12 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat dengan Strukturnya

Daftar Isi [Tampilkan]

Contoh Teks Cerita Sejarah - Teks cerita sejarah adalah sebuah teks yang menjelaskan tentang suatu fakta atau peristiwa yang terjadi masa lalu. Teks ini biasanya digunakan untuk mencari latar belakang atau asal usul munculnya benda atau terjadi peristiwa, sehingga memiliki nilai sejarah.

Dari penjelasan diatas, teks ini masuk dalam jenis karya sastra prosa yang bersifat imajinatif. Sehingga penyusunan dan penulisan harus memuat fakta dari peristiwa yang terjadi. Namun, tidak semua peristiwa di masa lalu dapat digolongkan sebagai peristiwa sejarah karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya peristiwa tersebut memiliki dampak yang besar. Selain itu, teks cerita sejarah harus memuat peristiwa yang unik, abadi dan cukup penting.

Jenis-jenis Teks Cerita Sejarah

1. Sejarah Fiksi

  • Romansa: sejenis karya sastra dalam bentuk prosa yang menggambarkan tindakan para pelaku sesuai dengan karakter dan isi jiwa mereka
  • Legenda: cerita prosa rakyat yang dianggap sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi dimasa lalu.
  • Cerpen: bentuk prosa naratif aktif.
  • Novel: karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif dalam bentuk cerita.

2. Sejarah Non-Fiksi

  • Biografi: cerita atau informasi kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang lain.
  • Catatan perjalanan: teks yang menceritakan mengenai perjalanan yang telah dilalui seseorang.
  • Autobiografi: cerita atau informasi tentang kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri.
  • Catatan sejarah: teks yang menjelaskan peristiwa masa lalu yang memiliki nilai historis.

Ciri-ciri Teks Cerita Sejarah

  1. Cerita yang disampaikan disajikan secara berurut atau sesuai dengan kronologisnya dari awal sampai akhir.
  2. Teks dalam cerita sejarah tersebut berbentuk teks yang diceritakan ulang.
  3. Struktur teksnya terdiri dari orientasi, urutan peristiwa dan reorientasi.
  4. Konjungsi yang digunakan adalah konjungsi temporal.
  5. Cerita yang disampaikan adalah fakta dan bukan imajinasi dari penulis.

Struktur Teks Cerita Sejarah

  1. Orientasi: Bagian ini dapat dipahami sebagai pembuka dari teks cerita sejarah dan umumnya menggunakan jenis kalimat deskriptif. Intinya dibagian orientasi akan memberikan penjelasan singkat mengenai peristiwa yang akan diceritakan.
  2. Urutan peristiwa: Bagian ini akan menceritakan urutan kejadian secara rinci dan mendetail. Sehingga memudahkan pembaca dalam memahami kejadian yang telah terjadi di masa lalu.
  3. Reorientasi: Bagian ini bersifat opsional atau dapat digunakan dan tidak dapat digunakan. Bagian reorientasi biasanya digunakan penulis untuk memberikan komentar pribadi mengenai cerita sejarah yang diceritakan.

Contoh Teks Cerita Sejarah Terbaik

1. Contoh Teks Cerita Sejarah Candi Borobudur

Teks Cerita Sejarah Candi Borobudur
source image: shutterstock

Orientasi

Candi Borobudur merupakan sebuah candi Buddha yang terletak di kota Magelang, provinsi Jawa Tengah. Candi Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Urutan peristiwa

Lokasi Candi Borobudur berada sekitar 100 km dari Semarang, 86 km dari Surakarta dan 40 km dari DI Yogyakarta. Perkiraan waktu pembangunan candi didasarkan pada perbandingan antara jenis aksara yang tertulis di kaki tertutup Karmawibhangga dengan jenis aksara yang umumnya digunakan pada prasasti kerajaan abad ke-8 dan ke-9. Candi borobudur dibangun pada masa kerajaan dinasti Syailendra di Jawa Tengah yang bertepatan antara kurun waktu 760 sampai 830 Masehi.

Proses pembangunan candi Borobudur diperkirakan menghabiskan waktu 75  sampai 100 tahun lebih. Candi Borobudur baru benar-benar rampung 100% pada masa pemerintahan raja Samaratungga pada tahun 825 Masehi.

Perlu diketahui bahwa candi Borobudur sempat tersembunyi dan telantar selama berabad-abad. Borobudur terkubur di bawah lapisan tanah dan debu vulkanik yang kemudian ditumbuhi pohon dan semak belukar sehingga Borobudur saat itu benar-benar menyerupai bukit.

Baru pada tahun 1814 Masehi, candi Borobudur kembali ditemukan lagi. Saat itu pulau Jawa ada di bawah pemerintahan Inggris yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles selaku gubernur jenderal. Raffles memiliki ketertarikan pada sejarah dan kebudayaan Jawa.

Setelah itu terus dilakukan penelitian terkait candi Borobudur oleh Pemerintah Hindia Belanda. Borobudur pun kian terkenal hingga mengundang kolektor candi untuk berkunjung.

