10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Tumbuhan

Daftar Isi [Tampilkan]

Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan - Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi laporan sebuah penelitian yang dijelaskan secara terperinci dengan menggunakan kriteria tertentu. Penyusunan teks laporan hasil observasi harus dibuat dengan struktur yang jelas agar mudah dipahami dengan baik, karena isi teks ini pada dasarnya berisi berbagai informasi yang sangat bermanfaat.

Menurut Kosasih, Teks hasil observasi adalah teks yang menyajikan informasi hasil analisis yang telah tersistematis berdasarkan sudut pandang keilmuan. Sedangkan menurut Nawai dan Martini, Teks hasil observasi adalah tulisan yang berisi tentang hasil pengamatan dan pencatatan yang ditulis secara urut.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Tujuan dari penulis teks laporan hasil observasi adalah untuk menemukan metode baru, bisa membantu pengambilan keputusan, menemukan solusi baru dari sebuah permasalahan, mengetahui dan mengawasi apakah ada perkembangan pada masalah yang dihadapi.

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

  1. Sebagai kegiatan pengamatan
  2. Sebagai dokumentasi
  3. Sebagai ilmu pengetahuan
  4. Sebagai bahan penelitian
  5. Sebagai sumber yang dapat dipercaya

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

  • Ditulis berdasarkan fakta sesuai pengamatan yang dilakukan
  • Tidak adanya bagian penutup dari penulis
  • Tidak mengandung dugaan yang menyimpang
  • Ditulis secara lengkap

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Pernyataan Umum

Pernyataan umum merupakan pembuka dari teks hasil observasi. Dibagian pernyataan umum umumnya berisi latar belakang atau asal usul dan juga penjelasan secara umum tentang objek yang akan diobservasi.

Deskripsi Bagian

Deskripsi bagian berisi rincian, isi, pembahasan, dan penjelasan lebih detail mengenai objek yang akan diobservasi.

Deskripsi Manfaat / Kesimpulan

Dibagian manfaat nantinya Anda akan menjabarkan beberapa hal atau manfaat dari objek yang diobservasi. Selain itu, di dalam deskripsi manfaat Anda juga bisa memberikan beberapa hal tentang kesimpulannya.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan

1. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Pisang

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Pisang

Pernyataan Umum

Pisang merupakan nama umum yang diberikan untuk tumbuhan terna berukuran besar dengan daun memanjang dan besar. Tanaman ini tergolong dalam kelompok tumbuhan monokotil atau berbiji tunggal.

Pisang dapat dipanen kapan saja, karena pertumbuhannya yang sesuai dengan segala jenis musim. Buah pisang dapat langsung dimakan atau dimasak terlebih dahulu. Nutrisi yang ada dalam pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Deskripsi Bagian

Pisang adalah buah yang sangat bergizi yang merupakan sumber mineral, vitamin, dan juga karbohidrat. Pisang dapat dijadikan slae pisang, buah meja, pure pisang, dan tepung pisang. Kulit pisang dapat dimanfaatkan untuk membuat cuka melalui proses fermentasi alkohol dan asam cuka. Sedangkan daun pisang dipakai sebagai pembungkus berbagai macam makanan tradisional di Indonesia.

Berikut adalah kandungan gizi yang terkanddung dalam setiap 100 gram pisang.

  • Energi: 128 kalori
  • Air: 67,8 gram
  • Lemak: 0,5 gram
  • Protein: 0,8 gram
  • Karbohidrat: 30,2 gram
  • Serat: 8,1 gram
  • Kalsium: 12 miligram
  • Natrium: 3 miligram
  • Kalium: 382,0 miligram
  • Fosfor: 28 miligram

Pisang juga mengandung berbagai mineral seperti vitamin B kompleks, beta karoten, vitamin C, dan niasin.

Deskripsi Manfaat

Pisang matang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa-sisa tubuh dari proses metabolisme. Salah satu manfaat buah pisang bagi pencernaan ialah membantu meredakan masalah pencernaan, seperti sembelit. Selain itu, makan pisang akan meringankan kerja ginjal dalam membersihkan darah.

