7 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan

Daftar Isi [Tampilkan]

Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan - Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi laporan sebuah penelitian yang dijelaskan secara terperinci dengan menggunakan kriteria tertentu. Penyusunan teks laporan hasil observasi harus dibuat dengan struktur yang jelas agar mudah dipahami dengan baik, karena isi teks ini pada dasarnya berisi berbagai informasi yang sangat bermanfaat.

Menurut Kosasih, Teks hasil observasi adalah teks yang menyajikan informasi hasil analisis yang telah tersistematis berdasarkan sudut pandang keilmuan. Sedangkan menurut Nawai dan Martini, Teks hasil observasi adalah tulisan yang berisi tentang hasil pengamatan dan pencatatan yang ditulis secara urut.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Tujuan dari penulis teks laporan hasil observasi adalah untuk menemukan metode baru, bisa membantu pengambilan keputusan, menemukan solusi baru dari sebuah permasalahan, mengetahui dan mengawasi apakah ada perkembangan pada masalah yang dihadapi.

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

  1. Sebagai kegiatan pengamatan
  2. Sebagai dokumentasi
  3. Sebagai ilmu pengetahuan
  4. Sebagai bahan penelitian
  5. Sebagai sumber yang dapat dipercaya

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

  • Ditulis berdasarkan fakta sesuai pengamatan yang dilakukan
  • Tidak adanya bagian penutup dari penulis
  • Tidak mengandung dugaan yang menyimpang
  • Ditulis secara lengkap

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Pernyataan Umum

Pernyataan umum merupakan pembuka dari teks hasil observasi. Dibagian pernyataan umum umumnya berisi latar belakang atau asal usul dan juga penjelasan secara umum tentang objek yang akan diobservasi.

Deskripsi Bagian

Deskripsi bagian berisi rincian, isi, pembahasan, dan penjelasan lebih detail mengenai objek yang akan diobservasi.

Deskripsi Manfaat / Kesimpulan

Dibagian manfaat nantinya Anda akan menjabarkan beberapa hal atau manfaat dari objek yang diobservasi. Selain itu, di dalam deskripsi manfaat Anda juga bisa memberikan beberapa hal tentang kesimpulannya.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan

1. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Pantai

Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Pantai
source image: antaranews.com

Pernyataan Umum

Pantai Losari adalah salah satu pantai yang cukup terkenal di Indonesia karena terkenal akan keindahan pemandangan matahari ternenam dan sunset di dunia. Karena keindahan sunset di Anjungan pantai Losari, pantai ini selalu dipenuhi oleh orang-orang ketika sore hari.

Deskripsi Bagian

Banyaknya pengunjung yang datang di pantai ini, membuat masalah yang menyangkut ketertiban, keindahan, dan kebersihan. Karena pengelolaannya tidak tertib, maka pantai menjadi kurang bersih karena penuh dengan sampah, bau busuk yang menyengat, coret-coretan.

Tidak adanya petugas kebersihan menjadi salah satu indikator pantai ini menjadi kotor dan tidak adanya petugas keamanan menjadi alasan objek-objek dan fasilitas umum banyak mengalami kerusakan dan perlu ditangani dengan segera.

Keseluruhan permasalahan inilah yang menjadi tantangan bagi pemerintah kota selaku pengelola resmi ruang publik.

Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Penataan Ruang Makassar, Darwis Herman menjelaskan beberapa masalah terkait penataan ruang kota khusus di sepanjang Kawasan Pantai Losari. Diantaranya adalah pencemaran logam beran, pencemaran sampah, hancurkan terumbu karang, dan pencemaran bakteri E-Coly.

Kesimpulan

Diharapkan para pengunjung ketika berkunjung ke tempat wisata tidak hanya terpaku pada keindahannya namun juga sebaiknya memperhatikan bagaimana caranya agar keindahan tersebut bisa terjaga, atau tidak rusak karena banyaknya orang yang membuang sampah sembarangan.

Sebagai warga negara yang baik dan penduduk kota yang aktif, kita harus selalu menjaga dan melestarikan fasilitas umum yang bisa meningkatkan sumber pemasukan atau devisa negara di bidang pariwisata.

2. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Pemukiman Desa

Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Pemukiman

Pernyataan Umum

Umumnya karakteristik pedesaan di pegunungan adalah sama, yaitu mempunyai udara yang sejuk, keadaan tanah yang berlereng, dan potensi alam yang kaya. Ciri-ciri wilayah pedesaan yaitu, perbandingan luas tanah dengan jumlah manusia relatif lebih besar, hubungan penduduk cukup akrab, lapangan kerja agraris, dan sifat menurut tradisi budaya setempat.

Deskripsi Bagian

Masyarakat desa adalah masyarakat agraris yang hidup sebagai petani, sehingga umumnya bekerja di sawah ladang dari pagi hingga sore. Di waktu menunggu padi, mereka dapat mempergunakan waktunya untuk mencari pekerjaan tambahan lain. Terkadang waktunya juga digunakan untuk berdagang di kota-kota, menjadi buruh dan sebagainya.

Rakyat di desa umumnya menginginkan rumah-rumah dibangun menurut kondisi dan ukuran kebutuhan mereka masing-masing sesuai dengan lahan yang dimiliki. Mereka menginginkan rumah yang sederhana, kokoh, kuat dan menggunakan bahan yang berada di lingkungan mereka. Mereka juga menginginkan rumah yang sehat, tahan lama, dan tidak merubah bentuk ciri khas daerahnya.

Ukuran rumah di desa-desa lebih mementingkan luas dan mempunyai banyak kamar. Selain bangunan rumah, diperlukan perlengkapan lainnya yang membentuk satu hubungan walau ukurannya berbeda-beda, seperti tempat menyimpan kayu bakar, lubung padi, kandang ternak, tempat menumbuk padi, dan sebagainya. Sebuah desa dapat menimbulkan image yang baik apabila perumahan rakyatnya teratur rapih, bersih, dan sehat.

Ciri dari bangunan perumahannya adalah:

  • Tidak mengutamakan interior dan eksterior
  • Tersedianya kamar mandi atau WC dan tempat cuci umum
  • Tidak memperhitungkan ukuran rumah (luas pakarangan)
  • Pekarangan yang dimiliki ditumbuhi-oleh tanaman yang dapat bermanfaat bagi penghuni
  • Mencerminkan rasa kebersamaan

Kesimpulan

Dapat dikatakan bahwa gaya hidup di desa lebih sederhana jika dibandingkan  di kota. Bisa kita liat dengan kondisi udara dan pembangunannya, di desa jarang rumah sakit besar, kemungkinan hanya ada klinik dan puskesmas, tetapi jika hidup di kota kita dengan mudah menjumpai bangunan besar, seperti rumah sakit, mall, hotel, dan bangunan lainnya. Tetapi tidak menjadi halangan di mana pun kita tinggal atau hidup harus di nikmati dan syukuri

Hal penting lainnya adalah tidak membuang sampah sembarangan dan tidak menebang pohon sembarangan, serta patuhi segala aturan hidup yang bisa membuat kita tetap sehat.

3. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Hutan

Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Hutan

Pernyataan Umum

Hutan adalah wilayah yang luas dan ditumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan sehingga mempunyai daya serap karbon dioksida yang tinggi. Hutan juga menjadi salah satu pemasok oksigen paling besar di permukaan bumi.

Deskripsi Bagian

Oksigen yang dihasilkan oleh hutan sangat bermanfaat bagi hewan dan manusia untuk bernafas. Selain itu, hutan juga memiliki julukan sebagai paru-paru dunia.

Fungsi hutan bukan hanya untuk memasok oksigen, tetapi seluruh tumbuh-tumbuhan yang ada didalamnya juga turut berperan menyuburkan tanah. Melalui daun-daun yang berguguran kemudian membusuk dan terurai di atas permukaan, hutan sudah menunjukan eksistensinya dalam menjaga dan mempertahankan kesuburan tanah. Apabila tanah subur, maka kita dapat mengolahnya menjadi lahan penanaman pohon kembali.

Jutaan hewan memiliki hunian di dalam hutan. Maka dari itu, apabila hutan rusak, maka otomatis hewan akan kehilangan rumahnya.

Berbagai macam tanaman dan tumbuhan berkembang biak di hutan menjadi sumber keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi manusia. Baik itu dimanfaatkan sebagai sumber obat-obatan atau makanan. Tumbuhan yang ada di hutan harus dilestarikan agar tidak punah hingga masa yang akan datang.