Reorientasi

Meskipun kini Candi Borobudur tidak lagi masuk dalam 7 keajaiban dunia, namun Borobudur tetap masuk dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991 setelah restorasi panjang. Borobudur juga masuk dalam daftar memori dunia, diusulkan bersama Cerita Panji, Gerakan Non-Blok, dan Tsunami Aceh. Hal ini menunjukkan betapa kayanya sejarah dan budaya Indonesia pada dunia.

2. Contoh Teks Cerita Sejarah Candi Prambanan

source image: shutterstock/windu_dolan

Orientasi

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Wisnu sebagai dewa pemelihara, Brahma sebagai dewa pencipta, dan Siwa sebagai dewa pemusnah.

Urutan peristiwa

Prambanan adalah candi Hindu terbesar dan termegah yang pernah dibangun di Jawa kuno, pembangunan candi Hindu kerajaan ini dimulai oleh Sri Maharaja Rakai Pikatan sebagai tandingan candi Buddha Borobudur dan juga candi Sewu yang terletak tak jauh dari Prambanan.

Bangunan ini pertama kali dibangun sekitar tahun 850 Masehi oleh Rakai Pikatan dan secara berkelanjutan disempurnakan dan diperluas oleh Raja Lokapala dan raja Sri Maharaja Dyah Balitung Maha Sambu. Berdasarkan prasasti Siwagrha berangka tahun 856 M, bangunan suci ini dibangun untuk memuliakan dewa Siwa, dan nama asli bangunan ini dalam bahasa Sanskerta adalah Siwagrha.

Bangunan candi ini diduga benar-benar runtuh akibat gempa bumi hebat pada abad ke-16. Meskipun tidak lagi menjadi pusat keagamaan dan ibadah umat Hindu, candi ini masih dikenali dan diketahui keberadaannya oleh warga Jawa yang menghuni desa sekitar. Candi-candi serta arca Durga dalam bangunan utama candi ini mengilhami dongeng rakyat Jawa yaitu legenda Rara Jonggrang. Setelah perpecahan Kesultanan Mataram pada tahun 1755, reruntuhan candi dan sungai Opak di dekatnya menjadi tanda pembatas antara wilayah Kesultanan Yogyakarta (Jogja) dan Kasunanan Surakarta (Solo).

Pada tahun 1733, candi ini ditemukan oleh CA. Lons seorang berkebangsaan Belanda. Candi ini menarik perhatian dunia ketika pada masa pendudukan Britania atas Jawa. Ketika itu Colin Mackenzie, seorang surveyor bawahan Sir Thomas Stamford Raffles, menemukan candi ini. Meskipun Sir Thomas kemudian memerintahkan penyelidikan lebih lanjut, reruntuhan candi ini tetap telantar hingga berpuluh-puluh tahun. Penggalian tak serius dilakukan sepanjang 1880-an yang sayangnya malah menyuburkan praktik penjarahan ukiran dan batu candi. Kemudian pada tahun 1855 Jan Willem IJzerman mulai membersihkan dan memindahkan beberapa batu dan tanah dari bilik candi

Kini, candi ini termasuk dalam Situs Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO, status ini diberikan UNESCO pada tahun 1991. Kini, beberapa bagian candi Prambanan tengah direstorasi untuk memperbaiki kerusakan akibat gempa Yogyakarta 2006. Gempa ini telah merusak sejumlah bangunan dan patung.

Reorientasi

Memahami sejarah dari Candi Prambanan menambah wawasan baru mengenai latar sejarah dunia mengenai situs kuno berupa Candi Prambanan yang menjadi situs dunia yang harus kita jaga dan mengetahui perkembangannya yang jarang kita ketahui sebagai orang awam. Dan menjadikan kita untuk turut andil dalam menjaga kelestariannya karena kita juga merupakan bagian dari sejarah yang sedang berlangsung.

3. Contoh Teks Cerita Sejarah Danau Toba

Teks Cerita Sejarah Danau Toba

Orientasi

Danau Toba merupakan danau yang berukuran besar yang berada di Kaldera Gunung Supervulkan. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometer dan kedalaman mencapai 508 meter. Letak danau ini berada di tengah pulau sumatera bagian utara dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter. Danau ini termasuk dalam danau terbesar di Indonesia dan danau vulkanik terbesar di dunia.

Urutan peristiwa

Danau ini terletak di tengah-tengah provinsi Sumatera Utara dan dikelilingi tujuh kabupaten yaitu, kabupaten Samosir, Dairi, Humbang Hasundutan, Tabo Samosir, Karo dan Tapanuli Utara. Danau ini dikategorikan sebagai daerah beriklim tropis basah dengan tipe iklim C - E dengan suhu berkisar 170-290 C dan kelembapan udara rata-rata 85,04%.

Dikutip dari sejarahlengkap.com, danau Toba sebelumnya adalah gunung berapi yang disebut gunung toba. Gunung ini memiliki kantong magma yang cukup besar dan jika meletus akan menghasilkan daya ledak yang sangat tinggi. Dari beberapa literatur, tercatat bahwa gunung toba pernah meletus tiga kali. 

Letusan pertama gunung toba terjadi sekitar 800 ribu tahun yang lalu dan membentuk kaldera di selatan Danau Toba, meliputi daerah Prapat dan Porsea. Letusan Kedua terjadi sekitar 500 ribu tahun yang lalu dan menghasilkan kaldera dibagian utara danau Toba, yaitu daerah antara Silalahi dengan Haranggaol.