Dilansir dari laman Live Science, pisang mengandung vitamin B6-nya, sehingga mampu meredakan peradangan, membantu perununan berat badan, menurunkan risiko diabetes tipe 2, mendukung dan menguatkan sistem saraf, serta menunjang produksi sel darah putih.

Pisang juga mempunyai antioksidan tinggi yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Molekul raddikal bebas tersebut bisa terbentuk dari polusi udara, sinar matahari, produk kimia yang Anda pakai, dan proses metabolisme di dalam tubuh.

2. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Mangga

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Mangga

Pernyataan Umum

Mangga merupakan tanaman buah tahunan yang berasal dari India. Tanaman ini kemudian menyebar ke wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia dan Malaysia. Jenis mangga yang banyak ditanam di Indonesia yaitu, mangga Golek, Arumanis, Manalagi, Gedong, dan Cengkir.

Deskripsi Bagian

Mangga tergolong kelompok buah "batu" berdaging dan bentuk, warna, ukuran dan citarasa (arema-rasa-tekstur) beraneka. Mangga merupakan salah satu jenis buah-buahan yang berkeping dua, dengan batang lurus, besar, kuat dan akar-akar yang jauh masuk ke dalam tanah.

Susunan buah mangga dapat dibagi dalam tiga bagian yaitu, kulit, daging, dan biji. Komposisi buah mangga terdiri dari kulit buah dengan bobot berkisar antara 11-18%, daging buah sekitar 60-75%, dan biji 14-22% dari berat buah.

Tanaman mangga berbuah sekitar bulan Agustus sampai Oktober atau pada musim kemarau. Pada musim tersebut sangat baik pengaruhnya terhadap proses pembentukan, pembesaran, dan pemasakan buah di pohon. 

Daging buah mangga yang berwarna merah orange banyak mengandung vitamin A yang dibutuhkan tubuh. Selain vitamin A, mangga juga mengandung vitamin C berkisar 6-30 mb/100g buah. Dilansir dari hallosehat.com, berikut adalah kandungan nutrisi dalam buah mangga per 100 gramnya:

  • 12 miligram vitamin C,
  • 35 persen vitamin A,
  • 86,6 gram air,
  • 0,7 gram protein,
  • 0,5 gram lemak,
  • 12,3 gram karbohidrat,
  • 20 persen folat, serta
  • 8 persen vitamin K dan kalium.

Mangga juga memiliki kandungan tembaga (cooper), zat besi, kalsium, dan antioksidan seperti betakaroten dan zeaxanthin.

Deskripsi Manfaat

Kombinasi dari vitamin A dan C pada mangga diperlukan untuk tubuh menghasilkan kolagen. Kolagen berfungsi menjaga elastisitas kulit untuk mencegah kulit kendur dan keriput sebelum waktunya.

Zeaxanthin dan Lutein merupakan dua antioksidan yang paling banyak ditemukan dalam buah mangga. Keduanya dilaporkan dapat membantu melindungi fungsi lensa dan retina mata.

3. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Pepaya

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Pepaya

Pernyataan Umum

Pepaya (Carica papaya L.) merupakan tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini telah menyebar di seluruh kawasan tropis. 

Pepaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda "papaja", yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak "papaya". Dalam bahasa sunda pepaya dinama "gedang" dan dalam bahasa jawa "kates".

Deskripsi Bagian

Pepaya merupakan tanaman berbatang tunggal dan tumbuh tegas. Batang tidak berkayu, selindris, berongga, berwarna putih kehijauan. Tinggi tanaman ini berkisar 5-10 meter dengan perakaran yang kuat. Daun pepaya berwarna hijau, helaian daun menyerupai telapak tangan manusia.

Bunga pepaya berwarna putih dan berbentuk seperti lilin. Berdasarkan keberadaan bunganya, pepaya termasuk ke dalam monodioecious yaitu berumah tunggal.

Seperti dilansir dari alodokter.com, buah pepaya mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti:

  • Vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K
  • Serat
  • Kalsium
  • Potasium
  • Folat
  • Magnesium

Selain diatas, pepaya juga mengandung beragam antioksidan seperti likopen.

