12 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Hewan

Daftar Isi [Tampilkan]

Teks Laporan Hasil Observasi Hewan - Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi laporan sebuah penelitian yang dijelaskan secara terperinci dengan menggunakan kriteria tertentu. Penyusunan teks laporan hasil observasi harus dibuat dengan struktur yang jelas agar mudah dipahami dengan baik, karena isi teks ini pada dasarnya berisi berbagai informasi yang sangat bermanfaat.

Menurut Kosasih, Teks hasil observasi adalah teks yang menyajikan informasi hasil analisis yang telah tersistematis berdasarkan sudut pandang keilmuan. Sedangkan menurut Nawai dan Martini, Teks hasil observasi adalah tulisan yang berisi tentang hasil pengamatan dan pencatatan yang ditulis secara urut.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Tujuan dari penulis teks laporan hasil observasi adalah untuk menemukan metode baru, bisa membantu pengambilan keputusan, menemukan solusi baru dari sebuah permasalahan, mengetahui dan mengawasi apakah ada perkembangan pada masalah yang dihadapi.

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

  • Sebagai kegiatan pengamatan
  • Sebagai dokumentasi
  • Sebagai ilmu pengetahuan
  • Sebagai bahan penelitian
  • Sebagai sumber yang dapat dipercaya

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

  1. Ditulis berdasarkan fakta sesuai pengamatan yang dilakukan
  2. Tidak adanya bagian penutup dari penulis
  3. Tidak mengandung dugaan yang menyimpang
  4. Ditulis secara lengkap

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Pernyataan Umum

Pernyataan umum merupakan pembuka dari teks hasil observasi. Dibagian pernyataan umum umumnya berisi latar belakang atau asal usul dan juga penjelasan secara umum tentang objek yang akan diobservasi.

Deskripsi Bagian

Deskripsi bagian berisi rincian, isi, pembahasan, dan penjelasan lebih detail mengenai objek yang akan diobservasi.

Deskripsi Manfaat / Kesimpulan

Dibagian manfaat nantinya Anda akan menjabarkan beberapa hal atau manfaat dari objek yang diobservasi. Selain itu, di dalam deskripsi manfaat Anda juga bisa memberikan beberapa hal tentang kesimpulannya.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan

1. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kucing

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kucing

Pernyataan Umum

Kucing merupakan jenis hewan mamalia yang lucu dan banyak dipelihara oleh manusia. Makanan dari kucing adalah daging sehingga termasuk dalam jenis hewan karnivora. Secara general kucing terbagi menjadi dua jenis, yaitu kucing besar dan kucing domestik.

Kucing domestik adalah kucing yang sudah hidup berdampingan dengan manusia seperti kucing rumahan dan kucing kampung. Sementara kucing besar adalah kucing yang masih buas seperti singa, harimau, panther, macan, dan cheetah.

Deskripsi Bagian

Kucing domestik memiliki panjang tubuh sekitar 60cm. Sementara tinggi badannya mencapai 45cm. Berat badan kucing domestik dapat mencapai 16kg. Kucing sendiri memiliki taring dan cakar tajam untuk melakukan perburuan dan bertahan hidup.

Kucing adalah makhluk soliter yang artinya hidup menyendiri. Umumnya satu kucing tinggal di satu wilayah tertentu yang menjadi kekuasaannya. Apabila ada kucing lain yang masuk ke dalam wilayahnya, maka perkelahian akan terjadi. Kucing dapat menyerang lawannya dengan melancarkan cakaran, tamparan, dan gigitan.

Kesimpulan

Ada beberapa manfaat apabila kita memelihara kucing, salah satunya dapat menjadi teman hidup manusia dan pereda stress karena tingkah lakunya yang menggemaskan. Selain itu, kucing juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus.

2. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Ayam

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Ayam

Pernyataan Umum

Ayam kampung adalah sebutan di Indonesia untuk ayam peliharaan yang tidak berasal-usul dari galur atau ras yang dihasilkan untuk kepentingan komersial. Ayam kampung tidak memiliki istilah ayam kampung petelur ataupun pedaging. Hal ini disebabkan ayam kampung bertelur sebagaimana halnya bangsa unggas dan mempunyai daging selayaknya hewan pada umumnya. Namun, sekarang sudah banyak yang membudidayakan ayam kampung untuk tujuan komersial.

