Contoh Teks Ulasan Film Sang Pemimpi Terbaik

Daftar Isi [Tampilkan]

Ulasan sebuah karya baik itu literatur, film, karya seni dapat dituangkan dalam sebuah teks. Tujuannya agar lebih banyak orang mengenal karya tersebut. Sang Pemimpi adalah salah satu film yang rilis tahun 2009 dan sempat menjadi naik daun. Seperti apakah contoh teks ulasan film Sang Pemimpi yang sempat booming ini?

Struktur teks ulasan terdiri dari empat bagian. Pertama adalah orientasi yang isinya gambaran umum, kedua adalah tafsiran yang menjelaskan gambaran detail hingga kelebihannya. Ketiga adalah evaluasi yang menggambarkan nilai kurang pada karya tersebut. Keempat adalah rangkuman yang merupakan kesimpulan dari penulis. Seperti apakah teks ulasan film Sang Pemimpi? 

Contoh Teks Ulasan Film Sang Pemimpi dan Strukturnya

Teks ulasan juga memiliki tujuan untuk memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai sebuah karya. Karena dalam sebuah film, seringkali sinopsis saja tidak cukup untuk menggambarkan isi dari film tersebut. Apalagi jika film tersebut sudah main beberapa tahun yang lalu. Berikut ini contoh teks ulasan film Sang Pemimpi. 

Contoh Teks Ulasan Film Sang Pemimpi

1. Orientasi

Sang Pemimpi adalah film yang dirilis tanggal 17 Desember 2009 dan disutradarai oleh Riri Riza serta diproduseri oleh Mira Lesmana. Film ini sendiri merupakan adaptasi dari novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Durasi film adalah 120 menit yang merupakan prekuel dari film Laskar Pelangi. Film ini memiliki anggaran sebesar 11 miliar. Para pemain utamanya adalah Vikri Setiawan, Zulfani, Lukman Sardi, Ariel ‘’Noah’’, dan Rendy Ahmad.

Film ini menceritakan tokoh utama yaitu Ikal, Jimbron dan Arai. Ikal yang merupakan Andrea Hirata memiliki saudara jauh Arai yang merupakan anak yatim piatu. Jimbron sendiri adalah teman dari Ikal dan Arai yang terobsesi dengan kuda dan gagap. Mereka bersahabat dari kecil hingga SMA di Belitung.

2. Tafsiran


Pada siang hari, Ikal dan Arai sekolah di SMA sedangkan pada malam harinya mereka bekerja di pelabuhan ikan sebagai kuli. Mereka harus bekerja demi memenuhi kebutuhan hidup, meskipun begitu mereka selalu bersemangat untuk ke sekolah. Ikal dan Arai menyewa kamar dekat sekolah karena jarak dari rumahnya yang terlalu jauh.

Ikal, Arai dan Jimbron adalah anak yang terkenal nakal di sekolah dan tidak disukai oleh Pak Mustar kepala sekolah SMA Belitong. Meskipun perangainya nakal, mereka pintar dan selalu mendapatkan peringkat kelima dari 160 murid di sekolahannya. Film ini menggambarkan persahabatan yang setiap, hanya saja alur cerita di film sering bolak-balik karena banyak adegan flashback.

3. Evaluasi


Film ini memiliki cerita yang sangat mengharukan dan bisa menimbulkan semangat bagi pelajar SMA. Susahnya kehidupan para pemerannya dan kesetiakawanan yang sangat baik membuat film ini sangat berkesan dan mendidik. Selain itu ada begitu banyak adegan komedi di sepanjang film yang membuatnya semakin menarik. Film ini juga bisa ditonton oleh semua kalangan dan usia.

4. Rangkuman


Hikmah yang diberikan dari film ini adalah sifat pantang menyerah serta terus semangat. Walaupun ada begitu banyak rintangan selama memiliki motivasi untuk berusaha dengan maksimal, setiap dan percaya maka semua pasti dapat dilalui. Selain itu, mimpi juga menjadi bagian penting dalam hidup untuk bisa menjalani rintangan kehidupan demi.

Baca Juga: Contoh Teks Eksposisi Tentang Internet Terbaik

Inilah contoh teks ulasan film Sang Pemimpi yang cukup lengkap dari orientasi, tafsiran, evaluasi hingga rangkuman. Teks ulasan adalah suatu hal yang sangat penting bagi mereka yang belum menonton film supaya tertarik dan tahu apa makna yang tersirat dalam film tersebut.

COMMENTS

Nama

anak,5,bisnis,1,buku,1,contoh,1,contoh teks,9,cpns2021,3,guru,10,info,13,kalender pendidikan,151,kerja sampingan,5,modul ajar,5,modul p5,20,pekerjaan,12,pendidikan,7,ppt,64,pts,16,rpp,22,rpp sekolah,4,rpph,17,soal,6,soal asesmen,3,soal cpns,14,soal pat,15,soal us,20,surat,10,template,5,template ppt,10,tips,2,
ltr
item
Kemendikbudnews.com: Contoh Teks Ulasan Film Sang Pemimpi Terbaik
Contoh Teks Ulasan Film Sang Pemimpi Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhFvq94cNwqn3JNdZ25pKHgDURWnFHrUN0x7lAj1Babz3O0g97qsgqo1oqkWxxSLJacyz8NM_Fsh-I58XPhRHfUTxpd7h2HYr89BQ83P2C9kIW8eN8X6sNj8yQdo5i1HWDmEW5_sphatro/w640-h364/2.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhFvq94cNwqn3JNdZ25pKHgDURWnFHrUN0x7lAj1Babz3O0g97qsgqo1oqkWxxSLJacyz8NM_Fsh-I58XPhRHfUTxpd7h2HYr89BQ83P2C9kIW8eN8X6sNj8yQdo5i1HWDmEW5_sphatro/s72-w640-c-h364/2.jpg
Kemendikbudnews.com
https://www.kemendikbudnews.com/2020/11/contoh-teks-ulasan-film-sang-pemimpi.html
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/2020/11/contoh-teks-ulasan-film-sang-pemimpi.html
true
2087298264267847923
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content