Letusan ketiga terjadi pada 74.000 tahun lalu. Letusan terakhir ini disebut-sebut sebagai letusan paling dahsyat dalam sejarah dunia. Meskipun tidak tercatat di dalam buku, namun bukti-bukti ilmiahnya bisa kita temukan di masa kini.

Letusan terakhir gunung toba memuntahkan lebih dari 1000 kilometer kubik material letusan dengan ketinggian mencapai 50 kilometer. Selain menghasilkan tsunami yang besar, letusan  gunung toba juga menghasilkan kematian massal manusia dan beberapa spesies mahluk hidup lainnya. Setelah meletus, gunung ini membentuk kaldera yang kemudian terisi air dan akhirnya menjadi danau yang kita kenal dengan nama Danau Toba.

Reorientasi

Keindahan Danau Toba serta kelimpahan sumber daya alamnya menjadi daya tarik bagi masyarakat mulai dari sumber air yang dimanfaakan sebagai air minum hingga menjadi sumber pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Diharapkan masyarakat kawasan sekitar Danau Toba sadar dan lebih paham lagi seberapa pentingnya pengaruh dan manfaat dari Danau Toba. Baik masyarakat sekitar maupun para wisatawan lokal maupun mancanegara dapat membantu mempromosikan daerah wisata Danau Toba sehingga pengembangan daerah dapat berjalan sesuai program yang direncanakan.

4. Contoh Teks Cerita Sejarah Penemu Lampu

Teks Cerita Sejarah Penemu Lampu

Orientasi

Thomas Alva Edison merupakan ilmuan dunia yang memiliki peran dalam perkembangan lampu pijar atau lampu bohlam yang di mana temuannya hingga saat ini manfaatnya dapat dirasakan oleh banyak orang. Ia merupakan anak bungsu dari 7 bersaudara yang lahir di kota Milan Ohio, Amerika Serikat pada tanggal 11 Februari 1841.

Urutan peristiwa

Sebelum menemukan lampu pijar, Edison dikenal sebagai anak yang memiliki rasa penasaran yang tinggi meski belum dapat berbicara. Menurut buku yang berjudul 105 tokoh penemu dan perintis dunia karya Badiatul Muchlisis Asti dan Juanidi Abdul Munif., ketika dalam masa pertumbuhan, orang tua Edison mendapati adanya masalah pada anak bungsunya tersebut.

Pada usia 4 tahun, Edison masih belum dapat berbicara, sehingga dianggap memiliki sedikit kelainan. Seiring bertambahnya usia, dia dapat berbicara dan selalu menanyakan sesuatu hal yang membuatnya penasaran. Edison akan merasa sedikit kecewa ketika pertanyaannya dijawab dengan jawaban yang kurang memuaskan.

Edison mulai bersekolah ketika berumur 7 tahun. Karena memiliki rasa penasaran yang tinggi, banyak guru yang merasa kewalahan dengan pertanyaan yang diberikan. Ia pun dianggap aneh karena memiliki pola pikir yang berbeda dengan anak-anak seusianya. Karena tindakan sekolah yang kurang memperhatikan Edison, ibunya akhirnya memutuskan untuk mengeluarkan Edison dari sekolah dan mendidiknya secara pribadi di rumah. Ketika diajari oleh ibunya, Edison mengalami perkembangan yang pesat, termasuk dalam kemampuan menulis dan membaca.

Penemu lampu pijar tidak sepenuhnya ditemukan oleh Edison. Banyak penemu lainnya yang juga melakukan percobaan dalam menemukan lampu pijar. Namun, lampu milik Edison mampu bertahan paling lama, yakni sekitar 40 jam. Ia kemudian mendapatkan hak paten pertamanya pada April, 1879. 

Dalam buku Penjara Virtual Bernama Media Sosial karya Asditya Alif, dijelaskan bahwa Edison menjadi orang pertama yang mengindustrialisasikan lampu pijar. Ia juga mengenalkan lampu pijar kepada masyarakat, sehingga Edison dikenal sebagai penemu lampu pijar.

Reorientasi

Lampu pijar yang telah dikembangkan oleh Thomas Alva Edison, pada masa itu banyak digunakan oleh banyak orang untuk menerangi halaman rumah, ruang tidur, ruang tamu, kamar mandi, dapur, dan sebagainya. Selain itu, harga dari lampu pijar sangat bervariasi, ada yang harganya terjangkau dan ada yang cukup mahal. Seiring dengan perkembangan zaman, bentuk dari lampu pijar sangat beragam, sehingga pembeli bisa menyesuaikan lampu sesuai keinginannya.

5. Contoh Teks Cerita Sejarah Google

Teks Cerita Sejarah Google

Orientasi

Google didirikan pada tanggal 7 September 1998 oleh Sergey Brin dan Larry Page. Awalnya, Google ini merupakan sebuah penelitian yang mereka lakukan tahun 1996 yang berawal dari teori bahwa mesin pencari yang memiliki dasar analisis matematika antara situs-situs web akan memberikan hasil yang lebih baik.

Sistem tersebut awalanya bernama BackRub karena menggunakan sebuah backlink untuk memperkirakan seberapa penting sebuah situs. Google menjadi situs pencarian yang sangat populer karena memiliki desain yang sederhana, bersih dan hasil pencarian yang relevan.

