah kelapa juga mengandung banyak gizi atau nutrisi. Sehingga tak heran mengkonsumsi buah kelapa dapat memberikan banyak manfaat. Banyaknya kandungan nutrisi dalam buah kelapa mampu meningkatkan matabolisme, menjaga kesehatan tulang, dan melindungi sel-sel dari radikal bebas.

2. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lidah Buaya

teks laporan observasi lidah buaya

Pernyataan Umum

Lidah buaya merupakan spesies tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genus Aloe. Lidah buaya bersifat menahun yang berasal dari Jazirah Arab, dan menyebar ke kawasan beriklim tropis, semi-tropis, dan kering di berbagai belahan dunia.

Deskripsi Bagian

Lidah buaya mengandung antioksidan, natrium, kalsium, magnesium, folat, glukosa, vitamin A, B, C, dan E. Di dalam tumbuhan ini juga mengandung asam amino esensial.

Tanaman ini memiliki tiga lapisan yang mana lapisan pertama fungsinya sebagai pelindung dan juga tempat sintesis dari karbohidrat dan protein.

Lapisan kedua disebut lateks merupakan lapisan getah kuning yang pahit. Pada lapisan ini banyak mengandung antrakuinon dan glikosida yang sifatnya antioksidan bagi tubuh. 

Sedangkan lapisan ketiga di isi oleh gel jernih yang menganddung 99% air. Selain air, ternyata juga mengandung asam amino, lipid, glukomanan, vitamin, dan sterol.

Deskripsi Manfaat

Tumbuhan ini memiliki kandungan zat inflamasi serta antimikroba yang bermanfaat dalam merawat kulit yang bermasalah, seperti jerawat, menenangkan kulit yang terkena luka bakar, dan iritasi karena sinar matahari.

Lidah buaya juga mengandung anti oksidan yang sangat kuat, yakni polifenol. Zat tersebut dapat membantu menghambat dan menghentikan perkembangbiakan bakteri yang ada pada tubuh manusia.

3. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kurma 

laporan teks observasi kurma

Pernyataan Umum

Kurma adalah salah satu buah yang banyak dibudidayakan di Timur Tengah. Selain memiliki rasa yang manis, kurma juga memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh. Buah ini  sering dipanen pada musim gugur atau awal musim di negara asalnya. Secara umum, kandungan utama  dari buah ini adalah karbohidrat sederhana (70%), terutama gula, seperti fruktosa ddan sukrosa.

Deskripsi Bagian

Kurma juga mengandung beberapa sumber zat gizi lainnya, seperti :

  • 2 gram protein,
  • 7 gram serat,
  • 20% kebutuhan kalium harian,
  • 18% kebutuhan tembaga,
  • 14% kebutuhan magnesium harian,
  • 15% kebutuhan mangan,
  • 12% kebutuhan vitamin B6 harian,
  • 5% kebutuhan zat besi harian.

Selain itu, kurma juga kaya akan asupan zat besi, kalsium, vitamin K, folat, serta antioksidan seperti fenolik, karoten, avanoid, dan anthocyanin.

Deskripsi Manfaat

Kurma mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Kalsium dan magnesium, misalnya. Keduanya bisa membantu menurunkan tekanan darah ke tingkat yang lebih sehat. Makanan yang disukai nabi ini juga bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Buah ini juga mengandung antioksidan asam fenolik yang terkenal karena sifat antiradangnya. Asam fenolik dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung, hipertensi, dan stroke.

Menurut penelitian dari Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research mengatakan bahwa kurma mengandung zat tanin yang bermanfaat untuk melancarkan kontraksi tanpa rasa sakit. 

Beberapa pakar menyarankan agar ibu hamil tua makan buah ini untuk mendapatkan asupan energi tambahan. Kurma yang mengandung gula alami dan kalori tinggi ini dapat meningkatkan energi ketika proses bersalin yang menguras tenaga.

4. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Pisang 

laporan teks observasi pisang

Pernyataan Umum

Pisang adalah kelompok tanaman herba berukuran besar dengan daun memanjang dan besar yang tumbuh langsung dari bagian tangkai. Tanaman ini tergolong dalam kelompok tumbuhan monokotil atau berbiji tunggal.

