5 Cara Mengajari Anak Berhitung Perkalian agar Ia Cinta Matematika

Cara Mengajari Anak Berhitung
Matematika bisa jadi momok yang menakutkan bagi anak, apalagi jika ia alergi pada perkalian. Anda bisa mendampingi anak belajar, agar ia tak lagi pusing saat menghafalkan perkalian. Teruslah memotivasinya, jadi ia perlahan mencintai matematika. Berikut ini cara mengajari anak berhitung perkalian.

Cara Mengajari Anak Berhitung Perkalian Sampai Mahir

Anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini agar anak hafal perkalian:

1. Gunakan Soal Cerita

Anak akan lebih termotivasi untuk belajar matematika dengan soal cerita. Karena jika hanya melihat angka, ia sudah pusing duluan dan tidak bisa memikirkan hasilnya. Jika anak masih belum lancar membaca soal yang panjang, maka bacakan untuknya. Lakukan setiap hari agar anak lama-lama hafal perkalian dari 1 sampai 10.

Soal cerita untuk cara mengajari anak berhitung perkalian bisa Anda dapatkan di internet, buku latihan, atau membuatnya sendiri. Jika anak masih kelas 1 atau 2 SD, buatkan soal yang mudah. Misalnya 3x3, 4x4, dan lain-lain. Mengajar matematika harus sabar dan mulailah dari soal yang dasar dan gampang.

2. Pakai Contoh dengan Benda

Permasalahan anak yang kesulitan dengan matematika adalah ia belum hafal tabel perkalian dan tidak bisa berimajinasi. Pada fase awal belajar perkalian, maka gunakan benda sebagai contoh, misalnya dengan buah atau mainan. Ia akan lebih tertarik untuk belajar matematika.

Gunakan buah atau mainan favorit anak untuk membuatnya senang belajar perkalian. Misalnya, untuk soal 2x3, ambil 6 buah jeruk lalu taruh di atas meja. Bagi menjadi 2 kelompok, dan jelaskan pada anak bahwa 2 jeruk dikali 3 hasilnya 6. Ia akan mengerti saat melihat contoh nyata.

3. Pasang Tabel  sebagai Cara Mengajari Anak Berhitung Perkalian

Ada poster tabel perkalian yang biasanya dijual di toko buku dan pasanglah di dinding kamar atau pintu, agar anak lekas hafal. Karena tiap hari melihatnya. Jika tidak ada di toko buku, maka carilah gambar tabel perkalian di internet dan unduh, lalu cetak dengan tinta berwarna.

4. Puji dan Motivasi

Anak-anak yang masih kelas 1 atau 2 SD biasanya kesulitan belajar matematika karena gurunya pelit memuji. Sebagai orang tua, Anda bisa terus memujinya. Misalnya ketika ia memperoleh nilai 6 saat ulangan, jangan memarahinya habis-habisan. Namun besarkan hatinya dan beri semangat agar nanti hasil ulangannya lebih baik lagi.

Memotivasi bisa jadi salah satu cara mengajari anak berhitung perkalian agar anak mencintai matematika dan tak lagi trauma. Setelah latihan di rumah dan ia menjawab dengan betul, pujilah dan beri semangat, agar anak bisa mengerjakan soal matematika di sekolah dengan percaya diri.

5. Ajak untuk Menonton Video

Belajar perkalian tak hanya dilakukan di buku dan papan tulis. Manfaatkan gawai Anda untuk mengajari anak matematika. Ada banyak video tentang belajar matematika di Youtube dan ajak anak untuk menontonnya bersama-sama. Misalnya di Channel Number blocks atau Math Monster.

Lama-lama anak akan cinta matematika dan hafal perkalian, karena ia merasa pelajaran itu gampang. Setelah menonton video, ia jadi mengerti dan hafal berapa 3x3, 4x4, dan sebagainya. Dalam proses pembelajaran lewat gawai, memang harus diulang lebih dari 4 kali agar anak hafal perkalian dan jadi jago matematika.

Baca Juga: 6 Cara Mengajari Anak Berhitung Pembagian dengan Mudah

Cara mengajari anak berhitung perkalian sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu kesabaran, ketelatenan, dan kreativitas. Teruslah memuji dan memotivasi anak agar ia cinta matematika dan hafal tabel perkalian. Jangan malah dimarahi karena akan menimbulkan trauma.

COMMENTS

Nama

anak,5,bisnis,1,contoh teks,3,cpns2021,3,kalender pendidikan,61,modul ajar,5,pekerjaan,12,pendidikan,5,ppt,22,rpp daring,18,rpph,17,soal cpns,14,soal pat,15,surat,9,template ppt,4,tips,2,
ltr
item
Kemendikbudnews.com: 5 Cara Mengajari Anak Berhitung Perkalian agar Ia Cinta Matematika
5 Cara Mengajari Anak Berhitung Perkalian agar Ia Cinta Matematika
https://1.bp.blogspot.com/-Fh1PyW_DIYc/X6Ygo7rhcAI/AAAAAAAADJk/1DKGymKCv0MxTTgXbO6_PZ_oUtlSo460gCLcBGAsYHQ/w640-h400/judul.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Fh1PyW_DIYc/X6Ygo7rhcAI/AAAAAAAADJk/1DKGymKCv0MxTTgXbO6_PZ_oUtlSo460gCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h400/judul.jpg
Kemendikbudnews.com
https://www.kemendikbudnews.com/2020/11/5-cara-mengajari-anak-berhitung.html
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/2020/11/5-cara-mengajari-anak-berhitung.html
true
2087298264267847923
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content