Urutan peristiwa

Google didirikan oleh dua mahasiswa bernama Larry Page dan Sergey Brin ketika masih berstatus sebagai mahasiswa di Universitas Stanford, California, Amerika Serikat. Dua orang tersebut bekerja sama dengan satu mimpi yang sama, yakni menciptakan sebuah alat canggih yang mampu mengumpulkan berbagai informasi di dunia sekaligus bisa di akses untuk orang banyak.

Mereka berhasil memperoleh pendanaan senilai USD 1 juta sehingga Google bisa didirikan, kantor awalnya berada di sebuah garasi. Februari 1999, Google tumbuh sangat pesat. Larry Page kemudian memindahkan kantornya dari garasi ke sebuah kantor baru di Palo Alto, California. Tujuh bulan kemudian, Google pindah kantor lagi ke Mountain View seiring pertumbuhan bisnis Google.

Popularitas Google tahun 1999 sangat melesat. Situasi ini membuat Google membutuhkan pendanaan baru untuk bisa berinvestasi di server maupun SDM (Sumber Daya Manusia). Brin dan Page kemudian mencari investor baru. Namun page punya persyaratan bahwa dia dan Brind harus mempertahankan sebagian besar voting stock dan tetap mengontrol penuh Google. Investor setuju, namun mereka juga punya persyaratan, Page harus turun dari posisi CEO karena dianggap belum berpengalaman.

Meskipun berat, akhirnya Larry Page setuju dan investasi besar pun berdatangan ke Google. Page juga sadar bahwa Google butuh CEO yang sudah berpengalaman agar terus berkembang. Akhirnya mereka berdua mencari kandidat yang cocok dan terpilih Eric Schmidt, mantan CEO Novell.

Schmidt menjadi chariman Google Maret 2001 dan menjabat CEO Agustus 2001. Keputusan yang dibuat saat itu sangat tepat. Schmidt berhasil memimpin Google menjadi perusahaan yang jauh lebih besar dan akhirnya masuk di bursa saham pada Agustus 2004. 

Tahun 2011, Schmidt merasa sudah cukup memimpin Google. Larry Page dipandang lebih pantas mengomandoi perusahaannya lagi dan ia menjadi CEO kembali. Sedangkan Schmidt menjadi chairman Google. Tahun 2015, Page dan Brin memutuskan membentuk perusahaan induk Google yang dinamakan Alphabet. Page menjadi CEO, Brin menjadi Presiden dan Schmidt menjadi Executive Chairman. Sedangkan Google dipimpin CEO keturunan India, Sundar Pichai.

Reorientasi

Melihat perkembangannya yang kian cepat tentu saja Google kini sudah menjelma menjadi perusahaan teknologi yang terkenal akan kecanggihan dan kemajuannya. Selain itu dengan berbagai produk yang dibuatnya perusahaan Google turut memberikan banyak manfaat untuk banyak orang di seluruh dunia.

6. Contoh Teks Cerita Sejarah Mesin Ketik

Teks Cerita Sejarah Mesin Ketik
source image: National Park Service/Encyclopedia Britannica

Orientasi

Mesik ketik adalah alat elektronik dengan set tombol-tombol huruf dan angka yang apabila ditekan akan tercetak pada dokumen (umumnya dikertas). Mesin ketik ini ditemukan oleh Christopher Latham Sholes pada tahun 1868. Ia lahir pada tanggal 14 Februari 1819 di Mooresburg dengan berkebangsaan Amerika.

Urutan peristiwa

Ide penemuan Sholes berasal ketika ia membaca artikel mengenai mesin cetak huruf yang terbit di Scientific American. Ia terkesan dengan gagasan tersebut dan berusaha mewujudkannya. Keyakinan tersebut semakin besar takala kawannya bernama Carlos Glidden mendorongnya untuk menciptakan mesin tersebut.

Upaya Sholes membuat mesin ketik memakan waktu bertahun-tahun. Selama percobaannya ia kerap mengalami gagal dan kurang maksimal, seperti bentuknya yang terlalu besar, susunan abjad dan angka yang kurang lengkap. Meskipun begitu ia tidak menyerah dan terus melanjutkan proyeknya. Kerja keras Sholes akhirnya berujung manis. Pada 23 Juni 68, mesin ketik Sholes mendapatkan paten dari pemerintah dengan nomor 79.265.

Meski hak paten sudah diperoleh, namun perjalalan tidak otomatis selesai begitu saja. Masalah yang harus mereka hadapi selanjutnya adalah menemukan pasar. Memasuki akhir 1880-an. mesin ketik sholes akhirnya diminati pabrik pembuat senjata selama perang sipil asal ilion, New York, E. Remington & Sons. Pada 1873 mesin ketiknya diproduksi secara besar-besaran dan dilempar ke pasaran setelah bekerja sama dengan E. Remington. Pada momen ini juga Sholes mengembangkan model QWERTY dalam mesin ketiknya.

Tahun 1890, mesin ketik QWERTY Remington dicetak sebanyak 100 ribu dan dijual ke berbagai negeri. Tiga tahun berselang, beberapa pabrikan mesin ketik sepakat menjadikan model QWERT Sholes sebagai standar pembuatan mesin ketik.