Pisang dapat dipanen kapan saja, karena pertumbuhannya yang sesuai dengan segala jenis musim. Buah pisang dapat langsung dimakan atau dimasak terlebih dahulu. Nutrisi yang ada dalam pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Deskripsi Bagian

Pisang adalah buah yang sangat bergizi yang merupakan sumber mineral, vitamin, dan juga karbohidrat. Pisang dapat dijadikan slae pisang, buah meja, pure pisang, dan tepung pisang. Kulit pisang dapat dimanfaatkan untuk membuat cuka melalui proses fermentasi alkohol dan asam cuka. Sedangkan daun pisang dipakai sebagai pembungkus berbagai macam makanan tradisional di Indonesia.

Berikut adalah kandungan gizi yang terkanddung dalam setiap 100 gram pisang.

  • Energi: 128 kalori
  • Air: 67,8 gram
  • Lemak: 0,5 gram
  • Protein: 0,8 gram
  • Karbohidrat: 30,2 gram
  • Serat: 8,1 gram
  • Kalsium: 12 miligram
  • Natrium: 3 miligram
  • Kalium: 382,0 miligram
  • Fosfor: 28 miligram

Pisang juga mengandung berbagai mineral seperti vitamin B kompleks, beta karoten, vitamin C, dan niasin.

Deskripsi Manfaat

Pisang matang dapat membantu Anda memperlancar pembuangan sisa-sisa tubuh dari proses metabolisme. Salah satu manfaat buah pisang bagi pencernaan ialah membantu meredakan masalah pencernaan, seperti sembelit. Selain itu, makan pisang akan meringankan kerja ginjal dalam membersihkan darah.

Dilansir dari laman Live Science, pisang mengandung vitamin B6-nya, sehingga mampu meredakan peradangan, membantu perununan berat badan, menurunkan risiko diabetes tipe 2, mendukung dan menguatkan sistem saraf, serta menunjang produksi sel darah putih.

Pisang juga mempunyai antioksidan tinggi yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Molekul raddikal bebas tersebut bisa terbentuk dari polusi udara, sinar matahari, produk kimia yang Anda pakai, dan proses metabolisme di dalam tubuh.

5. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Pemukiman Desa

teks laporan hasil observasi pedesaan

Pernyataan Umum

Umumnya karakteristik pedesaan di pegunungan adalah sama, yaitu mempunyai udara yang sejuk, keadaan tanah yang berlereng, dan potensi alam yang kaya. Ciri-ciri wilayah pedesaan yaitu, perbandingan luas tanah dengan jumlah manusia relatif lebih besar, hubungan penduduk cukup akrab, lapangan kerja agraris, dan sifat menurut tradisi budaya setempat.

Deskripsi Bagian

Masyarakat desa adalah masyarakat agraris yang hidup sebagai petani, sehingga umumnya bekerja di sawah ladang dari pagi hingga sore. Di waktu menunggu padi, mereka dapat mempergunakan waktunya untuk mencari pekerjaan tambahan lain. Terkadang waktunya juga digunakan untuk berdagang di kota-kota, menjadi buruh dan sebagainya.

Rakyat di desa umumnya menginginkan rumah-rumah dibangun menurut kondisi dan ukuran kebutuhan mereka masing-masing sesuai dengan lahan yang dimiliki. Mereka menginginkan rumah yang sederhana, kokoh, kuat dan menggunakan bahan yang berada di lingkungan mereka. Mereka juga menginginkan rumah yang sehat, tahan lama, dan tidak merubah bentuk ciri khas daerahnya.

Ukuran rumah di desa-desa lebih mementingkan luas dan mempunyai banyak kamar. Selain bangunan rumah, diperlukan perlengkapan lainnya yang membentuk satu hubungan walau ukurannya berbeda-beda, seperti tempat menyimpan kayu bakar, lubung padi, kandang ternak, tempat menumbuk padi, dan sebagainya. Sebuah desa dapat menimbulkan image yang baik apabila perumahan rakyatnya teratur rapih, bersih, dan sehat.