Deskripsi Bagian

Nama istilah untuk ayam kampung adalah Gallus domesticus. Aktivitas peternakan ayam kampung sudah ada sejak zaman dahulu. Seiring perkembangan zaman, kini peternakan ayam kampung telah banyak memiliki perubahan. Sudah banyak ayam kampung yang dikembangkan agar memiliki produktivitas yang lebih baik.

Istilah ayam kampung semula adalah kebalikan dari istilah ayam ras, dan sebutan ini mengacu pada ayam yang ditemukan berkeliaran bebas diperumahan. Namun, semenjak dilakukan program pengembangan, pemurnian, dan pemeliharaan beberapa ayam lokal unggul, saat ini dikenal pula beberapa ras unggul ayam kampung.

Untuk membedakannya kini dikenal istilah ayam buras bagi ayam kampung yang telah diseleksi dan dipelihara dengan perbaikan teknik budidaya (tidak sekadar diumbah dan dibiarkan mencari makan sendiri). Peternakan ayam buras memiliki peranan yang besar dalam mendukung ekonomi masyarakat pedesaan karena memiliki daya adaptasi yang tinggi sehingga lingkungan dan pemeliharaannya relatif lebih mudah.

Kesimpulan

Ayam kampung disukai banyak orang karena dagingnya yang kenyal, tidak lembek dan tidak berlemak. Selain itu, daging ayam kampung memiliki keunggulan dibandingkan daging ayam broiler, karena mengandung nutrisi yang lebih tinggi. Ayam kampung dipelihara oleh masyarakat karena sebagai sumber protein hewani baik berupa daging maupun telur, di samping kotorannya dapat dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman maupun pakan ikan.

3. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kelinci

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kelinci

Pernyataan Umum

Kelinci tergolong hewan mamalia dari family Leporidae. Kelinci dapat ditemui dengan mudah di berbagai belahan bumi. Dahulu kelinci adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Sampai sekarang, secara umum kelinci dibagi menjadi dua klasifikasi yaitu, kelinci bebas dan kelinci peliharaan.

Deskripsi Bagian

Dilihat dari jenis bulu, kelinci dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu, berbulu panjang dan berbulu pendek. Menurut rasnya, kelinci terbagi menjadi beberapa jenis lagi, di antaranya Lyon, Angora, American Chinchilla, English Spot, Himalayan, dan Dutch. Dan hasil dari observasi kami kelinci jenis Lyon adalah hasil persilangan luar antara Angora dan jenis kelinci yang lainnya.

Kelinci selalu diidentikkan dengan wortel sebagai pakannya, tetapi observasi kami membuktikan bahwa kelinci dapat diberi pakan sayur-sayuran hijau, umbi-umbian, biji-bijian, dan pelet juga lahap dimakan kelinci.

Kesimpulan

Penelitian membuktikan bahwa daging kelinci dapat digunakan sebagai obat yang mampu menyembuhkan penyakit asma.

4. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kambing

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kambing

Pernyataan Umum

Kambing adalah hewan memamah biah yang berukuran sedang. Umumnya kambing memiliki jenggot, ekor lebih kurang ke atas, dahi cembung, dan kebanyakan berbulu lurus dan kasar. Di alam aslinya, kambing hidup berkelompok 5 sampai 20 ekor. Dalam pengembaraannya mencari makanan, kelompok kambing ini dipimpin oleh kambing betina yang sangat tua, sementara kambing-kambing jantan bertugas menjaga keamanan kawanan.

Deskripsi Bagian

Panjang tubuh kambing liar tidak termasuk ekor adalah 1,3 - 1,4 meter, sedangkan ekornya 12 - 15 sentimeter. Untuk bobot betina 50 - 55 kilogram, sedangkan untuk jantan mampu mencapai 120 kilogram.

Waktu aktif mencari makanannya adalah siang maupun malam hari. Makanan utamanya merupakan rumput-rumputan dan dedaunan.

Kambing berkembang biak dengan cara melahirkan. Kambing mampu melahirkan dua sampai tiga ekor anak, setelah bunting selama kurun waktu 150 - 154 hari. Kambing merupakan hewan kurban bagi hari raya Idul Adha dalam kebudayaan muslim.

Kambing termasuk jenis hewan ruminansia yang memiliki perut empat bagian yang terdiri dari retikulum, rumen, abomasum, dan omasum. Seperti halnya mamalia ruminan lainnya, kambing merupakan hewan berjari genap. Kambing betina memiliki payudara berputing dua, sedangkan sapi berputing empat.