Reorientasi

Mesin ketik Sholes memang bukan yang pertama di dunia. Bukan juga mesin tik perdana yang menerima paten. Tapi mesin ketik hasil kerja Sholes merupakan mesin ketik pertama yang punya nilai praktis serta diproduksi secara massal. Karena itulah yang membuatnya dijadikan penemu mesin ini.

Dengan berjalannya waktu, model mesin ketik QWERTY temuan Sholes mulai menyesuaikan zaman dan perkembangan teknologi. Dari awalnya yang berukuran besar, beralih rupa minimalis seperti yang sekarang kita saksikan dalam komputer atau smartphone. Semua itu tidak akan kita jumpai apabila Sholes memutuskan untuk berhenti berusaha ketika kegagalan demi kegagalan mendatanginya.

7. Contoh Teks Cerita Sejarah Tuanku Imam Bonjol

Teks Cerita Sejarah Tuanku Imam Bonjol

Orientasi

Tuanku Imam Bonjol merupakan pahlawan nasional yang berasal dari Sumatera Barat. Ia terkenal sebagai pejuang yang mempertahankan tanah air dari penjajah Belanda ketika perang Padri tahun 1803-1838. Tuanku Imam Bonjol diangkat sebagai Pahlawan Nasional Indonesia berdasarkan SK Presiden RI Nomor 087/TK/Tahun 1973, tanggal 6 November 1973.

Urutan peristiwa

Nama asli dari Tuanku Imam Bonjol adalah Muhammad Syahab yang lahir di Bonjol, Pasaman, Sumatera Barat pada 1 Januari 1772. Ayahnya bernama Khatib Bayanuddin Shahab yang merupakan ulama dari Sungai Rimbang dan ibunya bernama Hamatun.

Muhammad Shahab kemudian mendapatkan beberapa gelar, yaitu Malin basa, Peto Syarif, dan Tuanku Imam. Salah satu pemimpin dari Harimau nan Salapan menunjuknya sebagai Imam bagi kaun Padri di Bonjol. Inilah yang membuat nama Muhammad Shabab akhirnya lebih dikenal dengan sebutan Tuanku Imam Bonjol.

Perseteruan kaum Padri yaitu Kaum Adat dengan para ulama dalam penerapan agama Islam di bumi Minang sempat menimbulkan perpecahan. Perpecahan tersebut begitu cukup serius karena membahas ritual adat yang tidak sesuai dengan syariat Islam. 

Tahun 1803, Haji Sumanik, Haji Miskin, dan Haji Piobangingin memperbaiki syariat Islam yang belum sempurna yang dijalankan masyarakat Minangkabau. Perseteruan menyebabkan penyerangan Pagaruyung oleh Tuanku Pasaman tahun 1815. Kekuatan Kaun Padri membuat Kaum Adat akhirnya bersekutu dengan Belanda dan inilah awal mula campur tangan sekutu dalam peperangan. Imbalan yang diinginkan oleh Belanda adalah beberapa daerah untuk diberikan sebagai daerah kekuasaan.

Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch kemudian membuat perjanjian Masang pada 1824 dengan Tuanku Imam Bontol untuk berdamai. Namun kemudian perang berubah di mana Kaum Padri dan Kaum Adat bersatu dengan dibuatnya Plakat Puncak Pato di Tabek Patah. Mereka bersatu untuk melawan Belanda karena keberadaan penjajah justru menyengsarakan Rakyat Minangkabau.

Pengepungan terhadap Tuanku Imam Bonjol berlangsung cukup lama hingga membutuhkan banyak pasukan dari Batavia. Tuanku Imam Bonjol akhirnya menyerah pada 25 Oktober 1837 dan diasingkan ke Cianjur. Setelah itu, Tuanku Imam Bonjol dipindahkan ke Ambon tahun 1839 dan kemudian ke Minahasa hingga meninggal. Tuanku Imam Bonjol meninggal pada 8 November 1864 dalam usia 92 tahun dan dimakamkan di Desa Lota, Pineleng.

Reorientasi

Perjuangan yang telah dilakukan oleh Tuanku Imam Bonjol bisa menjadi apresiasi terhadap kepahlawanannya dalam menentang penjajahan. Salah satu bentuk penghargaan dari pemerintah Indonesia adalah diangkat sebagai Pahlawan Nasional Indonesia sejak tanggal 6 November 1973.

8. Contoh Teks Cerita Sejarah Ondel-ondel

Teks Cerita Sejarah Ondel-ondel
source image: Alinea.id/Dwi Setiawan

Orientasi

Terdapat beberapa versi mengenai asal-usul ondel-ondel. Semula ondel-ondel berfungsi sebagai penolak bala atau gangguan roh halus yang gentayangan. Ondel-ondel juga digunakan untuk menambah semarak pesta- pesta rakyat atau untuk penyambutan tamu terhormat, misalnya pada peresmian gedung yang baru selesai dibangun. Betapapun derasnya arus modernisasi, ondel-ondel masih bertahan dan menjadi penghias wajah kota metropolitan Jakarta.