Ciri dari bangunan perumahannya adalah:

  • Tidak mengutamakan interior dan eksterior
  • Tersedianya kamar mandi atau WC dan tempat cuci umum
  • Tidak memperhitungkan ukuran rumah (luas pakarangan)
  • Pekarangan yang dimiliki ditumbuhi-oleh tanaman yang dapat bermanfaat bagi penghuni
  • Mencerminkan rasa kebersamaan

Deskripsi Manfaat

Dapat dikatakan bahwa gaya hidup di desa lebih sederhana jika dibandingkan  di kota. Bisa kita liat dengan kondisi udara dan pembangunannya, di desa jarang rumah sakit besar, kemungkinan hanya ada klinik dan puskesmas, tetapi jika hidup di kota kita dengan mudah menjumpai bangunan besar, seperti rumah sakit, mall, hotel, dan bangunan lainnya. Tetapi tidak menjadi halangan di mana pun kita tinggal atau hidup harus di nikmati dan syukuri

Hal penting lainnya adalah tidak membuang sampah sembarangan dan tidak menebang pohon sembarangan, serta patuhi segala aturan hidup yang bisa membuat kita tetap sehat.

6. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Pasar

laporan teks observasi pasar

Pernyataan Umum

Pasar adalah salah satu tempat terjadinya jual beli barang maupun jasa. Selain itu, di dalam pasar terjadi hubungan sosial antara pedagang dan pembeli. Penjual dan pembeli bisa bertransaksi atau sepakat dalam akad jual beli. Transaksi yang disepakati meliputi barang, pembeli, penjual, dan harga barang. Di pasar juga dapat melakukan tawar penawar yang bertujuan agar harga dari barang bisa disepakati pihak penjual maupun pihak pembeli.

Deskripsi Bagian

Berdasarkan hasil survei bahwa penjualan di pasar Kebayoran lama, Jakarta Selatan adalah seimbang antara laki-laki dan perempuan. Sedangkan tingkat jiwa wirausaha muda di pasar kebayoran lama masih sangat rendah karena kebanyakan didominasi oleh wirausaha yang berumur lebih dari 31 tahun.

Selain itu, dari hasil survei dapat disimpulkan bahwa pelaku usaha yang mengisi kios-kios di Pasar Kebayoran lama Jakarta Selatan sebagian besar berasal dari luar Jakarta. Hal ini berarti masyarakat jakarta kurang mempunyai minat untuk berwirausaha atau kalah bersaing dari segi modal dan strategi dibandingkan dengan orang dari luar Jakarta. Hal tersebut menunjukan bahwa masih sangat berpeluang bagi penduduk dari luar Jakarta untuk membuka usaha di pasar Kebayoran lama.

Produk yang diperjualkan oleh penjual di pasar kebayoran lama adalah produk jadi, karena produk tersebut mudah untuk dijual kembali ke konsumen akhir. Sebagian besar penjual di pasar kebayoran lama adalah menjual produk jadi dalam bentuk kebutuhan sandang seperti, sepatu, pakaian, tas, sandal, dan aksesoris. Hal tersebut dikarenakan pembeli terbesar adalah yang berkonsentrasi pada bidang fashion.

Produk yang diperjualbelikan di pasar kebayoran lama merupakan produk lokal. Ini menunjukan para penjual sangat mendukung perkembangan IKM (Industri Kecil Menengah) di Indonesia, walaupun ada beberapa produk yang merupakan barang impor.

Keuntungan yang diambil penjual kebanyakan berkisar antara 5%-15%. Mereka kebanyakan menggunakan sistem mengambil keuntungan sedikit tetapi pembeli membeli produk tersebut secara berkelanjutan. Menurut hasil wawancara kami dengan beberapa pejual di pasar kebayoran lama, mereka mengaku penjualan produknya lumayan bagus, keuntungan yang diperoleh sudah dapat mengembalikan modal awal usaha mereka.

Dalam mempromosikan produknya penjual tidak mengalami kesulitan karena letak pasar yang cukup strategis, sehingga banyak masyarakat yang berlalu-lalang di sekitar pasar tersebut. Akan tetapi kendala yang kini dihadapi oleh para pedagang adalah harus bersaing dengan Pusat Pembelanjaan Modern Blok M, yang jelas-jelas lebih unggul di bidang fasilitas.

Deskripsi Manfaat

Pasar kebayoran lama yang terletak di sepajang jalan yang menghubungkan stasiun kebayoran lama dan pusat kota memiliki berbagai keuntungan yang dapat dijadikan peluang untuk membuka usaha disana. Produk yang dijual oleh penjual adalah berbagai kebutuhan sandang dan pangan.