Deskripsi Manfaat

Buah pepaya mengandung banyak vitamin A yang sangat baik untuk mata. Selain itu, kandungan vitamin A dalam buah pepaya dapat juga menurunkan risiko terjadinya gangguan penglihatan yang berkaitan dengan pertambahan usia. 

Manfaat selanjutnya yang dapat Anda rasakan adalah melancarkan pencernaan. Pepaya mengandung tinggi serat dan enzim papain yang membuat protein lebih mudah untuk dicerna.

4. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kumis Kucing

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kumis Kucing

Pernyataan Umum

Kumis kucing adalah tanaman obat berupa tumbuhan berbatang basah yang tegas. Tanaman ini dikenal dengan berbagai bahasa istilah seperti giri-giri marah (Sumatera), kidney tea plants/java tea (Inggris), songot koceng (Madura), dan remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur). Tanaman kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis kemudian menyebar ke wilayah Australia dan Asia.

Deskripsi Bagian

Kumis kucing termasuk ke dalam terna tegak, pada bagian bawar berakar di bagian buku-bukunya. Helai daun berbentuk bundar atau lonjong, lanset, bundar telur atau belah ketupat yang dimulai dari pangkalnya, ukuran daun panjang 1–10 cm dan lebarnya 7.5mm–1.5 cm.

Ciri khas tanaman ini berada pada bagian kelopak bunga berkelenjar, urat dan pangkal berbulu pendek dan jarang, sedangkan di bagian yang paling atas gundul.

Benang sari ukurannya lebih panjang dari tabung bunga dan melebihi bibir bunga bagian atas. Buah geluk berwarna coklat gelap, panjang 1.75–2mm. 2.3. gagang berbulu pendek dan jarang, panjang 1 mm sampai 6 mm.

Deskripsi Manfaat

Kumis kucing bermanfaat sebagai obat asam urat alami yang berasal dari kandungan fenolik dan flavonoid yang tinggi didalamnya. Senyawa aktif tersebut memiliki sifat antiradang yang mampu menghambat pembentukan asam urat dan meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urine.

Selain itu, kumis kucing juga dipercaya dapat meningkatkan fungsi ginjal yang menurun, dan memperbaiki kerusakan ginjal, terutama diakibatkan oleh asam urat tinggi.

5. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kurma

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kurma

Pernyataan Umum

Kurma adalah salah satu buah yang banyak dibudidayakan di Timur Tengah. Selain memiliki rasa yang manis, kurma juga memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh. Buah ini  sering dipanen pada musim gugur atau awal musim di negara asalnya. Secara umum, kandungan utama  dari buah ini adalah karbohidrat sederhana (70%), terutama gula, seperti fruktosa ddan sukrosa.

Deskripsi Bagian

Kurma juga mengandung beberapa sumber zat gizi lainnya, seperti :

  • 2 gram protein,
  • 7 gram serat,
  • 20% kebutuhan kalium harian,
  • 18% kebutuhan tembaga,
  • 14% kebutuhan magnesium harian,
  • 15% kebutuhan mangan,
  • 12% kebutuhan vitamin B6 harian,
  • 5% kebutuhan zat besi harian.

Selain itu, kurma juga kaya akan asupan zat besi, kalsium, vitamin K, folat, serta antioksidan seperti fenolik, karoten, avanoid, dan anthocyanin.

Deskripsi Manfaat

Kurma mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Kalsium dan magnesium, misalnya. Keduanya bisa membantu menurunkan tekanan darah ke tingkat yang lebih sehat. Makanan yang disukai nabi ini juga bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Buah ini juga mengandung antioksidan asam fenolik yang terkenal karena sifat antiradangnya. Asam fenolik dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung, hipertensi, dan stroke.

Menurut penelitian dari Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research mengatakan bahwa kurma mengandung zat tanin yang bermanfaat untuk melancarkan kontraksi tanpa rasa sakit. 

