5 Cara Mengajari Anak Berhitung Penjumlahan Paling Jitu

Cara Mengajari Anak Berhitung Penjumlahan
Matematika adalah ilmu dasar yang wajib dipelajari namun kadang anak merasa takut karena pusing harus menghitung dan menggunakan otak kirinya. Ia juga wajib menghafalkan penjumlahan. Jangan merasa pusing juga saat mengajari anak matematika.

Sebagai orang tua, tugas Anda untuk membuatnya antusias dan jangan malah mematahkan semangatnya dengan mencibir nilainya. Berikut adalah cara mengajari anak berhitung penjumlahan sampai ia paham betul.

Beberapa Cara Mengajari Anak Berhitung Penjumlahan yang Menyenangkan
Tariklah minat anak dengan mengajaknya mencintai matematika dan belajar penjumlahan dengan beberapa cara berikut ini:

Cara Mengajari Anak Berhitung Penjumlahan

1. Pakai Contoh Nyata

Jika anak hanya dihadapkan dengan puluhan soal matematika di buku, ia bisa langsung menangis karena harus memeras otak. Melihat angka-angka saja bisa membuatnya mual dan ingin muntah. Jadi jangan paksakan untuk menyelesaikan soal tersebut dengan secepat kilat.

Letakkan dulu kertas dan buku latihan soal, lalu ambil benda di dekat Anda. Misalnya ada 5 lembar daun, beri contoh dengan menaruh 3 lembar lalu 2 lembar lagi. Berarti 2+3 = 5. Anak akan menganggukkan kepala karena paham, berkat contoh nyata dari penjumlahan tersebut.

2. Belajar Matematika di Minimarket

Sebenarnya cara mengajari anak berhitung penjumlahan sangat mudah, jika Anda paham triknya. Saat belanja di minimarket, ajak serta anak. Namun dengan syarat, ia mau diajak berhitung. Misalnya Anda butuh 4 botol susu. Minta anak untuk mengambil 2 botol di kulkas minimarket terlebih dahulu. Lantas Anda ambil 2 botol lagi. Berarti 2+2=4.

Setelah selesai belanja, ajak anak untuk mengamati kasir. Mintalah ia untuk menghitung jumlah belanjaan, jadi ia belajar penjumlahan tanpa disadari. Jangan buang struknya. Ajak ia untuk menghitung dan belajar soal penjumlahan ribuan dan ratusan di minimarket.

3. Ajak Menghitung dan Menambah Sebagai Cara Mengajari Anak Berhitung Penjumlahan

Matematika ada di kehidupan sehari-hari. Tanamkan hal itu pada anak. Ketika ia mendapat nilai merah di rapor pada pelajaran matematika, bersabarlah dan ajari lebih giat lagi. Perlihatkan pada anak bahwa ketika sudah jadi orang tua pun butuh matematika.

Jadi tiap kali ia makan, dampingi lalu rayulah agar mau menghitung jumlah sendok di dapur. Misalnya ada 6 sendok ditambah 6 sendok sama dengan 12. Jika membantu masak, ajak untuk menghitung, misalnya 2 cabe ditambah 2 cabe sama dengan 4. Anak akan terbiasa menghitung dan tak lagi membenci pelajaran matematika di sekolah.

4. Beri Hadiah

Jika anak berhasil mengerjakan soal matematika, beri hadiah agar ia makin bersemangat. Cara mengajari anak berhitung penjumlahan model ini bukan berarti menyogok, melainkan memberi apresiasi atas usahanya. Ia akan merasa dihargai lalu menyenangi pelajaran matematika dan berhitung.

Anda tak perlu memberi hadiah mahal, yang penting bisa membuatnya tersenyum. Hadiah itu bisa berupa tepuk tangan, senyuman, atau segelas susu coklat kesukaannya. Atau bisa juga sehelai handuk baru, mainan yang murah meriah, atau aksesoris favoritnya.

5. Main Game

Saat ini metode pembelajaran matematika dan berhitung tidak melulu menggunakan papan tulis atau buku. Memanfaatkan smartphone agar anak tertarik belajar berhitung. Ada beberapa game matematika yang dapat Anda unduh, lalu minta anak untuk memainkannya. Ia akan bahagia karena bisa bermain sambil belajar berhitung. Namun jangan ditinggal, tetap dampingi anak agar ia bisa langsung bertanya pada Anda.

Baca Juga:

Beri pengertian pada anak bahwa matematika itu memudahkan kehidupan dan juga bisa diaplikasikan diminimarket. Cara mengajari anak berhitung penjumlahan adalah dengan bermain game dan menggunakan contoh benda nyata. Anak akan paham dengan cara-cara tersebut dan nilai matematikanya tidak lagi jeblok.

COMMENTS

Nama

anak,5,bisnis,1,contoh teks,3,cpns2021,3,kalender pendidikan,20,pekerjaan,12,pendidikan,5,rpp daring,18,soal cpns,14,soal pat,15,template ppt,4,tips,2,
ltr
item
Kemendikbudnews.com: 5 Cara Mengajari Anak Berhitung Penjumlahan Paling Jitu
5 Cara Mengajari Anak Berhitung Penjumlahan Paling Jitu
https://1.bp.blogspot.com/-5hm-xfxoLOc/X6jL4244ZTI/AAAAAAAADKE/jF3wwlnaeYQbgagZeHjYLOHE8wJ33098gCLcBGAsYHQ/w640-h374/1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-5hm-xfxoLOc/X6jL4244ZTI/AAAAAAAADKE/jF3wwlnaeYQbgagZeHjYLOHE8wJ33098gCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h374/1.jpg
Kemendikbudnews.com
https://www.kemendikbudnews.com/2020/11/5-cara-mengajari-anak-berhitung_9.html
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/2020/11/5-cara-mengajari-anak-berhitung_9.html
true
2087298264267847923
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content