Pupil kambing berbentuk sepet dan mendatar. Karena iris kambing umumnya berwarna pucat, maka pupilnya lebih menonjol dibanding pupil hewan lain seperti rusa dan sapi.

Kesimpulan

Salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan dari kambing adalah dagingnya. Dalam 100 gram daging kambing, setidaknya terdapat 27 gram protein, 150 kalori, dan 15 gram lemak. Selain itu, daging kambing juga mengandung kalium, zat besi, vitamin B12, selenium, magnesium, ddan omega-3.

Dalam 100 gram daging kambing, terdapat sekitar 3,5 - 4 miligram zat besi. Mineral tersebut berperan untuk menghasilkan hemoglobin dan sel darah merah, sehingga mencegah dan membantu mengobati anemia.

5. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Sapi

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Sapi

Pernyataan Umum

Sapi adalah hewan ternak anggota famili Bovidae dan subfamili Bovinae. Sapi dipelihara terutama untuk dimanfaatkan susu dan dagingnya sebagai makanan manusia. Selain dagingnya, kulit, tanduk, jeroan, dan kotorannya juga dimanfaatkan untuk keperluan manusia.

Deskripsi Bagian

Sapi merupakan mamalia berkaki empat dengan tapak belah. Umumnya sapi memiliki tanduk. Walaupun demikian, seleksi geneik telah membuat sapi tanpa tanduk tersebar dimana-mana.

Sapi termasuk ke dalam hewan ruminansia, sapi memakan dan mencerna tumbuhan melalui fermentasi dalam sistem pencernaannya. Sapi memiliki satu lambung yang terdiri dari empat ruang, yaitu retikulum, rumen, obamasum, dan omasum.

Ketika sapi makan, makanan dari mulut langsung ditelan tanpa dikunyah dengan baik dan disimpan dalam rumen sampai hewan tersebut menemukan tempat tenang untuk melanjutkan proses pencernaan.

Seperti dilansir dari hallosehat.com, berikut adalah kandungan zat gizi per 100 gram daging sapi segar dengan lemak sedang.

  • Abu: 1,2 g
  • Kalsium: 11 mg
  • Fosfor: 170 mg
  • Besi: 2,8 mg
  • Air: 66,0 g
  • Energi: 201 kal
  • Protein: 18,8 g
  • Lemak: 14,0 g
  • Beta-karoten: 198 mkg
  • Thiamin (Vit. B1): 0,08 mg
  • Riboflavin: 0,56 mg
  • Niasin: 1,3 mg
  • Natrium: 105 mg
  • Kalium: 378 mg
  • Tembaga: 4,58 mg
  • Seng: 5,2 mg
  • Retinol (Vit. A): 9 mkg

Kesimpulan

Daging sapi adalah sumber protein berkualitas tinggi yang kaya akan mineral dan vitamin. Untuk itu, daging sapi menjadi salah satu makanan yang baik dalam pola makan sehat.

6. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Mamalia Bajing

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Mamalia Bajing

Pernyataan Umum

Bajing merupakan salah satu jenis hewan mamalia atau hewan menyusui. Hewan ini memiliki ciri umum hewan mamalia berupa tubuh diliputi rambut dan berkembang biak dengan cara melahirkan. Bajing merupakan hewan arboreal atau menghabiskan sebagian besar waktunya hidup di atas pohon. Hewan ini bersifat omnivora atau memakan berbagai makanan yang bersumber dari tumbuhan maupun sesama hewan.

Deskripsi Bagian

Bajing merupakan hewan mamalia pengerat yang memiliki ciri berupa dua pasang gigi seri yang tumbuh besar dan kuat. Bajing memiliki rambut yang berwarna kecokelatan dan berfungsi sebagai kamuflase untuk menyamarkan diri dengan batang pohon dan daun kering yang umumnya berwarna sama.

Bajing memiliki 2 pasang kaki yang dilengkapi kuku untuk memanjat. Ekor bajing diliputi rambut tebal dan cukup panjang sebagai alat keseimbangan ketika memanjang atau saat meloncat dari satu pohon ke pohon lain.

Bajing memiliki sepasang mata yang menghadap ke depan dan sepasang telinga yang cukup besar. Bajing menggunakan indra penglihatan dan pendengaran untuk mendeteksi pemangsa atau ancaman. 

