6 Cara Mengajari Anak Berhitung Pembagian dengan Mudah

Daftar Isi [Tampilkan]

Cara Mengajari Anak Berhitung Pembagian
Cara mengajari anak berhitung pembagian tampaknya menjadi salah satu hal yang banyak dicari oleh orang tua. Pasalnya, berhitung yang merupakan pelajaran matematika seringkali menyebabkan kepala pusing. Tidak heran jika banyak murid yang tidak suka dengan pelajaran matematika.

Sebenarnya, matematika tidak sesulit itu jika anak mampu memahaminya. Membuat seorang anak memahami dengan baik itu menjadi tugas dan tanggung jawab orang tua. Tidak heran jika banyak orang tua yang akan stres mengajar anak-anaknya. Karena belajar matematika, terutama pembagian membutuhkan pemahaman yang serius.

Cara Mengajari Anak Berhitung Pembagian

Cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membuat anak-anak belajar secara menyenangkan. Membuat anak-anak untuk tidak takut dengan matematika dan memberikan pemahaman yang menarik membuat anak lebih mengerti. Nah, berikut ini beberapa cara mengajari anak dalam menghitung pembagian yang bisa dicoba.

1. Berlatih dengan Cara Sederhana

Mengajari anak dalam berhitung pembagian bisa menggunakan cara yang sederhana. Misalnya, dengan menggunakan mainan sang anak. Biasanya anak akan tertarik dengan hal yang mereka sukai. Anda bisa membantu anak dalam mempelajari hitungan pembagian dengan mudah.

Caranya adalah dengan menyusun mainan anak serupa mungkin dan membuat soal. Lalu, Anda bisa menyuruh anak berhitung dan menyelesaikan soal dengan mainan tersebut. Dijamin anak akan lebih peka dan mengerti dengan cepat.

2. Menciptakan Permainan Seru

Cara mengajari anak berhitung pembagian bisa melalui dengan menciptakan permainan yang seru. Apalagi jika anak tersebut sangat suka dalam hal bermain. Banyak sekali jenis permainan yang bisa Anda dapatkan untuk membantu anak dalam berhitung pembagian dengan mudah.

3. Melalui Aktivitas Memasak

Siapa bilang anak-anak akan mengganggu aktivitas memasak? Nyatanya, melalui aktivitas tersebut, anak bisa belajar matematika dengan mudah, lho. Misalnya, jika Anda menyuruh anak untuk membagi adonan menjadi beberapa bagian. Atau bisa juga dengan memotong adonan menjadi beberapa bagian.

Secara tidak langsung, Anda bisa mengajari anak pembagian dengan hal tersebut. Tidak hanya belajar pembagian saja, tapi Anda juga bisa mengajari anak belajar pecahan dengan bentuk yang sederhana.

4. Melatih dengan Pertanyaan

Dalam beberapa kasus, pastinya Anda pernah menemukan bahwa saat soal pertama anak bisa menjawab. Namun, untuk soal selanjutnya dan diulangi belum tentu jawabannya benar. Oleh karena itu, penting untuk melatih anak dengan mengajukan pertanyaan secara rutin.

Anda tidak harus mengajukan pertanyaan secara langsung, tapi bisa menggunakan cara yang menarik. Misalnya, jika Anda bersama anak sedang jalan-jalan, Anda bisa memberikan pertanyaan yang ada di sekitar. Misalnya ada berapa lampu merah, ada berapa kursi, atau jumlah barang belanjaan.

5. Menggunakan Aplikasi Bermain

Menggunakan aplikasi bermain menghitung pembagian menjadi salah satu cara mudah untuk membuat anak mengerti. Banyak sekali jenis permainan yang bisa Anda unduh di smartphone. Dengan beragam pertanyaan yang sesuai dengan usianya membuat anak belajar semakin menyenangkan.

6. Menggunakan Objek

Salah satu cara untuk mengajari anak pembagian dengan mudah adalah dengan menggunakan objek yang ada dalam rumah. Banyak sekali objek yang bisa digunakan untuk membantu anak memahami pembagian dengan cara yang menarik. Selain itu, melalui hal tersebut, secara tidak langsung akan membantu anak untuk lebih peka dengan sekitarnya.

Baca Juga: Cara Mengajari Anak Membaca Usia 6-7 Tahun Agar Lancar

Keenam cara di atas bisa Anda lakukan dengan mudah dari sekarang. Namun, yang terpenting dalam cara mengajari anak berhitung pembagian adalah mengajar dengan kesabaran dan kasih sayang. Dijamin anak Anda akan cepat memahami dan proses belajar lebih terasa menyenangkan.

COMMENTS

Nama

anak,5,bisnis,1,buku,1,contoh,1,contoh teks,9,cpns2021,3,guru,10,info,13,kalender pendidikan,151,kerja sampingan,5,modul ajar,5,modul p5,20,pekerjaan,12,pendidikan,7,ppt,64,pts,16,rpp,22,rpp sekolah,4,rpph,17,soal,6,soal asesmen,3,soal cpns,14,soal pat,15,soal us,20,surat,10,template,5,template ppt,10,tips,2,
ltr
item
Kemendikbudnews.com: 6 Cara Mengajari Anak Berhitung Pembagian dengan Mudah
6 Cara Mengajari Anak Berhitung Pembagian dengan Mudah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi2ggZKw6tIKLqv9BpGFze3P-gCkYSEqN4d04qWNdPwyvkfIYD7WOVkaTnQ5RLlbB0ylJ7eiFCUY-yV8RvnAxTta4y8ltamO83gmnN_d3i7Z4-X3_XjN8XHGq1EezSx6A_aBfu9SxcoH0Q/w640-h358/6.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi2ggZKw6tIKLqv9BpGFze3P-gCkYSEqN4d04qWNdPwyvkfIYD7WOVkaTnQ5RLlbB0ylJ7eiFCUY-yV8RvnAxTta4y8ltamO83gmnN_d3i7Z4-X3_XjN8XHGq1EezSx6A_aBfu9SxcoH0Q/s72-w640-c-h358/6.jpg
Kemendikbudnews.com
https://www.kemendikbudnews.com/2020/11/6-cara-mengajari-anak-berhitung.html
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/2020/11/6-cara-mengajari-anak-berhitung.html
true
2087298264267847923
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content