Urutan peristiwa

Ondel-ondel adalah boneka yang terbuat dari kertas. Tingginya 2,5 meter. Kerangkanya dari anyaman bambu. Dan kepalanya dibuat dari topeng. Sedangkan rambutnya dari ijuk yang diberi warna. Ondel-ondel biasanya dibuat sepasang, baik itu Ondel-ondel laki-laki maupun ondel-ondel perempuan.

Ondel-ondel itu sendiri sudah dikenal dan diketahui sejak tahun 1602. Namun antara tahun 1966-1977, fungsi ondel-ondel digeser oleh Ali Sadikin, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ondel-ondel ditetapkan sebagai boneka khas Betawi.

Sejak itu sudah tidak ada lagi tradisi mengarak ondel-ondel keliling kampung untuk menolak bala. Sebagai gantinya ondel-ondel digunakan sebagai penyemarak suasana. Dalam pesta pernikahan atau khitanan. Wajah ondel-ondel pun sudah tidak seseram dan semagic dulu. Anak-anak sudah berani mendekat dan foto bersama ondel-ondel.

Boneka ini merupakan maskot Kota Jakarta. Pada perayaan ulang tahun Kota Jakarta ondel-ondel bisa dijumpai di berbagai tempat seperti Museum, Monas dan tempat hiburan lain.

Reorientasi

Terlepas dari apa pun fungsi ondel-ondel sesungguhnya, sebagai warga Jakarta dan orang Betawi khususnya, terus jaga keberadaan ondel-ondel sebagai bagian dari kebudayaan Betawi.

9. Contoh Teks Cerita Sejarah Bandung Lautan Api

Teks Cerita Sejarah Bandung Lautan Api

Orientasi

Bandung Lautan Api merupakan sebutan untuk peristiwa terbakarnya kota bandung, Jawa barat dalam upaya menjaga kemerdekaan Indonesia. Pembakaran tersebut dilakukan oleh masyarakat Bandung sebagai bentuk respon atau ultimatum dari sekutu yang memerintahkan untuk mengosongkan bandung.

Peristiwa Bandung Lautan Api terjadi pada Maret 1946. Sejarah besar tersebut dilakukan para masyarakat Bandung yang jumlahnya sekitar 200 ribu orang. Mereka melakukan pembakaran rumah dan harta benda sebelum akhirnya pergi meninggalkan Bandung.

Urutan peristiwa

Peristiwa Bandung Lautan Api diawali dengan kedatangan pasukan sekutu yang dipimpin Brigade MacDonald pada 12 oktober 1945. Brigade MacDonald mengelurkan ultimatum yang meminta seluruh senjata milik penduduk diserahkan kepada sekutu, kecuali milik TKR. Akhirnya pada 24 November 1945 malam TKR dan pejuang lainnya menyerang markas-markas Sekutu di Bandung bagian tara, termasuk Hotel Preanger dan Hotel Homan.

Tiga hari berselang MacDonald Menyampaikan ultimatumnya kepada Gubernur Jawa Barat supaya mengosongkan wilayah Bandung Utara selambat-lambatnya pukul 12.00 tanggal 29 November 1945. Ultimatum pertama membagi Bandung menjadi dua bagian, Bandung utara sebagai tempat yang dikuasai sekutu dan Bandung Selatan yang masih dikuasai Pemerintah Indonesia.

Setelah ultimatum tersebut, pertempuran terjadi secara sporadis di berbagai daerah. Sekutu yang mulai terdesak akhirnya mengeluarkan ultimatum kedua pada 23 Maret 1946. Ultimatum kedua diberikan kepada Perdana Menteri Syahrir agar selambat-lambatnya tanggal 24 Maret 1946 pukul 24.00 pasukan Indonesia meninggalkan Bandung Selatan sejauh 10 - 11 KM dari pusat kota.

Syahrir kemudian menugaskan Didi Kartasasmita dan Syafruddin Prawiranegara ke Bandung. Jenderal Mayor Nasution dan aparat pemerintah memutuskan menolak ultimatum dan meminta batas waktu perpanjang, namun ditolak. Di sisi lain alasan Syahrir mendesak Nasution agar memenuhi ultimatum tersebut karena menganggap TRI belum mampu menandingi kekuatan sekutu.

Sehari sebelum batas waktu yang ditentukan, yaitu tanggal 23 Maret 1946, keputusan untuk membumihanguskan Bandung akhirnya ditetapkan melalui musyawarah Madjelis Persatoean Perdjoangan Priangan atau MP3. Keputusan ini diambil agar sekutu tidak bisa menggunakan Bandung sebagai markas strategi militer.

Rencana pembumihangusan Bandung semula akan dilakukan pada tanggal 24 Maret 1946 pukul 00.00. Namun proses bumi hangus dilaksanakan lebih awal yakni 23 Maret 1946 pukul 21.00. Gedung pertama yang diledakan ialan Bank Rakyat, kemudian disusul pembakaran tempat seperti Banceut, Cicadas, Braga, Tegalega dan asrama TRI.

Reorientasi

Dalam peristiwa Bandung Lautan Api masyarakat Bandung menunjukkan sikap patuh dan hormat terhadap pemerintahan Indonesia yang baru merdeka. Betapa pun pahit dan getirnya keputusan ini, mereka tetap tunduk dan patuh. Sikap patuh masyarakat Bandung ini, menegakkan wibawa Pemerintah Indonesia di mata Sekutu dan dunia Internasional.

