Contoh Teks Ulasan Novel Hujan Karya Novelis Tere Liye Terbaik

Daftar Isi [Tampilkan]

Review adalah istilah yang paling sering didengar ketika hendak menjelaskan sebuah film, tak hanya jalan cerita tetapi juga kelebihan serta kekurangannya. Dalam bahasa Indonesia, review disebut dengan teks ulasan atau resensi. Contoh teks ulasan novel Hujan berikut ini bisa dipelajari sehingga mempermudah dalam pembuatan resensi novel, film atau karya sastra lainnya.

Ciri utama yang dimiliki oleh teks ulasan adalah memiliki struktur yang jelas sehingga mudah dibaca. Struktur teks ulasan dimulai dari orientasi, tafsiran, rangkuman hingga evaluasi. Selain itu, isinya bukan sekedar pemaparan sebuah novel tetapi juga berisi pendapat penulis yang memiliki pengalaman membaca novel tersebut. Pendapat yang diberikan penulis juga harus berdasarkan fakta dari apa yang terdapat dalam novel.

Teks ulasan adalah sebuah rangkuman yang sangat membantu orang lain untuk mengetahui informasi lengkap sebuah novel atau film. Dari rangkuman inilah pandangan setiap orang akan diketahui oleh si pembuat novel yang tentu akan membantu dalam pembuatan karya-karya berikutnya. Langsung saja, berikut ini contoh teks ulasan novel Hujan karya Tere Liye. 

Contoh Teks Ulasan Novel Hujan

Contoh Teks Ulasan Novel Hujan

1. Orientasi 

Judul novel adalah Hujan yang diterbitkan tahun 2016 bulan Januari oleh Gramedia Pustaka Utama. Novel dikarang oleh Tere Liye, seorang pria berusia 40 tahun asal Sumatera Selatan. Novel ini berjumlah 320 halaman dengan kategori drama.

Cerita utamanya adalah tentang tokoh utamanya yaitu Lail yang di dalam kehidupannya penuh liku semenjak terjadinya bencana alam tsunami dahsyat. Lail yang hidup berpindah dari tempat pengungsian menemukan cintanya dan persahabatan.

2. Tafsiran 

Tokoh utama yaitu Lail seorang gadis usia 13 tahun yang merupakan yatim piatu akibat bencana alam tsunami. Pada saat bencana alam terjadi, Lail bertemu dengan Esok seorang pemuda yang menyelamatkan hidupnya. Lail dan Esok terlibat dalam percintaan ketika mereka berada di pengungsian. Sayangnya kisah cinta mereka tidaklah biasa, karena mereka saling bisa menjaga hati satu sama lain.

Laila yang memiliki sahabat bernama Maryam pun tidak merasa marah ketika Maryam mencoba untuk menggoda Esok. Kisah ketiga orang ini barulah permulaan novel saja, karena bencana alam tidak berhenti dan mengakibatkan timbulnya salju. Sehingga keterlibatan pemerintah untuk mengatasi masalah iklim pun turut diceritakan.

3. Rangkuman

Kisah cinta dalam novel Hujan dikemas dengan sangat menarik ditambah lagi mengenai cerita cinta, persahabatan dan perpisahan yang mewarnai. Keseharian para tokoh yang berpindah-pindah tempat pengungsian menjadi lika liku cerita yang terus menarik perhatian. Kesan yang diberikan bukan sekedar keseharian biasa.

Jumlah tokoh yang sangat sedikit justru membuat alur cerita menjadi lebih ringkas dan mudah dipahami oleh pembaca. Bagaimana tokoh utama yang dibuat merana ketika dilihat kematian ibunya akibat bencana alam. Dari sinilah motivasi terbentuk bagi Lail untuk bisa membantu orang lain dan akhirnya berprofesi sebagai perawat. Ada begitu banyak plot twist dalam novel Hujan yang menjadi ciri khas dari novel karya Tere Liye.

4. Evaluasi

Keunggulan dari novel ini terdapat pada alur yang selalu diputar balikkan. Sehingga pembaca akan selalu dibuat kaget dan inilah yang justru menjadi daya tarik utamanya. Bahasa yang digunakan tidak terasa berat namun tetap indah. Hanya saja beberapa bagian seperti dipaksakan.

Misalnya saja pada saat bencana alam terjadi begitu dahsyat namun masih saja ada bangunan yang tidak rusak berukuran besar. Jika di logika, hal tersebut terasa tidak mungkin terjadi.

Baca Juga: 

Dilihat dari contoh teks ulasan novel Hujan ini sudah sangat jelas bahwa isinya bukan hanya ringkasan cerita. Tetapi dijelaskan pula bagaimana kelebihan dan kekurangannya secara detail.

COMMENTS

BLOGGER: 1

Nama

anak,5,bisnis,1,buku,1,contoh,1,contoh teks,9,cpns2021,3,guru,10,info,13,kalender pendidikan,151,kerja sampingan,5,modul ajar,5,modul p5,20,pekerjaan,12,pendidikan,7,ppt,64,pts,16,rpp,22,rpp sekolah,4,rpph,17,soal,6,soal asesmen,3,soal cpns,14,soal pat,15,soal us,20,surat,10,template,5,template ppt,10,tips,2,
ltr
item
Kemendikbudnews.com: Contoh Teks Ulasan Novel Hujan Karya Novelis Tere Liye Terbaik
Contoh Teks Ulasan Novel Hujan Karya Novelis Tere Liye Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhk3Ov7Gvfi-NSX_H7j8fctBsC1hQ__HrjryMOUkv7FP54fCoFSMSobYn-ous2EK_dC8-j5lv-GWcMotzFQWWZrXgScdY7uqnfLAa8aaUIJv6yIrsAOWyylQBGh7HzkBtG4_KclQqEV9jM/w640-h442/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhk3Ov7Gvfi-NSX_H7j8fctBsC1hQ__HrjryMOUkv7FP54fCoFSMSobYn-ous2EK_dC8-j5lv-GWcMotzFQWWZrXgScdY7uqnfLAa8aaUIJv6yIrsAOWyylQBGh7HzkBtG4_KclQqEV9jM/s72-w640-c-h442/1.jpg
Kemendikbudnews.com
https://www.kemendikbudnews.com/2020/11/contoh-teks-ulasan-novel-hujan-karya.html
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/2020/11/contoh-teks-ulasan-novel-hujan-karya.html
true
2087298264267847923
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content