Kesimpulan

Apabila hutan gundul, maka tidak ada akar yang menahan air di dalam tanah. Akibatnya bencana alam seperti tanah longsor dan banjir menjadi kapan saja terjadi. Untuk menghindarinya, kita harus melakukan reboisasi atau penanaman kembali agar hutan menjadi lebat, subur, dan tidak menimbulkan dampak buruk bagi manusia dan lingkungan sekitar.

4. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Rumah di Dusun Wage

Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Rumah

Pernyataan Umum

Observasi dilakukan di dusun Wage, Panggungharjo, Sewon, Bantul untuk melihat kondisi lingkungan rumah yang ada.

Deskripsi Bagian

Lingkungan rumah tinggal di dusun Wage merupakan peralihan antara lingkungan berkarakter desa dengan lingkungan berkarakter kota. Terdapat banyak bangunan rumah yang digunakan sebagai rumah tinggal keluarga ataupun rumah yang disewakan karena lingkungan ini berada di dekat kampus Institut Seni Indonesia, Akademi Kebidanan Yogyakarta dan cukup dekat dengan Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan.

Masih terdapat halaman yang digunakan untuk area bermain anak - anak. Tanaman atau pohon juga masih ditemukan di halaman. Terdapat beberapa hewan yang bisa ditemukan di lingkungan rumah dan sekitarnya seperti kucing, ayam, burung, serangga, cicak dan kadal kebun.

Kebersihan rumah dan lingkungan sekitar cukup terjaga dari sampah karena ada pelayanan pengelolaan sampah yang dikelola Bumdes Kupas di desa Panggungharjo.

Kesimpulan

Kondisi rumah dan lingkungan sekitarnya yang diobservasi dalam kondisi baik dan bersih. Terdapat keanekaragaman hayati yang hidup di rumah dan sekitarnya. Pelayanan pengelolaan sampah membantu menjaga lingkungan rumah menjadi lebih bersih.

5. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kebersihan Lingkungan

Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kebersihan Lingkungan

Pernyataan Umum

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting pada kehidupan manusia. kebersihan lingkungan menciptakan lingkungan yang sehat seta bersih. sehingga dapat terhindar dari penyakit.

Deskripsi Bagian

Kondisi kebersihan lingkungan di jl mekar indah sangat baik, bersih, indah, dan asri serta bebas sampah, karena kesadaraan akan para warga-warganya yang selalu membersihkan halaman-halaman rumah masing-masing, membakar sampah dan membersihkan rumput yang tumbuh di pekarangan.

Kebersihan lingkungan sangat naik untuk diterapkan apabila kita membiasakan hidup bersih, sehat dan tertib.

Kesimpulan

Kondisi kebersihan di Jl Anggrek Raya sangat terawat, karena warganya yang sadar akan kebersihan lingkungan.

6. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Perkotaan

Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Perkotaan

Pernyataan Umum

Dalam kehidupan perkotaan, masyarakat beserta kegiatan yang ada didalamnya biasanya cenderung akan bertambah sebagai imbas adanya urbanisasi. Kegiatan urbanisasi di wilayah perkotaan akan menimbulkan beragam aktivitas yang cenderung mendorong adanya perilaku konsumtif dan pertumbuhan ekonomi.

Deskripsi Bagian

Masyarakat tentunya akan mengkonsumsi sumber daya yang ada di perkotaan dalam jumlah massif. Hal tersebut dapat berpotensi menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan apabila tidak dibarengi dengan perencanaan yang matang.

Penipisan lapisan ozon, polusi, pencemaran limbah, dan hal-hal negatif lainnya bisa terjadi. Beragam permasalahan lingkungan tersebut berdampak pada kondisi lingkungan hidup perkotaan sehingga sangat penting untuk diantisipasi.

Masalah lingkungan hidup merupakan ancaman terhadap pembangunan baik saat ini maupun yang akan datang. Permasalahan lingkungan bisa disebabkan oleh faktor alam dan perilaku manusia terhadap lingkungan alam. Permasalahan lingkungan hidup di antaranya adalah kelangkaan dan buruknya kualitas sumber daya air, udara, maupun lahan.

Kesimpulan

Peningkatan kegiatan di perkotaan bisa menyebabkan efek negatif terhadap kelestarian lingkungan yang tidak diinginkan dan tidak bisa dibiarkan terus-menerus. Diperlukan upaya perbaikan dari kerusakan, sehingga kualitas lingkungan hidup bisa ditingkatkan.