Bajing membuat sarang untuk berbentuk bola dari ranting sebagai tempat tinggal dan membesarkan anak yang bisa mencapai empat ekor pada setiap masa kelahiran.

Kesimpulan

Bajing merupakan mamalia keluarga pengerat yang hidup di atas pohon. Bajing berbeda dengan Tupai yang bukan termasuk keluarga hewan pengerat.

7. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Bunglon

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Bunglon

Pernyataan Umum

Bunglon atau calotes memiliki nama ilmiah Bronchocela Jubata. Penyebutan bunglon digunakan untuk menyebut berbagai macam kadal dari suku iguana, seperti Iguanidae, Gamidae, dan chamaeleonidae. Bunglon juga memiliki beraneka ragam jenisnya, dengan penampilan dan habitat yang berbeda-beda.

Deskripsi Bagian

Bunglon lebih suka hidup menyendiri. Biasanya ia akan mudah ditemui pada semak-semak dan juga pohon-pohon peneduh yang berada di kebun atau pekarangan. Bahkan ada beberapa jenis mereka yang hidup di gurun pasir.

Bunglon termasuk jenis hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur, namun ada beberapa jenis bunglon yang bereproduksi dengan cara melahirkan dan bertelur. Siklus hidup bunglon ovipar diawal dengan bertelur setelah 3-6 minggu kawin.

Dari berbagai jenis bunglon yang ada di dunia. Bunglon memiliki ciri-ciri dan persamaan fisik serta sifat yang sama.

Bunglon memiliki kepala dengan bentuk bersudut, dengan tekstur kulit yang kasar. Kelopak mata dari bunglon memiliki ukuran yang cukup besar. Ciri yang membuatnya dikenali adalah memiliki kemampuan mengubah warna kulit sesuai dengan lingkungan yang ia tempati.

Hewan yang memiliki kebiasaan merubah warna ini mengonsumsi serangga dan menggunakan lidahnya yang memiliki liur superlengket sebagai cara menangkap sumber makanan.

Kesimpulan

Manfaat dari adanya bunglon adalah sebagai hewan peliharaan dan sebagai inspirasi dalam pembuatan implant kosmetik di dunia kedokteran. Bagi lingkungan hidup, bunglon termasuk ke dalam hewan karnivora pemakan serangga dalam rantai makanan.

8. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kuda

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kuda

Pernyataan Umum

Kuda merupakan mamalia yang sangat membantu pekerjaan manusia. Kuda banyak dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari mulai dari moda transportasi yang disebut delman, mengangkat barang, berolahraga, dan masih banyak lagi.

Deskripsi Bagian

Kuda merupakan spesies mamalia dari genus Equss. Kuda memiliki tubuh tegap, ekor, dan berkaki empat. Kuda termasuk ke dalam hewan herbivor dan berkembang biak dengan cara melahirkan.

Kuda memiliki nama ilmiah Equus caballus atau Equus ferus caballus yang merupakan hewan yang kuat berlari tanpa lelah. 

Kuda memiliki sistem pernapasan nasal yang berarti hanya bisa bernapas melalui hidung. Kuda tidak bisa bernapas melalui mulut karena terdapat struktur berupa langit-langit lunak yang memisahkan bagian atas jalan napas antara mulut dan hidung kuda.

Kesimpulan

Selain memiliki badan yang tangguh, kuda juga memiliki badan yang kuat sehingga mampu menahan beban yang cukup berat. Sejak zaman dahulu sampai sekarang kudah masih digunakan untuk tunggangan dan membantu kehidupan manusia.

Selain menjadi hewan ternak, kuda juga dimanfaatkan sebagai penyalur hobi yaitu pacuan kuda. Kuda sering digunakan dalam olahraga mulai dari zaman dahulu hingga sekarang.

9. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Unta

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Unta

Pernyataan Umum

Unta adalah dua spesies binatang berkuku genap dari genus Camelus yang hidup di wilayah kering dan gurun di Asia dan Afrika Utara. Rata-rata umur dari unta adalah 30 sampai 50 tahun.

Deskripsi Bagian

Unta hidup di padang pasir yang mempunyai range temperatur udara yang dapat membunuh mayoritas makhluk hidup. Selain itu, unta bisa tidak makan dan minum selama beberapa hari.

Banyak orang beranggapan bahwa punuknya menyimpan cairan, tapi sebenarnya tidak. Punuk unta menyimpan lemah khusus, yang pada suatu kala bisa diubah menjadi cairan dengan bantuan oksigen hasil respirasi. Satu gram lemak yang ada pada punuk unta bisa diubah menjadi satu gram cairan.