10. Contoh Teks Cerita Sejarah MotoGP

Teks Cerita Sejarah MotoGP

Orientasi

MotoGP adalah seri kejuaraan balap motor yang diselenggarakan di sirkuit jalanan yang disetujui dan diatur oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM). Sejumlah ajang balap sepeda motor independen telah digelar sejak awal abad ke-20. Kejuaran dunia motor terbagi ke dalam tiga pembagian kelas motogp berdasarkan kubikasi mesin, yaitu Moto3, Moto2 dan MotoGP. Untuk sepeda motor di ajang MotoGP menggunakan motor khusus (prototype) yang artinya hanya digunakan dalam balapan dan tidak dijual di pasaran.

Urutan peristiwa

Tahun 1949 untuk pertama kalinya ajang balap motor diselenggarakan oleh Federation International de Motorcyclisme atau FIM. Pada saat itu sudah diselenggarakan balap motor untuk kelas yang berbeda. Pembagian kelas motor didasarkan pada kapasitas mesin serta kelas untuk sidecars atau motor bersespan. Diantaranya kelas 50cc, 125cc, 250cc, 350cc dam kelas 500cc. Untuk sidecars ada pembagian kelas 350cc dan 500cc.

Motor dengan tipe mesin 4 tak sempat mendominasi pada balapan tahun 1950 sampai 1960-an. Baru tahun 1960-an, sepeda motor dengan tipe mesin 2 tak mulai hadir dan mendominasi kelas-kelas kecil dibalapan. Tahun 1970an, motor dengan tipe mesin 2 tak sudah mendominasi dan menyingkirkan mesin 4 tak. Pemilihan mesin dilatarbelakangi atas alasan adanya bobot yang lebih ringan sehingga kualifikasinya di lintasan menjadi lebih baik.

Tahun 1997 banyak sepeda motor di balapan Gran Prix 500 menggunakan mesin 4 silinder. GP500 sendiri adalah puncak balap MotoGP. Pada periode antara 1971 sampai 2001, kelas puncak dibatasi dengan 4 silinder dan kapasitas mesin 500cc. Kebijakan tersebut berlaku bagi mesin 4 tak atau 2 tak.

Tahun 2000an merupakan masa transisi dimana mesin 2 tak tidak boleh diperlombakan dalam kompetisi kelas premier. Tahun 2002 - 2006 untuk pertama kalinya, pabrikan diizinkan untuk memperbesar kapasitas total mesin 4 tak hingga maksimal 990cc. Pabrikan motor juga diperbolehkan untuk memilih jumlah silinder yang digunakan, yaitu 3 sampai 6 namun harus memiliki batas berat yang telah ditentukan. Dikarenakan kapasitas motor tidak dibatasi diangka 500c saja, maka nama kejuaraan yang tadinya GP500 berubah menjadi MotoGP.

Reorientasi

MotoGP juga terus berevolusi mengikuti perkembangan zaman. Aturan pun berubah menyesuaikannya. Tidak hanya pada perangkat teknis sepeda motor, namun hingga menyentuh perangkat pendukung seperti software pun tidak luput dari perhatian penyelenggara untuk dibuat aturannya.

11. Contoh Teks Cerita Sejarah Tsunami Aceh

Teks Cerita Sejarah Tsunami Aceh
source image: Kazuhiro Nogi - Getty Image

Orientasi

Tepatnya pada 26 Desember 2004, gempa berkekuatan besar dan gelombang tsunami menerjang wilayah Aceh. Bermula dari gempa beberapa kali, dan ombak setinggi kurang lebih 20 meter membuat beberapa kota di provinsi itu lumpuh. Kekuatan gempa yang terjadi berada di Samudra Hindia pada kedalaman sekitar 10 kilometer di dasar laut.

Urutan peristiwa

Wilayah sumber gempa berjarak sekitar 149 kilometer sebelah barat Meulaboh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Gempa yang berlangsung selama kurang lebih 10 menit ini tercatat mempunyai magnitudo sekitar 9,0. Setelah itu gelombang tsunami mulai memberikan dampaknya pada wilayah Aceh dan sebagian di Sumatera Utara.

Tsunami ini kemudian bergerak menyebar ke arah pantai-pantai. Jarak pantai Sumatera terdekat dengan episenter gempa bumi utama diperkirakan 125 km. Kecepatan rambat gelombang tsunami dapat mencapai 800 km per jam di samudra dalam dan bebas. Mendekati pantai yang dangkal dan dengan kecepatannya yang besar, gelombang tsunami menjadi tinggi dan kemudian terhempas ke arah daratan.

Gempa ini menjadi gempa terkuat kedua yang pernah terekam dan menjadikannya sebagai salah satu dari sepuluh bencana terburuk sepanjang masa. Tercatat, sekitar 170.000 orang meninggal dunia dan puluhan ribu bangunan hancur setelah terhempas gelombang tsunami. Satu hari berselang, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kala itu menetapkan hari berkabung nasional dan darurat kemanusiaan serta bakti sosial selama tiga hari, terhitung mulai dari tanggal 27 Desember 2004 hingga 29 Desember 2004.