Berbagai upaya perlu dilakukan baik oleh pemerintah, swasta, dan masyarakat sendiri. Perbaikan dapat dilakukan mulai dari pengelolaan sumber daya air, pengelolaan sampah, kualitas udara, dan permasalahan lain berupa bencana alam.

7. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Rumahku

Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Rumahku

Pernyataan Umum

Rumah merupakan salah satu bentuk tempat hunian yang digunakan oleh manusia. Rumahku merupakan rumah tempat aku tinggal bersama keluargaku.

Deskripsi Bagian

Rumahku berukuran cukup kecil dengan luas bangunan 20 x 12 meter dan terdiri atas satu lantai saja. Terdapat satu kamar mandi, satu dapur, satu ruang keluarga, dua kamar tidur dan satu buah garasi. Ruang yang digunakan untuk menerima tamu berada di teras rumah. Kami memiliki sebuah sumur dengan pompa air sebagai sumber air bersih.

Dinding rumahku terbuat dari batu bata yang disemen. Atapnya menggunakan genting yang terbuat dari tanah liat yang dibakar. Rangka atap, pintu dan jendela rumahku terbuat dari kayu jati. Terdapat tiga pintu yang mengarah ke luar dan 4 buah jendela di bagian depan dan samping rumah. Sedangkan pintu garasi terbuat dari besi.

Rumahku memiliki halaman yang masih cukup luas dengan luasan sekitar 20 x 15 meter. Terdapat pohon jamu, mangga, talok, belimbing dan durian di halaman rumah. Beberapa jenis tanaman bunga seperti bugenvile, bunga sepatu, melati dan bunga pukul empat juga ditanam di halaman rumah.

Terdapat sebuah aviary atau kandang burung berukuran besar di halaman rumahku. Didalamnya terdapat pohon pujuk merah, teh – tehan dan beberapa jenis rumput. Kandang burung ini berisi burung gelatik, perkutut dan parkit.

Sebuah dua kotak besar yang terbuat dari batako ada di sudut halaman rumahku. Kotak besar ini digunakan sebagai tempat membuat kompos dari bahan daun – daun di kebun dan limbah organis sisa dapur.

Kesimpulan

Rumahku adalah rumah yang cukup nyaman karena memiliki elemen pendukung kehidupan berupa sumber air, pepohonan sebagai penghasil oksigen dan pendukung kehidupan kehidupan liar dan sistem pengelolaan sampah organik mandiri.

Baca Juga: 

Itulah beberapa contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anak,5,bisnis,1,buku,1,contoh,1,contoh teks,9,cpns2021,3,guru,10,info,13,kalender pendidikan,151,kerja sampingan,5,modul ajar,5,modul p5,20,pekerjaan,12,pendidikan,7,ppt,64,pts,16,rpp,22,rpp sekolah,4,rpph,17,soal,6,soal asesmen,3,soal cpns,14,soal pat,15,soal us,20,surat,10,template,5,template ppt,10,tips,2,
ltr
item
Kemendikbudnews.com: 7 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan
7 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgG3wIa3IAiNUb6TNx5ml6c9uOQJ-DiFYf4RJSr7a4RdAaCxxaFpzVZxNeeimJlnoFEGZ6WDCg2jJQFfZQF_DmqOmQPt9q3BMniKzMBnf-UpY7_tF-z9lo3rmCew21H0NJkhYO976gRT2E7-7bw0NJPnOuYVO8g1mCsQiT4P06EUisFnEFJ1EPffpER/w640-h396/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgG3wIa3IAiNUb6TNx5ml6c9uOQJ-DiFYf4RJSr7a4RdAaCxxaFpzVZxNeeimJlnoFEGZ6WDCg2jJQFfZQF_DmqOmQPt9q3BMniKzMBnf-UpY7_tF-z9lo3rmCew21H0NJkhYO976gRT2E7-7bw0NJPnOuYVO8g1mCsQiT4P06EUisFnEFJ1EPffpER/s72-w640-c-h396/1.jpg
Kemendikbudnews.com
https://www.kemendikbudnews.com/2023/04/laporan-hasil-observasi-lingkungan.html
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/2023/04/laporan-hasil-observasi-lingkungan.html
true
2087298264267847923
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content