Tubuh unta dapat bertahan sampai suhu 41 derajat celcius. Lebih dari itu, unta mulai berkeringat. Penguapan dari keringat unta terjadi hanya pada kulitnya, bukan pada rambutnya. Dengan cara pendinginan tersebut, untuk dapat menghemat cairan cukup banyak.

Unta dapat kehilangan massa sekitar 20% sampai 25% selama berkeringat. Mayoritas makhluk hidup hanya bisa bertahan sampai kehilangan massa sekitar 3% sampai 4% sebelum terjadi gagal jantung akibat mengentalnya darah.

Kesimpulan

Unta dikembangbiakkan dan dipelihara untuk dimanfaatkan susu, daging, kulit, bulu, dan kotorannya. Meskipun begitu, unta lebih dikenal sebagai alat transportasi manusia. 

10. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Ikan Nila

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Ikan Nila

Pernyataan Umum

Ikan nila adalah jenis ikan konsumi air tawar. Ikan nila memiliki nama ilmiah Oreochromis niloticus merupakan ikan yang dikenal di tahun 1969 dari negara Afrika bagian timur. Ikan nila diketahui juga merupakan kerabat dari ikan mujair atau Oreochromis mossambicus.

Deskripsi Bagian

Ikan nila memiliki tubuh berwarna kehitaman atau keabuan, dengan beberapa pita gelap melintang atau belang yang makin mengabur pada ikan dewasa. 

Ikan nila yang masih kecil belum terlihat perbedaan alat kelaminnya. Setelah berat badannya mencapai 50 gram, bisa diketahui perbedaan antara betina dan jantang. Perbedaan antara ikan jantan dan betina bisa diketahui pada lubang genitalnya dan juga ciri-ciri kelamin sekundernya.

Ikan nila termasuk pemakan segala (omnivora), pemakan  plankton, sampai pemakan aneka tumbuhan. Telur ikan nila berbentuk bulat berwarna kekuningan dengan diamter sekitar 2,8 mm. Sekali memijah, ikan nila betina bisa mengeluarkan telur sebanyak 300-1.500 butir, tergantung pada ukuran tubuhnya.

Seperti dilansir dari alodokter.com, berikut adalah beberapa nutrisi yang terkandug dalam ikan nila.

  • Vitamin A
  • Kalsium
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Zat besi
  • Omega-3
  • Seng
  • Selenium

Kesimpulan

Ikan nila banyak mengandung vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh agar penglihatan berfungsi dengan baik. Vitamin A juga dapat mencegah berbagai penyakit mata, seperti rabun senja dan degenerasi makula.

Kandungan zat besi di dalam ikan nila dinilai mampu mencegah anemia defisiensi besi. Berkat nutrisi tersebut ikan ini dapat menjadi pilihan menu sehat bagi penderita anemia.

11. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Belut

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Belut

Pernyataan Umum

Belut merupakan sekelompok ikan berbentuk mirip ular yang termasuk dalam suku Synbranchidae. Suku ini terdiri dari empat genera dengan total mencapai 20 jenis. Jenis-jenisnya banyak yang belum diperikan secara lengkap sehingga angka-angka tersebut dapat berubah.

Deskripsi Bagian

Ciri khas belut yang paling terlihat adalah tidak bersisik, dapat bernapas di udara, bukaan insang sempir, tidak memiliki kantung renang dan tulang rusuk.

Ukuran tubuh belut bervariasi. Monopterus indicus hanya berukuran sekitar 8,5 cm, sementara belut marmer Synbranchus marmoratus diketahui dapat mencapai 1,5m. Belut yang biasa kita jumpai di sawah dapat mencapai panjang sekitar 1 m. 

Umumnya belut tidak suka berenang dan lebih suka bersembunyi di dalam lumpur. Semua belut merupakan pemangsa. Mangsanya biasanya berupa hewan-hewan kecil di sungai atau rawa, seperti katakm ikan, dan serangga.

Seperti dilansir dari alodokter.com, dalam 100 gram daging belut terdapat sekitar 186 kalori dan beragam nutrisi berikut:

  • 4 miligram vitamin E
  • 500 IU vitamin A
  • 900 IU vitamin D
  • 15 mikrogram folat
  • 6,5 mikrogram selenium
  • 1,5 miligram zinc
  • 18,5 gram protein
  • 11,5–12 gram lemak
  • 270 miligram kalium
  • 20 miligram kalsium

Selain itu, belut juga mengandung nutrisi lain, seperti fosfor, magnesium, kolin, omega-3, dan vitamin B.

