5 Jenis Makna Kata yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis Makna Kata
Dalam bahasa Indonesia tentu kamu mempelajari jenis-jenis makna kata. Menurut Tjiptadi, 1984:19, makna merupakan arti yang diambil dari suatu kata. Dimana makna dengan benda pada kata sangat berhubungan dan saling menyatu. Apabila suatu kata tidak dihubungkan dengan benda, peristiwa maupun keadaan tertentu, maka kita tidak dapat mengambil makna dari kata tersebut.

Kata-kata yang bersumber dari dasar yang sama seringkali menyulitkan seseorang dalam berbahasa, oleh sebab itu penggunaan atau pemilihan kata harus sesuai dengan makna yang terkandung. Kata-kata yang sesuai dengan makna yang dimaksud, dapat mempermudah seseorang untuk mengerti, memahami serta tidak salah penafsirannya dalam membaca, berbicara dan menulis. Dengan menggunakan kata yang baik dan sesuai dengan makna yang dimaksud, maka kamu bisa membangun komunikasi yang baik.

Kata merupakan satuan terkecil dalam susunan kalimat yang memiliki makna tertentu. Kata juga merupakan bahasa yang diucapkan atau ditulis dan sebagai perwujudan kesatuan dalam berkomunikasi. Ada beberapa jenis-jenis makna kata yang harus kamu ketahui, di antaranya sebagai berikut.

Jenis-jenis Makna Kata

1. Makna Denotatif

Kata yang memiliki makna denotatif merupakan kata yang mengacu atau menunjukkan makna sebenarnya. Misalnya kata "meja hijau" yang memiliki arti meja berwarna hijau. Biasanya kata yang bermakna denotatif digunakan untuk penulisan ilmiah, karena seseorang ingin menyampaikan gagasannya melalui ilmiah tersebut. Agar gagasan yang disampaikannya tidak menimbulkan arti berbeda pada setiap orang, maka gunakanlah kata-kata yang mengandung makna denotatif.

2. Makna Konotatif

Berbeda dengan makna denotatif, makna konotatif adalah kata yang memiliki makna kiasan disertai dengan nilai rasa, sikap pribadi dari suatu zaman, sikap sosial, serta kriteria tambahannya digunakan dalam makna konseptual. Misalnya kata "meja hijau" maka makna konotatifnya adalah meja sidang.

Pasalnya, kata-kata yang memiliki makna konotatif memiliki kandungan nilai-nilai emosi tertentu. Dalam berbahasa seseorang bukan hanya mengungkapkan pendapat mengenai isi pikiran atau gagasannya saja, tetapi juga mengungkapkan emosi tertentu. Emosi tersebut dapat disampaikan dengan penggunaan kata yang memiliki makna konotatif, yaitu kata yang dipakai sama tetapi ada makna lain.

3. Makna Leksikal

Jenis-jenis makna kata selanjutnya yaitu makna leksikal, di mana kata tersebut memiliki arti atau makna yang sama dengan kamus. Istilah leksikal sendiri berasal dari kata leksikon yang artinya "kamus". Adapun contoh kata yang memiliki makna dengan kamus yaitu: Belai (usap),Cela (cacat), Batin (hati) dan lainnya.

4. Makna Gramatikal

Sesuai dengan namanya, makna gramatikal merupakan kata yang memiliki makna dari adanya proses tata bahasa atau gramatikal. Adapun proses gramatikal yang umum diketahui yaitu, proses komposisi, proses afiksasi, proses reduplikasi, dan proses komposisi atau kalimatisasi.

Adapula proses aplikasi awalan yang termasuk ke dalam makna gramatikal, seperti awalan ber pada sebuah kata. Misalnya ber-pakaian, ber-nyanyi, ber-lari. Adapun kombinasi komposisi 2 kata yang yang dijadikan satu juga termasuk ke dalam makna gramatikal, misalnya "nasi goreng" yang artinya nasi yang digoreng.

5. Makna Kontekstual

Kata yang bermakna kontekstual merupakan makna yang timbul dari suatu konteks dalam kata tersebut. Contoh makna kontekstual pada kata "kepala", kata tersebut akan memiliki makna yang berbeda jika menjadi kata ‘kepala keluarga’, ‘kepala sekolah’, ‘kepala surat’.

Baca Juga: 

itulah 5 jenis-jenis makna kata yang penting untuk diketahui. Pasalnya masih banyak jenis makna kata lainnya yang harus kamu pelajari agar dapat menghasilkan tulisan atau komunikasi yang baik dan mudah dipahami.

COMMENTS

Nama

anak,5,bisnis,1,contoh teks,3,cpns2021,3,kalender pendidikan,20,pekerjaan,12,pendidikan,5,rpp daring,18,soal cpns,14,soal pat,15,template ppt,4,tips,2,
ltr
item
Kemendikbudnews.com: 5 Jenis Makna Kata yang Perlu Kamu Ketahui
5 Jenis Makna Kata yang Perlu Kamu Ketahui
https://1.bp.blogspot.com/-R1LQtiKSuHQ/X-QdplBzQ0I/AAAAAAAADUI/zjZdTZWv2DkCwgAfmXNVTVO8DE733YwFgCLcBGAsYHQ/w640-h378/judul1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-R1LQtiKSuHQ/X-QdplBzQ0I/AAAAAAAADUI/zjZdTZWv2DkCwgAfmXNVTVO8DE733YwFgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h378/judul1.jpg
Kemendikbudnews.com
https://www.kemendikbudnews.com/2020/12/5-jenis-makna-kata-yang-perlu-kamu.html
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/2020/12/5-jenis-makna-kata-yang-perlu-kamu.html
true
2087298264267847923
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content