Bukan hanya di Indonesia, sejumlah negara sekitar Samudra Hindia pun terkena dampak gempa dan tsunami itu. Dahsyatnya getaran gempa tersebut bahkan dirasakan sampai Somalia, Afrika Timur yang berjarak 6.000 kilometer dari Samudra Hindia. Akan tetapi, kawasan yang paling parah terkena imbasnya adalah Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di Thailand, gelombang setinggi 10 meter menerjang lima provinsi yang terletak di sepanjang pesisir selatan, yaitu Songkhla, Phuket, Krabi, Phang Nga, dan Surat Thani.

Yang lebih memprihatinkan lagi adalah kondisi di daerah pesisir India dan Sri Lanka. Sejumlah bangunan hancur dan terendam, sedangkan korban tewas yang belum sempat terangkut tampak berserakan di mana-mana. Korban meninggal di India sedikitnya 6.280 orang, Thailand 2.000 orang, Somalia 100 orang, Malaysia 51 orang, Myanmar 56 orang, dan Maladewa 100 orang. Diperkirakan jumlah keseluruhan korban dari berbagai negara termasuk Indonesia yang terkena dampak gempa dan tsunami tersebut mencapai 230.000 jiwa.

Reorientasi

Lebih dari 15 tahun semenjak peristiwa yang memakan banyak korban jiwa tersebut terjadi. Meskipun sudah lewat beberapa tahun, namun kita sebagai warga negara Indonesia harus mengetahui peristiwa bersejarah yang telah memakan korban jiwa yang tidak sedikit, bahkan dampaknya bisa dirasakan oleh beberapa negara tetangga.

12. Contoh Teks Cerita Sejarah Angklung

Teks Cerita Sejarah Angklung

Orientasi

Angklung merupakan alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari tanah Sunda, Jawa Barat, dengan terbuat dari beberapa pipa bambu berbagai ukuran.

Urutan peristiwa

Kata “angklung” sendiri berasal dari dua kata bahasa Sunda, yaitu “angkleung-angkleung” yang berarti diapung-apung dan “klung” yang berarti suara dari alat musik tersebut. Jadi, angklung berarti suara yang dihasilkan dengan cara diangkat atau diapung-apungkan.

Pada abad ke-12 sampai ke-16, terdapat kerajaan Sunda di nusantara. Asal-usul terciptanya angklung dipercaya lahir pada masa itu. Di masa itu, rakyat dari kerajaan Sunda mempercayai bahwa dengan memainkan alat musik angklung dapat menghibur dan menyenangkan Nyai Sri Pohaci, yang diyakini sebagai dewi kesuburan.

Seiring berkembangnya zaman, kini angklung tidak hanya dimainkan saat upacara adat saja, tapi juga dimainkan pada berbagai acara musik, sebagai alat musik pengiring tambahan yang sudah menyebar ke berbagai pelosok tanah air hingga mancanegara.

Pada awal abad ke-20, Thailand mengadopsi alat musik angklung sebagai misi kebudayaan antara Thailand dan Indonesia. Bahkan angklung dapat ditemui di The Evergreen Stage Collage, sebuah universitas di Amerika Serikat.

Reorientasi

Untuk meningkatkan rasa cinta anak bangsa dengan alat musik angklung, pemerintah menggunakan gambar alat musik angklung pada uang logam Rp 1.000 agar anak muda zaman sekarang dapat mengetahui bahwa negeri ini memiliki alat musik yang membanggakan.

Baca Juga: Contoh Teks Eksposisi Tentang Internet Terbaik

Itulah beberapa contoh teks cerita sejarah singkat beserta strukturnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anak,5,bisnis,1,buku,1,contoh,1,contoh teks,9,cpns2021,3,guru,10,info,13,kalender pendidikan,151,kerja sampingan,5,modul ajar,5,modul p5,20,pekerjaan,12,pendidikan,7,ppt,64,pts,16,rpp,22,rpp sekolah,4,rpph,17,soal,6,soal asesmen,3,soal cpns,14,soal pat,15,soal us,20,surat,10,template,5,template ppt,10,tips,2,
ltr
item
Kemendikbudnews.com: 12 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat dengan Strukturnya
12 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat dengan Strukturnya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgQof-4HAvekozlkv-nEtV_YukIG5nRaTgJf0D7fAKsoLDhuzx0LSq9zQe8lygJwYEjzKffWFtetjkP07u05i4I-fgBLLajb53a_KawyXUjWkYJYqRDetYXYgchI2iaIJhggr_T-hI9CRGNXQgREZN8IYsVKLxnoQp-iy95yaJySoEJ8F_faaJpZrcC/w640-h310/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgQof-4HAvekozlkv-nEtV_YukIG5nRaTgJf0D7fAKsoLDhuzx0LSq9zQe8lygJwYEjzKffWFtetjkP07u05i4I-fgBLLajb53a_KawyXUjWkYJYqRDetYXYgchI2iaIJhggr_T-hI9CRGNXQgREZN8IYsVKLxnoQp-iy95yaJySoEJ8F_faaJpZrcC/s72-w640-c-h310/1.jpg
Kemendikbudnews.com
https://www.kemendikbudnews.com/2022/10/contoh-teks-cerita-sejarah.html
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/2022/10/contoh-teks-cerita-sejarah.html
true
2087298264267847923
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content