Beberapa pakar menyarankan agar ibu hamil tua makan buah ini untuk mendapatkan asupan energi tambahan. Kurma yang mengandung gula alami dan kalori tinggi ini dapat meningkatkan energi ketika proses bersalin yang menguras tenaga.

6. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Padi

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Padi

Pernyataan Umum

Padi adalah tanaman penghasil beras yang merupakan sumber karbohidrat bagi sebagian penduduk dunia. Bagi orang Indonesia, hampir 95% mengonsumsi beras sebagai bahan pangan pokok, sehingga setiap tahunnya permintaan akan kebutuhan beras semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk.

Deskripsi Bagian

Tanaman padi umumnya merupakan tanaman semusim dengan empat fase pertumbuhan, yaitu fase vegetatif cepat, vegetatif lambat, reproduktif dan pemasakan. Secara garis besar, padi terbagi ke dalam dua bagian yaitu bagian generatif dan bagian vegetatif, dimana bagian generatif terdiri dari bulir-bulir, daun, dan bunga, dan bagian vegetatif terdiri dari akar, batang dan daun.

Tanaman padi memerlukan unsur air, hara dan energi. Unsur hara adalah unsur pelengkap dari komposisi hormon, asam nukleat dan enzim yang berfungsi sebagai katalis dalam merombak fotosintesis menjadi senyawa yang lebih sederhana. Air diperoleh tanaman padi dari dalam tanah dan energi didapatkan dari hasil fotosintesis dengan bantuan cahaya matahari.

Tumbuhan padi termasuk dalam golongan tumbuhan Gramineae yang ditandai dengan batang tersusun dari beberapa ruas. Ruas-ruas tersebut merupakan bubung kosong. Pada kedua ujung bubung kosong tersebut bubungnya ditutup oleh buku. Panjang ruas tidak sama. Ruas  yang paling pendek terdapat pangkal batang. Ruas kedua, ruas ketiga, dan seterusnya adalah lebih panjang dari pada ruas yang didahuluinya.

Deskripsi Manfaat

Manfaat padi bagi kehidupan manusia adalah sebagai sumber energi. Padi yang diolah menjadi nasi adalah salah satu makanan yang dikonsumsi oleh banyak orang, termasuk di Indonesia.

Padi memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Kandungan karbohidratnya bahkan mencapai 79g dalam per gram beras. Untuk itu, mengkonsumsi makanan yang berasal dari padi sangat penting untuk memperoleh energi.

7. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Buah Naga

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Buah Naga

Pernyataan Umum

Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari genus Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Vietnam, Taiwan, Filipina, Malaysia, dan Indonesia. Buah ini juga dapat ditemui di Israel, Tiongkok selatan, dan Australia utara.

Deskripsi Bagian

Tanaman buah naga terdiri dari batang, akar, duri, buah, dan bunga. Akar buah naga hanyalah akar serabut yang berkembang dalam tanah pada batang atas sebagai akar gantung. Akar tumbuh di sepanjang batang pada bagian punggung sirip di sudut batang. Pada bagian duri, akan tumbuh bunga yang bentuknya mirip bunga Wijayakusuma.

Buah naga bentuknya bulat agak lonjong seukuran dengan buah alpukat. Kulit buahnya berwarna merah menyala untuk jenis buah naga putih dan merah, berwarna merah gelap untuk buah naga hitam, dan berwarna kuning untuk buah naga kuning. Di sekujur kulit dipenuhi dengan jumbai-jumbai yang dianalogikan dengan sisik naga. Oleh sebab itu, buah ini disebut buah naga.

Seperti dilansir dari alodokter.com, dalam 1 buah naga merah dengan berat sekitar 300 gram, terkandung 213 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

  • 42 miligram fosfor
  • 1,2 miligram zat besi
  • 384 miligram kalium
  • 3 miligram vitamin C
  • 10 gram serat
  • 5 gram protein
  • 39 miligram kalsium

Buah naga merah juga mengandung mineral dan vitamin penting, serta senyawa alami lainnya yang berperan sebagai antioksidan, seperti betalain, likopen, polifenol, dan karoten.