Faktor yang mempengaruhi peluang di pasar Kebayoran lama dapat dilihat dari berbagai aspek, antara lain, aspek produk, bidang usaha, letak, dan keuntungan. Apabila kita ingin membuka usaha di pasar kebayoran lama, peluangnya cukup besar. Namun, ada beberapa kendala dari segi lokasi dan fasilitas yang kurang memadai.

Untuk memperbesar peluang, diharapkan berbagai pihak terkait bisa memperbaiki fasilitas yang ada di pasar kebayoran lama. Dengan kondisi pasar yang cukup memadai, maka target yang diinginkan dapat tercapai.

7. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Hewan

laporan teks hasil observasi hewan

Pernyataan Umum

Ayam kampung adalah sebutan di Indonesia untuk ayam peliharaan yang tidak berasal-usul dari galur atau ras yang dihasilkan untuk kepentingan komersial. Ayam kampung tidak memiliki istilah ayam kampung petelur ataupun pedaging. Hal ini disebabkan ayam kampung bertelur sebagaimana halnya bangsa unggas dan mempunyai daging selayaknya hewan pada umumnya. Namun, sekarang sudah banyak yang membudidayakan ayam kampung untuk tujuan komersial.

Deskripsi Bagian

Nama istilah untuk ayam kampung adalah Gallus domesticus. Aktivitas peternakan ayam kampung sudah ada sejak zaman dahulu. Seiring perkembangan zaman, kini peternakan ayam kampung telah banyak memiliki perubahan. Sudah banyak ayam kampung yang dikembangkan agar memiliki produktivitas yang lebih baik.

Istilah ayam kampung semula adalah kebalikan dari istilah ayam ras, dan sebutan ini mengacu pada ayam yang ditemukan berkeliaran bebas diperumahan. Namun, semenjak dilakukan program pengembangan, pemurnian, dan pemeliharaan beberapa ayam lokal unggul, saat ini dikenal pula beberapa ras unggul ayam kampung.

Untuk membedakannya kini dikenal istilah ayam buras bagi ayam kampung yang telah diseleksi dan dipelihara dengan perbaikan teknik budidaya (tidak sekadar diumbah dan dibiarkan mencari makan sendiri). Peternakan ayam buras memiliki peranan yang besar dalam mendukung ekonomi masyarakat pedesaan karena memiliki daya adaptasi yang tinggi sehingga lingkungan dan pemeliharaannya relatif lebih mudah.

Deskripsi Manfaat

Ayam kampung disukai banyak orang karena dagingnya yang kenyal, tidak lembek dan tidak berlemak. Selain itu, daging ayam kampung memiliki keunggulan dibandingkan daging ayam broiler, karena mengandung nutrisi yang lebih tinggi. Ayam kampung dipelihara oleh masyarakat karena sebagai sumber protein hewani baik berupa daging maupun telur, di samping kotorannya dapat dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman maupun pakan ikan.

8. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kambing

teks laporan observasi kambing

Pernyataan Umum

Kambing adalah hewan memamah biah yang berukuran sedang. Umumnya kambing memiliki jenggot, ekor lebih kurang ke atas, dahi cembung, dan kebanyakan berbulu lurus dan kasar. Di alam aslinya, kambing hidup berkelompok 5 sampai 20 ekor. Dalam pengembaraannya mencari makanan, kelompok kambing ini dipimpin oleh kambing betina yang sangat tua, sementara kambing-kambing jantan bertugas menjaga keamanan kawanan.

Deskripsi Bagian

Panjang tubuh kambing liar tidak termasuk ekor adalah 1,3 - 1,4 meter, sedangkan ekornya 12 - 15 sentimeter. Untuk bobot betina 50 - 55 kilogram, sedangkan untuk jantan mampu mencapai 120 kilogram.

Waktu aktif mencari makanannya adalah siang maupun malam hari. Makanan utamanya merupakan rumput-rumputan dan dedaunan.

Kambing berkembang biak dengan cara melahirkan. Kambing mampu melahirkan dua sampai tiga ekor anak, setelah bunting selama kurun waktu 150 - 154 hari. Kambing merupakan hewan kurban bagi hari raya Idul Adha dalam kebudayaan muslim.

