7 Peluang Kerja Lulusan Psikologi

Daftar Isi [Tampilkan]
Buat yang telah kuliah di psikologi atau ingin ambil jurusan psikologi sebaiknya tahu akan kesempatan pekerjaan lulusan psikologi ini. Psikologi adalah pengetahuan yang pelajari tingkah laku manusia jadi aktualisasi kejiwaan. Karena psikologi pelajari tingkah laku manusia itu karena itu dikelompokkan dalam pengetahuan sosial even ada banyak kampus yang masukkan dalam pengetahuan sains.

Jurusan psikologi memang makin banyak disukai oleh cewek, berkebalikan dengan jurusan di tehnik. Tetapi untuk yang cowok serta telah masuk ke jurusan psikologi, jangan cemas, sebab peluangnya justru makin banyak.

Psikologi terdiri jadi bagian-bagian besar bagian studinya salah satunya ialah psikologi sosial, klinis, perubahan serta industri. Di sini tidak saya jabarkan satu-satu untuk bagian studinya itu. Beberapa pertanyaan yang masuk ke saya yang bertanya jika jurusan psikologi nanti kerjanya di apa donk.

Baca Juga: 8 Prospek Kerja Teknik Informatika

Baik yang datang dari jurusan psikologi sendiri atau yang dari jurusan lain. Lumrah memang saat bertanya potensial kerja psikologi, dikarenakan masih kurang familiarnya jurusan ini bila dibanding contohnya keguruan yang profesinya lebih jelas.

Berikut potensial kerja psikologi:

1.Human Sumber Development (HRD) 

HRD adalah pekerjaan yang paling jamak lulusan psikologi, yaitu jadi HRD. Berita baiknya sebagian besar perusahaan memerlukan HRD. Entahlah itu dari perusahaan kecil sampai perusahaan yang multinasional. Dari pemerintahan atau swasta. Semua memerlukan, oleh karenanya HRD ini terbanyak memberi ke mana lulusan psikologi kerja.

HRD di industri ada banyak penyebutan contohnya Human Sumber Management (HRM), Human Sumber Develompent (HRD), Human Sumber (HR), Human Capital (HC). Bagian pekerjaanya ialah handle terkait dengan sdm yang berada di perusahaan. HRD ini ada banyak bagian , biasanya paling baik jadi berikut:
  • HR Operation, bagian kerjanya terkait dengan operasional karyawan seumpama absensi, klaim penyembuhan.
  • Compensation and Keuntungan (CB) terkait dengan payroll atau pengupahan karyawan include dengan bonus serta privilege untuk karyawan yang lain.
  • Recruitment terkait dengan penerimaan karyawan dari hulu sampai hilir dari seleksi sampai test psikologi serta interview
  • Organization Development (OD) terkait dengan peningkatan organisasi serta berikut terkait dengan performance management
  • Pelatihan and Development (TD) terkait dengan pelatihan untuk pemenuhan kompetensi karyawan serta program peningkatan karyawan
Bagian ini dapat makin bertambah atau di satukan bergantung besar serta kecilnya organisasi. Ada banyak perusahaan yang sampai punya assessor jadi bagian sendiri saja yang di handle seorang diri, alias merangkap: judulnya jadi HR Generalist (semua di urusin). Jadi belum pasti enak ya jadi HR.

2. Konselor

Lulusan psikologi bisa menjadi seorang konselor contohnya konselor di perusahaan yang manfaatnya terkait dengan konseling dengan karyawan yang memerlukan. Jika di luar perusahaan umumnya LSM atau NGO yang consent pada remaja, anak atau gender.

3. Psikolog

Bila anda lulus S1 psikologi serta meneruskan kuliah S2 dengan konsentrasi psikologi karier (Dapat psikologi klinis dewasa, klinis anak, psikologi pendidikan, psikologi industri serta psikologi sosial) karena itu anda akan memperoleh gelar psikolog. Psikolog dipakai dibanyak industri pemerintah sampai militer serta swasta. Bila di perusahaan umumnya lebih ke recruitment karena untuk keluarkan hasil test psikologi yang punya legal hukum ialah psikolog.

Sedang untuk S1 jadi tester atau membuat membuat laporan di bawah supervisi dari seorang psikolog. Bila di rumah sakit seorang psikolog dapat jadi seorang konselor klinis pada masalah jiwa atau yang terkait dengan kendala perubahan mental anak. Tetapi ada banyak tipe pekerjaan yang berada di psikolog ini. Contohnya membangun tempat praktik sendiri seperti seorang dokter. Praktik psikolog ini dapat terkait dengan tempat konsultasi atau tempat test calon karyawan.

