Modul P5 SMP Fase D Bhinneka Tunggal Ika - Perbedaan

Daftar Isi [Tampilkan]

Modul P5 SMP Fase D Bhinneka Tunggal Ika - Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka adalah pelajar yang memahami nilai-nilai Pancasila dan mempraktikannya, serta memahami pentingnya Pancasila dalam masyarakat. Pelajar harus dapat memahami dan menerapkan prinsip-prinsip pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan dari modul P5 proyek adalah untuk meningkatkan profil siswa Pancasila dalam kurikulum merdeka dengan mempromosikan budaya dan nilai-nilai Pancasila, membantu mereka memahami pentingnya Pancasila, dan memberi mereka kesempatan untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang berdasarkan Pancasila.

Modul P5 SMP Fase D Bhinneka Tunggal Ika - Perbedaan

Tema : Bhinneka Tunggal Ika

Topik : Satu Jiwa Satu Rasa dalam Perbedaan

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat mengidentifikasi karakter diri (toleransi) dalam keberagaman di lingkungan sekitar

Profil Pelajar Pancasila : 

  • Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia
  • Berkebinekaan Global
  • Bergotong Royong
  • Kreatif

Tema projek P5 kedua ini adalah Bineka Tunggal Ika dengan subtema Satu Jiwa Satu Rasa dalam Perbedaan. Bentuk kegiatan projek ini diberi nama AKSI SADARI yang merupakan kependekan dari Ajang Kreasi Seni dan Internalisasi Karakter Diri.

AKSI SADARI

Untuk menjunjung nilai kesatuan dalam keberagaman (Bineka Tunggal Ika) di lingkungan sekitar, kita perlu mengukuhkkan karakter-karakter positif sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila, khususnya karakter toleransi. Dengan karakter toleransi, kita dapat mengatasi perbedaan. 

Kita akan membuka pandangan bahwa perbedaan itu indah. Kita akan belajar bahwa perbedaan dalam keberagaman dapat menjadi sebuah kesatuan yang tidak dapat terpisahkan untuk mencapai tujuan bersama. Jika salah satu dari kesatuan perbedaan itu hilang, maka tujuan tidak akan tercapai dengan sempurna. 

Oleh karena itu, untuk proses pembelajaran tersebut, kita akan melakukan proyek AKSI SADARI. Peserta didik akan berkelompok membentuk sebuah tim kreatif ajang kreasi seni untuk menampilkan sebuah pertunjukan dengan beragam dialek bahasa yang bertemakan toleransi. 

Setiap peserta didik yang memiliki minat, bakat, dan potensi berbeda-beda akan bekerja sesuai bidang keahlian (jobdesk) masing-masing untuk mencapai tujuan bersama. Selama proses sampai hasil, peserta didik akan belajar seraya menginternalisasi karakter positif, khususnya toleransi.

SENI PERTUNJUKAN

Seni pertunjukan adalah karya seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. Di dalamnya mengandung empat unsur yakni waktu, ruang, tubuh seniman, dan hubungan seniman dengan penonton.

Seni pertunjukan disajikan dalam bentuk pentas seni dengan tujuan memberikan hiburan. Di sisi lain, seni pertunjukan juga merupakan ungkapan budaya, wahana untuk menyampaikan nilai-nilai budaya, norma-norma estetik-artistik sesuai perkembangan zaman.

PROSES KREATIF (TAHAPAN)  PRODUKSI SENI PERTUNJUKAN

Memproduksi sebuah pertunjukan harus mematuhi beberapa proses/tahapan agar kegiatan selama persiapan sampai pementasan berjalan baik. Berikut contoh proses kreatif (tahapan) produksi seni pertunjukan.

Modul P5 SMP Fase D Bhinneka Tunggal Ika

NASKAH PERTUNJUKAN

Pembuatan seni pertunjukan dapat berasal dari naskah karya asli dan karya saduran. Naskah karya asli adalah naskah yang ditulis bukan dari hasil tiruan, saduran, salinan, atau terjemahan.

Sedangkan, karya saduran merupakan hasil kerja menyadur. Menyadur dapat dikatakan sebagai kegiatan memindahkan atau mengalihbahasakan suatu tulisan dari suatu bahasa ke bahasa lain secara bebas. 

Dikatakan bebas karena penyadur dapat mengubah karya sadurannya itu, baik yang berkaitan dengan jalan cerita, setting, maupun nama-nama tokoh pelaku cerita.

Karya saduran juga dapat dikatakan sebagai karangan yang dituliskan kembali dalam bentuk yang lain, misalnya karya yang berbentuk puisi ditulis kembali dalam bentuk prosa, atau sebaliknya.

Tahapan Projek

Modul P5 SMP Fase D Bhinneka Tunggal Ika

Download Modul P5 SMP Fase D Bhinneka Tunggal Ika - Perbedaan

Baca Juga: Contoh Modul Projek P5 SMP LENGKAP

Itulah Modul P5 SMP Fase D tema Bhinneka Tunggal Ika dengan topik Satu Jiwa Satu Rasa dalam Perbedaan. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anak,5,bisnis,1,buku,1,contoh,1,contoh teks,9,cpns2021,3,guru,10,info,13,kalender pendidikan,151,kerja sampingan,5,modul ajar,5,modul p5,20,pekerjaan,12,pendidikan,7,ppt,64,pts,16,rpp,22,rpp sekolah,4,rpph,17,soal,6,soal asesmen,3,soal cpns,14,soal pat,15,soal us,20,surat,10,template,5,template ppt,10,tips,2,
ltr
item
Kemendikbudnews.com: Modul P5 SMP Fase D Bhinneka Tunggal Ika - Perbedaan
Modul P5 SMP Fase D Bhinneka Tunggal Ika - Perbedaan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhH8Gb0AOYCAV8D_08Vmcn1kxWKrTBUwPc7WZFctDeZOJHJWRZbAUvMM4mBzQWn8P_Yn6DHgzmmECnH_MWO8jjfN_hFyvaRqrUmsFcZJRmVdDd5B2QZxoTRCt6K9ko8VoMZAJ_t6Tx6KAgZJjgj-xtNCONrIYq6PLXbIDyBQ4qRbR0I80WLBZweNg8mBts/w640-h310/modul%20p5.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhH8Gb0AOYCAV8D_08Vmcn1kxWKrTBUwPc7WZFctDeZOJHJWRZbAUvMM4mBzQWn8P_Yn6DHgzmmECnH_MWO8jjfN_hFyvaRqrUmsFcZJRmVdDd5B2QZxoTRCt6K9ko8VoMZAJ_t6Tx6KAgZJjgj-xtNCONrIYq6PLXbIDyBQ4qRbR0I80WLBZweNg8mBts/s72-w640-c-h310/modul%20p5.jpg
Kemendikbudnews.com
https://www.kemendikbudnews.com/2023/12/modul-p5-bhinneka-tunggal-ika-perbedan.html
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/2023/12/modul-p5-bhinneka-tunggal-ika-perbedan.html
true
2087298264267847923
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content