5 Cara Mengajari Anak Berhitung Pengurangan dengan Asyik

Cara Mengajari Anak Berhitung Pengurangan
Ketika anak belajar matematika, maka langkah pertama adalah mengenal angka, lalu penambahan. Setelah itu ia belajar pengurangan. Namun belajar pengurangan tidak semudah penambahan dan agak membingungkan. Anak mulai ogah-ogahan untuk mengerjakan PR matematika. Jangan marah dulu, ayo pakai cara mengajari anak berhitung pengurangan agar ia mahir matematika.

Cara Mengajari Anak Berhitung Pengurangan Anti Bosan 

Anda bisa melakukan beberapa cara ini agar anak pandai mengerjakan soal pengurangan:

1. Gunakan Contoh Berupa Makanan

Jika anak hanya melihat angka dan huruf di buku, ia bisa bosan lalu menutupnya begitu saja. Anda jangan takut ia akan benci matematika, namun gunakan cara yang menyenangkan untuk mengajarinya. Salah satu caranya dengan memberi contoh agar ia bisa paham. 

Cara mengajari anak berhitung pengurangan dengan cara yang menyenangkan membuat Anda membeli makanan kesukaannya. Misalnya biskuit atau wafer. Bukalah bungkusnya lalu letakkan di piring. Ada 10 keping biskuit lalu minta anak untuk memakan sekeping. Berarti 10-1 = 9. Anak akan senang karena bisa belajar sambil ngemil.

2. Pakai Jari Tangan

Jika anak tidak terlalu suka makan cemilan, maka gunakan jari tangan untuk mengajari pengurangan. Cara ini paling sederhana dan sudah dilakukan oleh ibu kita sejak dahulu kala. Gunakan 10 jari untuk mengajarkan anak soal pengurangan sederhana. Pinjam juga jari tangannya agar anak tahu pengurangan sampai 20. 

Agar anak lebih tertarik, maka Anda bisa menggunakan boneka jari. Boneka berwarna-warni akan membuatnya antusias dan tertarik untuk belajar pengurangan walau hanya dengan media jari. Kelemahan dari sistem ini adalah pengurangan hanya bisa maksimal angka 10, namun cukup baik untuk membentuk dasar logika matematikanya.

3. Dongeng Matematika Setiap Malam

Bisa karena biasa. Pepatah ini juga berlaku agar anak mahir matematika. Jika ia didongengi tentang matematika tapi malam, lama-lama akan mahir penambahan dan pengurangan. Karang saja dongeng agar ia mau mendengarkannya sebelum tidur.

Cerita dongengnya tak perlu rumit. Anda bisa menggunakan cerita yang ada di buku sebagai cara mengajari anak berhitung pengurangan. Misalnya di cerita Cinderella, buat cerita ketika Cinderella punya 6 apel lalu dimakan 1. Sisanya ada 5. Lama-lama anak akan hafal pengurangan dan memahami soal matematika.

4. Jangan Marahi Anak

Ketika anak salah menjawab soal atau mendapat nilai ulangan yang jelek, jangan malah dimarahi berhari-hari. Ia akan makin benci matematika dan pengurangan. Sebaliknya, pujilah niat anak untuk mendapat nilai bagus tapi sayang masih gagal. Jika belum berhasil maka coba lagi.

5. Latihan dengan Spidol Berwarna sebagai Cara Mengajari Anak Berhitung Pengurangan

Jika mengajari anak soal pengurangan, gunakan spidol berwarna-warni. Anak akan senang melihat kertas yang indah dengan berbagai warna. Menarik minat anak lebih utama daripada menjadikannya jago matematika dengan kilat, karena yang perlu dibangun adalah kesukaannya terhadap pelajaran tersebut. 

Menurut ilmu psikologi, belajar dengan melihat warna membuat manusia paham lebih cepat. Oleh karena itu, sediakan spidol atau pulpen dengan warna menarik, yang bisa membuat anak semangat untuk menghafalkan dan memahami soal pengurangan. Anak akan suka matematika dan menganggapnya sebagai pelajaran yang mudah.

Jika Anda ingin tahu cara mengajari anak berhitung pengurangan maka belilah 1 set spidol warna-warni untuk latihan di rumah. Gunanya agar anak tertarik dan lekas memahami matematika. Selain itu, pakai contoh soal pengurangan dengan makanan, agar ia bisa makan camilan sambil belajar. Bersabarlah agar anak semangat belajar pengurangan dan tak lagi berlari saat diajak mengerjakan soal pengurangan.

Baca Juga:

Itulah informasi mengenai Cara Mengajari Anak Berhitung Pengurangan dengan Asyik. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anak,5,bisnis,1,contoh teks,3,cpns2021,3,kalender pendidikan,61,modul ajar,5,pekerjaan,12,pendidikan,5,ppt,22,rpp daring,18,rpph,17,soal cpns,14,soal pat,15,surat,9,template ppt,4,tips,2,
ltr
item
Kemendikbudnews.com: 5 Cara Mengajari Anak Berhitung Pengurangan dengan Asyik
5 Cara Mengajari Anak Berhitung Pengurangan dengan Asyik
https://1.bp.blogspot.com/-l-5eMKdCXaY/X6dgsD5rh2I/AAAAAAAADJw/DPnYo6IHL-I82ah2ndNgjRRGUUHJPcDwgCLcBGAsYHQ/w640-h372/1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-l-5eMKdCXaY/X6dgsD5rh2I/AAAAAAAADJw/DPnYo6IHL-I82ah2ndNgjRRGUUHJPcDwgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h372/1.jpg
Kemendikbudnews.com
https://www.kemendikbudnews.com/2020/11/cara-mengajari-anak-berhitung.html
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/2020/11/cara-mengajari-anak-berhitung.html
true
2087298264267847923
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content