4. Guru Tuntunan Konseling

Bila kamu tertarik menjadi guru, maka yang cocok adalah menjadi guru tuntunan konseling. Untuk sekolah yang punya guru spesial yang terkait dengan tuntunan konseling dari mulai Pendidikan Anak Umur Awal, Sekolah Fundamen, Sekolah Menengah Pertama serta Sekolah Menengah Atas.

Banyak keperluan guru tuntunan konseling ini bila dibanding yang ketertarikan. Tetapi tidak semua sekolah memiliki lowongan ini umumnya ialah sekolah swasta yang lumayan besar. Pekerjaan dari seorang guru tuntunan konseling ialah memberi tuntunan serta konseling dengan anak yang terkait dengan permasalahan anak di sekolah seperti terkait dengan kendala belajar atau untuk mengoptimalkan kekuatan anak di sekolah.

5. Dosen Psikologi

Bila anda melanjutkan ke S2 karena itu anda punya kesempatan menjadi seorang dosen. Jadi seorang dosen untuk saat ini memang di syaratkan yang telah lulus S2. Menjadi dosen juga banyak pilihannya. Dapat di bagian sosial, perubahan, klinis, tingkah laku industri, biasa.

Jadi kalaulah anda mendaftarkan jadi seorang dosen maka beberapa pilihan sesuai bagian anda sepanjang S2 dan tempat lowongannya. Apa gampang jadi seorang dosen psikologi? Berdasar pengalaman untuk S1 yang meneruskan ke S2 tidak banyak hingga kesempatan menjadi seorang dosen banyak. Khususnya kampus swasta.

6. Periset

Untuk yang punya spirit jadi seorang periset tidak kelirunya anda coba pekerjaan ini. Baik anda seorang lulusan S1 atau S2. Banyak lowongan yang memerlukan seorang periset di perusahaan besar serta jika instansi riset yang telah populer di Indonesia seumpama LIPI. Juga bisa jadi periset di LSM atau di pemerintahan yang umumnya terkait dengan analisis kebijaksanaan public apabila di perusahaan terkait dengan kenikmatan konsumen setia.

7. Penulis buku

Pekerjaan ini tidak dapat dianggap remeh, lihat di toko buku seumpama Gramedia, untuk buku yang terkait dengan psikologi banyak sekali serta umumnya diletakkan tertentu. Untuk buku yang terkait dengan psikologi makin banyak buku yang terjemahan, sedang untuk penulis Indonesia tidaklah banyak. Saat ini untuk cari penerbit tidak sesulit dahulu, kalaulah naskah anda di tolak anda bisa coba self publishing yang mulai naik daun di Indonesia.

Anda dapat juga menjualnya langsung dengan online baik berbentuk buku atau yang berupa e-book. Bila karya anda banyak serta bermutu karena itu membuat satu buku dapat sama dengan kerja di perusahaan atau BUMN sepanjang 2/3 tahun. Ini adalah potensial kerja psikologi yang unik karena anti mainstream.

Artikel Rekomendasi:
Itulah informasi mengenai 7 Peluang Kerja Lulusan Psikologi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anak,5,bisnis,1,buku,1,contoh,1,contoh teks,9,cpns2021,3,guru,10,info,13,kalender pendidikan,151,kerja sampingan,5,modul ajar,5,modul p5,20,pekerjaan,12,pendidikan,7,ppt,64,pts,16,rpp,22,rpp sekolah,4,rpph,17,soal,6,soal asesmen,3,soal cpns,14,soal pat,15,soal us,20,surat,10,template,5,template ppt,10,tips,2,
ltr
item
Kemendikbudnews.com: 7 Peluang Kerja Lulusan Psikologi
7 Peluang Kerja Lulusan Psikologi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgrLDGLTpnmTIKGg7WYdiBh9q0ZY1uxS5gjzMZswQIKoqz4ZvD3NOOO4JfHohfpLHi-5QgyiCDrFfRfBzfI85i146XUk1GGU6Kh8ah2IMFRzYgnCptKlRvSfLDQbKbZjj0HVFmYkC0wqJs/s640/lulusan+psikologi.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgrLDGLTpnmTIKGg7WYdiBh9q0ZY1uxS5gjzMZswQIKoqz4ZvD3NOOO4JfHohfpLHi-5QgyiCDrFfRfBzfI85i146XUk1GGU6Kh8ah2IMFRzYgnCptKlRvSfLDQbKbZjj0HVFmYkC0wqJs/s72-c/lulusan+psikologi.jpg
Kemendikbudnews.com
https://www.kemendikbudnews.com/2020/04/peluang-kerja-lulusan-psikologi.html
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/2020/04/peluang-kerja-lulusan-psikologi.html
true
2087298264267847923
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content