Kambing termasuk jenis hewan ruminansia yang memiliki perut empat bagian yang terdiri dari retikulum, rumen, abomasum, dan omasum. Seperti halnya mamalia ruminan lainnya, kambing merupakan hewan berjari genap. Kambing betina memiliki payudara berputing dua, sedangkan sapi berputing empat.

Pupil kambing berbentuk sepet dan mendatar. Karena iris kambing umumnya berwarna pucat, maka pupilnya lebih menonjol dibanding pupil hewan lain seperti rusa dan sapi.

Deskripsi Manfaat

Salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan dari kambing adalah dagingnya. Dalam 100 gram daging kambing, setidaknya terdapat 27 gram protein, 150 kalori, dan 15 gram lemak. Selain itu, daging kambing juga mengandung kalium, zat besi, vitamin B12, selenium, magnesium, ddan omega-3.

Dalam 100 gram daging kambing, terdapat sekitar 3,5 - 4 miligram zat besi. Mineral tersebut berperan untuk menghasilkan hemoglobin dan sel darah merah, sehingga mencegah dan membantu mengobati anemia

9. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Tanaman

teks laporan hasil observasi melati

Pernyataan Umum

Bunga melati adalah salah satu jenis bunga yang tumbuh di semak-semak. Meskipun beberapa dari jenis melati ada yang tumbuh merambat, tapi petumbuhannya cenderung terlihat tidak beraturan.

Bunga melati diambil dari bahasa Persia, Yasmin yang artinya hadiah dari Tuhan. Secara filosofis, bunga melati menggambarkan kesucian serta ketulusan dan juga keagungan dalam kesederhanaan.

Deskripsi Bagian

Melati merupakan sebuah tanaman dari famili zaitun atau Oleaceae. Nama latin dari melati adalah Jasminum sp. Untuk saat ini lebih populer dan dikenal dengan istilah Jasmine. Melati sendiri diketahui ada sebanyak 200 spesies yang telah tersebar di seluruh dunia.

Bunga melati umumnya mempunyai ukuran yang kecil dan berwarna putih. Bunga melati juga mempunyai keharuman dan wangi yang semerbak. Aroma dari bunga melati sering dikaitkan sebagai lambang cinta serta kasih sayang. Di Amerika Serikat, bunga melati memiliki makna sebagai sebuah lambang romansa, cinta dan juga kecantikan.

Melati menghasilkan bunga berjenis majemuk dengan pertumbuhan bunga dibagian ketiak daun. Dalam satu pangkal bunga akan ditumbuhi 3 bunga sekaligus, sehingga terlihat padat.

Bunga melati mempunyai 2 benar sari dengan filamen yang pendek. Kelopak bunga umumnya berjumlah 4 - 9 buah. Bunga ini juga memiliki 4 ovula dan 2 kantong sari atau lokulus. Umumnya ukuran dari bunga melati cukup kecil, yaitu sekitar 2,5 cm. 

Deskripsi Manfaat

Bunga melati mengandung minyak esensial alami dan berbagai senyawa yang bersifat antibakteri dan antioksidan. Berkat kandungannya yang beragam, bunga melati memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Salah satu manfaatnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Bunga melati mengandung minyak esensial alami yang dipercaya dapat mengatasi peradangan, melembapkan, dan membasmi kuman di kulit.

Berbagai riset juga menunjukan bahwa bunga melati dapat mencegah penuaan dini, kulit kering, dan membantu proses pemulihan luka.

10. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Bunga Rosella

laporan teks hasil observasi rosella

Pernyataan Umum

Bunga rosella adalah jenis bunga yang berasal dari benua afrika dengan nama latin Hibiscus sabdrariffah. Bunga dan daun rosella dapat diolah menjadi teh herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Deskripsi Bagian

Bunga rosella memiliki ciri khas warna merah pekat dan rasa asam di bagian kelopak bunganya. Rosella memiliki panjang 6-15 cm dan lebarnya 5-8 cm. Tangkai daun bulat berwarna hijau dengan panjang 4-7 cm.

Bunga rosella yang keluar dari ketiak daun adalah bunga tunggal. Bunga tersebut mempunyai 8-11 helai kelopak yang berbulu, panjangnya 1 cm. Pangkalnya saling berlekatan dan warnanya merah.

