Skema Pendidikan Finlandia yang Mengguncang Dunia

Skema Pendidikan Finlandia
Pendidikan bisa saja satu elemen yang penting untuk meningkatkan sdm di satu negara, ditambah lagi di negara bertumbuh seperti Indonesia. Hampir di semua sekolah di negara kita, memprioritaskan pelajaran-pelajaran seperti matematika serta fisika jadi mapel yang diunggulkan. Jam pelajarannya juga termasuk memiliki bagian makin banyak. Tetapi sayangnya menurut Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS), beberapa anak Indonesia, dengan rata-rata, cuma dapat tempati rangking 45 dari 50 negara yang disurvei.

Beda dengan Finlandia, negara dengan skema pendidikan paling baik yang seringkali dibahas orang ini malah akan menghapuskan skema mata pelajaran. Nanti ngga akan ada matematika, fisika, serta pelajaran riwayat yang di ajarkan terpisah. Memang sich, skema ini dapat disebut cukup radikal di dunia pendidikan. Dikutip dari Quartz, Finlandia tentu saja memiliki arah atas ini.


Pada 2020, semua sekolah di Finlandia akan menghapus pelajaran matematika, fisika, riwayat, serta mata pelajaran yang berdiri sendiri-sendiri

Sebetulnya pelajaran fisika serta bahasa telah di hilangkan di kurikulum pendidikan Finlandia buat mereka yang telah berumur 16 tahun. Guru juga mengajar siswa lebih mengarah pengetahuan praktikal. Pelajaran seperti matematika serta riwayat akan dihapus. Di Helsinki, sekolah-sekolah serta telah mulai mengaplikasikan ini. Tapi bukanlah benar-benar siswa tidak akan pahami masalah angka serta riwayat, mereka akan memperlajarinya dengan kontekstual.


Baca Juga: 6 Peluang Kerja Teknik Sipil Setelah Lulus Kuliah
 

Matematika yang seringkali dipandang jadi mimpi jelek beberapa siswa juga telah tidak ada . Walau sebenarnya di semua negara beberapa siswa banyak yang berlomba agar bisa nilai 100 di pelajaran matematika. Tetapi sekolah-sekolah di Finlandia kelihatannya betul-betul terlalu fokus ke bagaimana siswa mendapatkan pengetahuan yang bisa diaplikasikan dalam kehidupannya nantinya.

Pelajaran semakin lebih kontekstual, mengerti suatu hal keseluruhannya serta utuh serta tidak terdiri berdasar mata pelajaran.

Siswa akan diberi pelajaran untuk mengerti suatu hal keseluruhannya. Contohnya saat pelajari bagaimana negara Eropa tercipta, karena itu siswa akan belajar masalah sejarahnya, bagaimana perekonomiannya saat itu, serta budaya apa yang dahulu berlaku. Nah jika ini pelajarannya tidak akan terputus cuma di riwayat atau matematika saja. Jadi telah tidak ada subyek mata pelajaran, sekarang mereka mengatakan dengan belajar ‘fenomena’.

Dengan ketetapan besar ini, automatis mengubah skema edukasi guru-guru di Finlandia. Semula, guru-guru digolongkan dalam beberapa mata pelajaran, seperti guru matematika, guru fisika, dan lain-lain. Bila skema mata pelajaran akan dihapus, karena itu semua guru dituntut untuk kuasai kejadian yang di ajarkan. Guru diinginkan bukan hanya dapat mengajarkan siswa mengenai angka serta hafalan, dan juga pengetahuan lebih dalam seperti nilai dan kepribadian berkaitan satu kejadian. Langkah ini akan jadi reformasi besar dalam skema pendidikan Finlandia yang sebetulnya telah dipandang baik oleh beberapa golongan.

Penghilangan mata pelajaran tradisionil serta reformasi besar ini jelas bukan langkah asal-asalan. Pemerintah Finlandia memandang ini butuh sebab dunia semakin dinamis.