Deskripsi Manfaat

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada buah naga dapat mengurangi noda hitam dan garis lurus yang sering dikaitkan dengan penuaan dini. Vitamin C dan antioksidan akan memperbaiki sel tubuh yang rusak, termasuk sel kulit mati, sehingga membuat kamu tampak awet muda.

Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 dan omega-9 dalam biji buah naga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Kandungan likopen, kalium, dan karoten dalam buah naga berperan dalam menurunkan risiko terjadinya penyakit stroke dan jantung.

8. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kelapa

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kelapa

Pernyataan Umum

Pohon kelapa atau disebut juga pohon nyiur adalah tumbuhan palem berbatang tinggi, yang bisa mencapai 3 meter. Buahnya tertutup sabut dan memiliki tempurung keras, didalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air.

Kelapa merupakan sebutan dari nama buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Kelapa menjadi tumbuhan serba guna karena semua bagiannya dapat dimanfaatnya oleh manusia, karena memiliki banyak manfaat maka tunas kelapa dijadikan lambang pramuka di Indonesia.

Deskripsi Bagian

Pohon kelapa banyak tumbuh di tepi pantai. Tumbuhan ini terdiri dari beberapa bagian diantaranya batang, pelepah, buah kelapa, dan akar. Ciri-ciri tumbuhan kelapa batangnya ramping tegak dan tidak bercabang, daun berpelepah dengan sirip-sirip lidi yang menopang daun, dam akar berserabut kuat.

Bagian buah kelapa terdiri atas kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging, daging buah, lembaga, dan air kelapa. Bagian buah inilah yang bisa dikonsumsi.

Tumbuhan kelapa bisa mencapai umur 100 tahun dengan usia produktif 30 tahun. Selama itu pula pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Semua bagian tanaman kelapa dapat dimanfaatkan bagi kehidupan manusia, karenanya pohon kelapa disebut pula Pokok Serba Guna.

Deskripsi Manfaat

Menurut penelitian yang ada, kelapa memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyait TBC, wasir, luka bernanah, kolera, dan disentri. Selain itu, buah kelapa juga dapat mengobati keracunan ringan, karena buah ini bisa menetralkan racun didalam tubuh dan dapat dijadikan sebagai minuman dan makanan.

Buah kelapa juga mengandung banyak gizi atau nutrisi. Sehingga tak heran mengkonsumsi buah kelapa dapat memberikan banyak manfaat. Banyaknya kandungan nutrisi dalam buah kelapa mampu meningkatkan matabolisme, menjaga kesehatan tulang, dan melindungi sel-sel dari radikal bebas.

9. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lidah Buaya

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lidah Buaya

Pernyataan Umum

Lidah buaya merupakan spesies tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genus Aloe. Lidah buaya bersifat menahun yang berasal dari Jazirah Arab, dan menyebar ke kawasan beriklim tropis, semi-tropis, dan kering di berbagai belahan dunia.

Deskripsi Bagian

Lidah buaya mengandung antioksidan, natrium, kalsium, magnesium, folat, glukosa, vitamin A, B, C, dan E. Di dalam tumbuhan ini juga mengandung asam amino esensial.

Tanaman ini memiliki tiga lapisan yang mana lapisan pertama fungsinya sebagai pelindung dan juga tempat sintesis dari karbohidrat dan protein.

Lapisan kedua disebut lateks merupakan lapisan getah kuning yang pahit. Pada lapisan ini banyak mengandung antrakuinon dan glikosida yang sifatnya antioksidan bagi tubuh. 

Sedangkan lapisan ketiga di isi oleh gel jernih yang menganddung 99% air. Selain air, ternyata juga mengandung asam amino, lipid, glukomanan, vitamin, dan sterol.

Deskripsi Manfaat

Tumbuhan ini memiliki kandungan zat inflamasi serta antimikroba yang bermanfaat dalam merawat kulit yang bermasalah, seperti jerawat, menenangkan kulit yang terkena luka bakar, dan iritasi karena sinar matahari.