Buah dan biji buahnya berbentuk kerucut, berambut, terbagi menjadi 5 ruang dan berwarna merah

Deskripsi Manfaat

Manfaat rosella didapatkan dari berbagai senyawa kimia alami di dalamnya, seperti alkaloid, fenol, flavonoidd, tanin, asam organik, saponin, dan vitamin C. Senyawa-senyawa tersebut berperan sebagai antibakteri, aktioksidan, dan antiradang yang memiliki banyak manfaat.

Salah satu manfaatnya adalah mencegah berbabagi penyakit infeksi bakteri. Sifat antibakteri yang dimiliki oleh rosella didapatkan dari senyawa fenol yang terkandung di dalamnya. Kandungan tersebut dianggap mampu melawan infeksi bakteri, salah satunya Escherichia coli yang menjadi penyebab diare.

11. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kursi lipat

teks laporan hasil observasi kursi lipat

Pernyataan Umum

Kursi lipat merupakan kursi portable yang bisa dilipat. Sesuai dengan namanya, kursi ini sering digunakan banyak orang karena mudah dipindahkan dan dibawa kemana-mana. 

Deskripsi Bagian

Kursi lipat memiliki bentuk compact yang membuat kursi ini mudah disimpan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan. 

Umumnya material yang digunakan pada kursi lipat adalah bahan kayu alumunium, logam, dan plastik sebagai bahan rangka kursi. Sedangkan untuk bahan dudukan kursi atau sandaran menggunakan material kain rajutan, mesh, tenunan, atau polyster yang nyaman digunakan.

Kursi lipat terdiri dari dua jenis, yaitu kursi dengan sandaran atau kursi tanpa sandaran. Bagi Anda yang mengharuskan duduk dalam waktu lama, maka kursi dengan sandaran belakang akan sangat cocok digunakan. Kursi dengan sandaran di belakang sangat nyaman digunakan karena tidak mudah lelah ketika duduk.

Deskripsi Manfaat

Kursi lipat dibuat untuk membuat Anda nyaman dan santai ketika duduk. Kursi ini dirancang untuk mengurangi atau menghilangkan ketegangan fisik, seperti masalah leher dan punggung. Selain itu ada beberapa kursi lipat yang dibuat secara ergonomis untuk memastikan bahwa Anda bener-bener santai setelah seharian melakukan aktivitas.

12. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Papan Tulis Putih

laporan teks observasi papan tulis

Pernyataan Umum

Papan tulis putih atau Whiteboard merupakan sarana informasi dengan bentuk papan yang dapat ditulis dengan spidol market atau non permanen maupun menggunakan kapur sesuai dengan jenis dan bahan material yang digunakan. 

Deskripsi Bagian

Papan tulis ini biasanya digunakan untuk keperluan sekolah, lembaga pelatihan, institusi pendidikan, dan lainnya.

Fungsi dari papan tulis sebagai sarana mengajar, menulis, dan mentransfer berbagai macam ide maupun pemikiran dengan menjelaskan kepada orang lain agar lebih mudah dimengerti.

Diperkirakan papan tulis putih sudah ada sejak 1950-an dan ditemukan oleh fotografer, Veteran perang Korea bernama Martin Heit. Saat ini papan tulis putih sudah mengalami perkembangan yang pesat dan bahan yang digunakan juga bemacam-macam, seperti melamin, aluminium, lapisan polypropylenem, dan sebagainya. 

Deskripsi Manfaat

Papan tulis putih sangat berguna dalam aktivitas manusia, terutama dalam hal media pembelajaran di instansi pendidikan agar kegiatan belajar menjadi lebih mudah dan lancar. Selain itu, papan tulis juga digunakan untuk mengumumkan informasi penting. Bukan hanya di sekolah, namun juga di lingkungan perkantoran dan lingkungan masyarakat.

13. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Keindahan Alam

laporan teks hasil observasi pantai

Pernyataan Umum

Pantai ora merupakan pantai yang terletak di Pulau Seram, kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah, Indonesia. Pantai ini berlokasi di ujung barat teluk Sawai yang bersebelahan Desa Saleman dan Desa Sawai, di tepi hutan Taman Nasional Manusela.

Deskripsi Bagian

Pantai ini memiliki karakteristik pantai dengan pasir putih dan airnya yang jernih serta tenang. Pantai ora memiliki penginapan yang mengambang di atas pantai. Sedangkan di Desa Sawai terdapat pondok wisata yang berada di antara pemukiman penduduk yang juga terapung dipantai.