Kesimpulan

Kandungan folat, protein, vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan mineral, seperti selenium dan zinc, pada belut memiliki peranan besar dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan rutin memakan belut, daya tahan tubuh akan lebih kuat, sehingga lebih jarang sakit.

12. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Ikan Lele

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Ikan Lele

Pernyataan Umum

Ikan merupakan jenis hewan yang hidup di air dan memiliki alat gerak berupa sirip. Ikan bernafas dengan insang yang memungkinkan mereka mengikat oksigen yang terlarut dalam air untuk digunakan bernafas. Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang umum dikonsumsi. Ikan ini dibudidaya dengan tujuan sebagai sumber pangan karena cepat besar dan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Deskripsi Bagian

Ikan lele memiliki ciri berupa bentuk badan dengan penampang bulat memanjang seperti torpedo. Ikan lele memiliki sungut atau kumis yang berjumlah 8; dua pasang kumis berada di sisi atas mulut dan dua pasang lainnya berada di bawah lubang mulut.

Lele tidak memiliki sisik dan seluruh tubuhnya dilapisi lendir yang licin sebagai perlindungan dan untuk memudahkan bergerak di dalam air atau di sela – sela benda di bawah air.

Lele memiliki organ labirin yang memungkinkan mengikat oksigen langsung dari udara sehingga bisa bertahan hidup di air yang minim oksigen.

Sepasang sirip dada lele mengalami modifikasi berupa tulang sirip yang mengeras dan memiliki ujung tajam. Sirip ini berfungsi untuk pertahanan diri dan memudahkan bergerak ketika berada di luar air atau di lingkungan air sangat dangkal.

Ekor lele berbentuk bulat dan sirip punggung lele berbentuk panjang dari bagian punggung hingga mendekati pangkal ekor. Sirip perut lele berjumlah 1 pasang dan berada di belakang sirip dada. Sedangkan sirip anus berada di belakang sirip perut memanjang hingga pangkal ekor.

Kesimpulan

Ikan lele memiliki wujud yang agak berbeda dari kebanyakan ikan karena tidak memiliki sisik dan memiliki kumis yang panjang. Ikan lele bisa bertahan hidup di air yang minim oksigen karena memiliki organ labirin yang membantu fungsi insang untuk bernafas.

Baca Juga: 10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Tumbuhan

Itulah beberapa contoh teks laporan hasil observasi tentang hewan. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anak,5,bisnis,1,buku,1,contoh,1,contoh teks,9,cpns2021,3,guru,10,info,13,kalender pendidikan,151,kerja sampingan,5,modul ajar,5,modul p5,20,pekerjaan,12,pendidikan,7,ppt,64,pts,16,rpp,22,rpp sekolah,4,rpph,17,soal,6,soal asesmen,3,soal cpns,14,soal pat,15,soal us,20,surat,10,template,5,template ppt,10,tips,2,
ltr
item
Kemendikbudnews.com: 12 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Hewan
12 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Hewan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjT0Fdli5bEw9kOTOTGobV_R7DWIZjj5g6AlswPwiyjsSSnlbZZHGVch7hDe9EatkgGcUjRp-JsyYk6XUzkCsHTk1m_FAIBYuYV6nk90zy2DMAvUo-E3IYX78L6cfL9YKDZ1s18g6ECs2dcDI4HCxqliEJFhK7pSCST21QhNYwjWdD_NY9iMmkj0Lru/w640-h426/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjT0Fdli5bEw9kOTOTGobV_R7DWIZjj5g6AlswPwiyjsSSnlbZZHGVch7hDe9EatkgGcUjRp-JsyYk6XUzkCsHTk1m_FAIBYuYV6nk90zy2DMAvUo-E3IYX78L6cfL9YKDZ1s18g6ECs2dcDI4HCxqliEJFhK7pSCST21QhNYwjWdD_NY9iMmkj0Lru/s72-w640-c-h426/1.jpg
Kemendikbudnews.com
https://www.kemendikbudnews.com/2023/04/laporan-hasil-observasi-hewan.html
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/2023/04/laporan-hasil-observasi-hewan.html
true
2087298264267847923
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content