Lidah buaya juga mengandung anti oksidan yang sangat kuat, yakni polifenol. Zat tersebut dapat membantu menghambat dan menghentikan perkembangbiakan bakteri yang ada pada tubuh manusia.

10. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Jahe

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Jahe

Pernyataan Umum

Jahe merupakan tumbuhan yang rimpangnya sering digunakan sebagai rempah-rempah dan bahan baku dari pengobatan tradisional.

Deskripsi Bagian

Akar tanaman jahe berbentuk serabut dengan warna putih kotor. Rimpang jahe tumbuh bercabang-cabang dengan bentuk tebal dan sedikit melebar serta memiliki daging yang berserat agar kasar, berwarna kuning hingga kemerahan dengan aroma khas dan rasa pedas. Rimpang sendiri merupakan bagian utama yang dimanfaatkan dari tanaman jahe.

Batang tanaman jahe merupakan batang semu, bentuknya bulat pipih dan tidak bercabang. Daun tanaman jahe terdiri atas helaian dan pelepah, bentuknya menyirip, bagian atasnya berbulu putih, dan tangkai daun berbulus halus.

Seperti dilansir dari sehatq.com, berikut adalah beberapa kandungan nutrisi yang terkandung dalam satu sendok jahe merah segar.

  • Protein: 0,11 gram
  • Lemak: 0,05 gram
  • Gula: 0,1 gram
  • Kalori: 4,8
  • Karbohidrat: 1,07 gram
  • Serat: 0,12 gram

Kandungan dalam jahe juga meliputi mineral dan vitamin, seperti kalium, zat besi, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, fosfor, magnesium, folat, zinc, hingga vitamin B2.

Deskripsi Manfaat

Jahe sangat bermanfaat untuk menangkal infeksi bakteri dan virus tertentu. Ini berkat kandungan gingerol yang mampu menghambar infeksi bakteri, seperti E.coli, shigella, dan sebagainya.

Jage juga terbukti bisa menangkal infeksi virus RSV yang menyerang saluran pernapasan. Sebuah penelitian menunjukan bahwa jahe berpotensi mencegah infeksi bakteri yang resisten terhadap obat. Selain itu, jahe memiliki antioksidan yang dapat mencegah kerusakan DNA tubuh, stres, flu dan pilek.

Baca Juga: 12 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Hewan

Itulah beberapa contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anak,5,bisnis,1,buku,1,contoh,1,contoh teks,9,cpns2021,3,guru,10,info,13,kalender pendidikan,151,kerja sampingan,5,modul ajar,5,modul p5,20,pekerjaan,12,pendidikan,7,ppt,64,pts,16,rpp,22,rpp sekolah,4,rpph,17,soal,6,soal asesmen,3,soal cpns,14,soal pat,15,soal us,20,surat,10,template,5,template ppt,10,tips,2,
ltr
item
Kemendikbudnews.com: 10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Tumbuhan
10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Tumbuhan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQ75wnT2Y0X_2YHjzd32K1a1yAZHPO0-3aujoFrXyx-JlPr7KEbg0iijyTLCQdG-vmc5hcMkwrX-HAd7Dgp2RucuTrzJDhwfTNO6MIUFF8su2oM0cTAntXmOg8YdWc0lAnYjK5chKWr1gF5kaEPcf37QzY74TvffkPeVX7SwftHP1b6UbiVKGHpqfe/w640-h426/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQ75wnT2Y0X_2YHjzd32K1a1yAZHPO0-3aujoFrXyx-JlPr7KEbg0iijyTLCQdG-vmc5hcMkwrX-HAd7Dgp2RucuTrzJDhwfTNO6MIUFF8su2oM0cTAntXmOg8YdWc0lAnYjK5chKWr1gF5kaEPcf37QzY74TvffkPeVX7SwftHP1b6UbiVKGHpqfe/s72-w640-c-h426/1.jpg
Kemendikbudnews.com
https://www.kemendikbudnews.com/2023/04/laporan-hasil-observasi-tumbuhan.html
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/2023/04/laporan-hasil-observasi-tumbuhan.html
true
2087298264267847923
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content