Wilayah pantai ora tidak memiliki daratan yang luas, karena daratan tersebut berupa tebing atau bukit batu yang cukup curam, meskipun bisa didaki.

Berbagai wisata alam yang dapat dilakukan di pantai ora adalah wisata alam, selam, selam permukaan, jelajah gua, wisata kuliner, dan fotografi.

Deskripsi Manfaat

Meskipun pantai ini relatif baru terkenal, namun tercatat telah menyedot sekitar 500 wisatawan setiap tahunnya dan terus bertambah. Wisatawan luar negeri terbanyak dari Belanda, Amerika Serikat dan Jepang. Dengan bertambahnya wisatawan yang datang ke pantai ora, maka perekonomian di sekitar pantai akan mengalami peningkatan dan kesejahteraan masyarakatnya menjadi lebih baik.

14. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kamar Tidur

laporan teks observasi kamar tidur

Pernyataan Umum

Kamar tidur adalah ruangan pribadi dimana Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda. Tempat ini sangat pribadi dan berhubungan langsung dengan kenyamanan penghuninya.

Deskripsi Bagian

Untuk rumah kelas menengah ke atas, kamar tidur umumnya memiliki kamar mandi sendiri. Ukuran standar kamar tidur berkisar dari minimal 2,75m x 3m untuk rumah kecil hingga 4m x 5m untuk rumah besar.

Untuk kamar tidur utama, biasanya ukuran minimal yang dapat dijadikan patokan adalah 3m x 3,5m. Ukuran kamar tidur tersebut mampu diisi dengan tempat tidur ganda ukuran 160cm x 200cm, dua nakas kecil disampaing tempat tidur, meja rias kecil, dan lemari pakaian dua pintu.

Deskripsi Manfaat

Kamar tidur memiliki manfaat sebagai tempat relaksasi dan area istirahat. Untuk itu, sangat penting menciptakan kamar tidur yang nyaman sehingga Anda lebih betah berada di dalamnya.

Tak hanya nyaman, mendesain kamar tidur sesuai keinginan juga menciptakan ruang pribadi yang lebih berkarakter. Untuk mendapatkan atmoster kamar tidur yang nyaman, kita perlu memperhatikan beberapa elemen penting seperti warna cat, pemilihan lantai, pencahayaan, dan furniture.

Baca Juga:

Itulah beberapa contoh teks laporan hasil observasi beserta strukturnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 

COMMENTS

Nama

anak,5,bisnis,1,buku,1,contoh,1,contoh teks,9,cpns2021,3,guru,10,info,13,kalender pendidikan,151,kerja sampingan,5,modul ajar,5,modul p5,20,pekerjaan,12,pendidikan,7,ppt,64,pts,16,rpp,22,rpp sekolah,4,rpph,17,soal,6,soal asesmen,3,soal cpns,14,soal pat,15,soal us,20,surat,10,template,5,template ppt,10,tips,2,
ltr
item
Kemendikbudnews.com: 14 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi dan Strukturnya
14 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi dan Strukturnya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSBWOQ0hu3m_2PR7gvj4WRrofVmi1RP9Iqt_ZI5bsS99I0zf_KtvfzMc96NJ9frz2aq1HF7Hebtg1oWTUeH2mvoFw03-uA8HQKhMxMJDQrSmlbnQYUivILOP0cT-HyZ1ZOdH6a96i0ifDyriNTWoMHOpVzPcxpMKnTn6ZdtmT6lsCRGXeOzbnchIrS/w640-h426/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSBWOQ0hu3m_2PR7gvj4WRrofVmi1RP9Iqt_ZI5bsS99I0zf_KtvfzMc96NJ9frz2aq1HF7Hebtg1oWTUeH2mvoFw03-uA8HQKhMxMJDQrSmlbnQYUivILOP0cT-HyZ1ZOdH6a96i0ifDyriNTWoMHOpVzPcxpMKnTn6ZdtmT6lsCRGXeOzbnchIrS/s72-w640-c-h426/1.jpg
Kemendikbudnews.com
https://www.kemendikbudnews.com/2023/04/contoh-teks-laporan-hasil-observasi.html
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/2023/04/contoh-teks-laporan-hasil-observasi.html
true
2087298264267847923
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content