Pada saat lampau, orang dengan potensi menjalankan computer jadi buruan banyak perusahaan. Tapi saat ini, dengan keadaan hampir kesemua orang kuasai computer, perusahaan juga memerlukan lebih dibanding sebatas potensi itu. Saat diberi pertanyaan masalah fakta Finlandia putuskan menghapuskan mata pelajaran, Pasi Silander, Manager Develompmen Helsinki menjelaskan jika banyak faktor di dunia ini yang telah beralih, dengan adanya banyak perubahan tehnologi, tata langkah lama edukasi sekarang tidak berharga praktis.

Pada hakekatnya pelajaran integral, kalkulus, serta logaritma yang di ajarkan pada mata pelajaran matematika tidak dipraktikan buat mereka yang kerja di luar bagian sains. Bila selanjutnya seorang siswa akan jadi astronot, pengetahuan matematika serta fisika kemungkinan penting, tetapi buat seorang entrepreneur, mereka tidak begitu memerlukan penghitungan susah ini.

Siswa SD-SMP di Finlandia cuma belajar 4-5 jam satu hari, tanpa ada PR serta tidak ada ujian nasional. Dengan skema ini saja pendidikan di Finlandia jadi yang paling baik di dunia

Bukan hal baru jika Finlandia jadi kiblat skema pendidikan di penjuru dunia sebab dengan sistemnya yang betul-betul ‘berani’. Dengan waktu jam sekolah yang pendek serta tanpa ada dibebani PR dan ujian nasional, Finlandia masih bisa saja negara paling atas yang mempunyai perebutan literasi serta numerasi paling baik. 


Lantas akan dihapuskannya skema mata pelajaran, apa Finlandia tetap jadi yang paling baik? Kita akan lihat sesudah 2020 akan datang. Bila skema ini sukses ditanggung banyak beberapa negara di dunia yang akan ikuti skema pendidikan ini. Nah bagaimana dengan Indonesia?

Jika lihat langkah Finlandia yang merencanakan menghapuskan mata pelajaran matematika, kelihatannya ini cuma bisa saja hanya ‘mimpi’ buat siswa-siswa di Indonesia. Ada banyak hal yang penting diperbarui agar skema pendidikan Indonesia saat ini dapat berjalan dengan maksimal. Bukanlah mendapatkan manfaat yang diperkirakan pemerintah Finlandia di atas, penghilangan pelajaran-pelajaran seperti matematika di Indonesia sekarang malah justru beresiko membuat beberapa anak malas.


Artikel Rekomendasi:
Itulah informasi mengenai Skema Pendidikan Finlandia yang Mengguncang Dunia. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anak,5,bisnis,1,contoh teks,3,cpns2021,3,kalender pendidikan,20,pekerjaan,12,pendidikan,5,rpp daring,18,soal cpns,14,soal pat,15,template ppt,4,tips,2,
ltr
item
Kemendikbudnews.com: Skema Pendidikan Finlandia yang Mengguncang Dunia
Skema Pendidikan Finlandia yang Mengguncang Dunia
https://1.bp.blogspot.com/-3UWBDLa9YaA/Xpqj7vmwSOI/AAAAAAAABlI/dLjS3ShwXcYHuCz3KQUDY1KWctek5yRUgCLcBGAsYHQ/s640/skema%2Bpendidikan%2Bfinlandia.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-3UWBDLa9YaA/Xpqj7vmwSOI/AAAAAAAABlI/dLjS3ShwXcYHuCz3KQUDY1KWctek5yRUgCLcBGAsYHQ/s72-c/skema%2Bpendidikan%2Bfinlandia.jpg
Kemendikbudnews.com
https://www.kemendikbudnews.com/2020/04/skema-pendidikan-finlandia.html
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/2020/04/skema-pendidikan-finlandia.html
true
2087298264267847923
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content