3 Prediksi Karier Lulusan Mahasiswa Tehnik Elektro

Daftar Isi [Tampilkan]
Hampir tiap hari kita nikmati listrik. Dari mulai melihat tv, bermain gadget,kerjakan skripsi, nikmati AC, serta sebatas menyalakan lampu pada malam hari. Tidak sadarkah kita jika semuanya ialah karena layanan beberapa engineer serta insinyur tehnik listrik serta elektro. 

Dari yang sediakan listriknya sampai membuat gadget-gadget serta alat elektronika yang kita gunakan seharian. Tentu buat beberapa sahabat tehnik bertanya-tanya apa sich yang dipelajari di tehnik elektro? Serta tentu sulit ya ngurusin kabel, serangkaian yang demikian susah.

Baca Juga: 5 Tips Memulai Usaha Sederhana bagi Pemula

Lalu apa waktu lulus kelak kita cuma kerja dalam tempat yang terkait dengan listrik?

Karier untuk Jurusan Elektro tentu saja banyak sekali, serta tidak cuma di bagian elektro sendiri, tetapi dapat juga ke luar bagian elektro. 

Sesudah masuk ke pada suatu perusahaan, jabatan atau karier yang dapat dimasuki dapat bermacam, dari yang tehnis atau manajemen, serta bukan sekedar meliputi bagian kelistrikan tapi dapat juga pada bagian rencana, permesinan, pembangunan infrastruktur, dan lain-lain bergantung keperluan satu perusahaan itu. 

Tetapi umumnya untuk tingkat sarjana tidak jadi pelaksana tehnik dengan cara langsung. Sebab juga bisa jadi kordinator lapangan serta pengawas.

Di bawah ini cuma contoh bagian karier atau jabatan yang dapat atau umumnya diisi oleh lulusan mahasiswa Tehnik Elektro, meskipun bagian ini umumnya digenggam oleh jurusan lain.

1. Bagian Migas serta Pertambangan

Bagian Migas serta Pertambangan sangat disukai karena upahnya yang lumayan tinggi, Lulusan Tehnik Elektro terutamanya konsentrasi tehnik kendali serta kontrol umumnya diperlukan di bagian ini serta diposisikan jadi Control & Instrument Engineer bersama dengan Tehnik Fisika serta Fisika Instrumentasi. 

Tehnik Elektro konsentrasi Tenaga Listrik sangat diperlukan sebab di tiap industri tentu memerlukan listrik, baik yg beli melalui PLN atau dengan pembangkit listrik sendiri. 

Tehnik Elektro, dapat juga isi bagian IT Engineer bersama dengan Tehnologi Info serta Jurusan IT yang lain, bergantung keperluan serta ketrampilan individu itu.

2. Telekomunikasi

Bagian telekomunikasi pun tidak kalah jadi diva dalam daftar target lulusan tehnik elektro, tidak hanya sebab upah nya yang lumayan tinggi, serta beberapa perusahaan tambah tinggi daripada bagian perminyakan.

Bagian ini cukup exclusive diisi oleh alumni lulusan Elektro, terutamanya untuk jabatan atau ketrampilan yang berkaitan dengan core bagian telekomunikasi, hanya karena di tehnik elektro di ajarkan bagian atau konsetrasi atau ketrampilan tetang telekomunikasi. tidak seperti bagian IT, instrumentasi serta Kontrol yang dapat diisi oleh lulusan Tehnik Fisika, Ilkom, Tehnologi Info, Tehnik industri, Elins atau Fisika. 

3. Kelistrikan

Bagian ini jadi target beberapa pelacak kerja datang dari jurusan elektro,sebab upahnya yang cukup tinggi. Umumnya lulusan elektro diletakkan di bagian tehnis Transmisi serta gardu induk, Distribusi serta Instalasi. 

Untuk bagian Pembangkitan Tenaga Listrik, banyak diisi oleh alumni Tehnik Fisika serta Tehnik Mesin. Tetapi banyak pula lulusan elektro yang masuk di bagian pembangkit. Ditambah lagi sekarang sedang banyak rekrutmen insinyur kelistrikan dalam pembangunan program 35.000 MW jadi pemerataan listrik untuk rakyat Indonesia. 

Hingga cukup diperlukan banyak lulusan elektro untuk masuk dalam pembangunan ini. Tidak hanya upahnya yang menjanjikan, beberapa lulusan tehnik elektro dapat berpeluang untuk berkeliling-keliling ke berbagai wilayah di Indonesia.

Baca Juga: 4 Teori Belajar Dalam Psikologi yang Mudah Dipahami

Beberapa perusahaan dalam negeri yang cukup jadi target alumni Elektro ialah PLN, INDONESIA POWER, PEMBANGKITAN JAWA BALI (PJB) serta beberapa perusahaan yang membutuhkan daya listrik lumayan besar hingga butuh mengambil engineer/teknisi Listrik sendiri.

COMMENTS

Nama

anak,5,bisnis,1,buku,1,contoh,1,contoh teks,9,cpns2021,3,guru,10,info,13,kalender pendidikan,151,kerja sampingan,5,modul ajar,5,modul p5,20,pekerjaan,12,pendidikan,7,ppt,64,pts,16,rpp,22,rpp sekolah,4,rpph,17,soal,6,soal asesmen,3,soal cpns,14,soal pat,15,soal us,20,surat,10,template,5,template ppt,10,tips,2,
ltr
item
Kemendikbudnews.com: 3 Prediksi Karier Lulusan Mahasiswa Tehnik Elektro
3 Prediksi Karier Lulusan Mahasiswa Tehnik Elektro
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiRIOTa7mmRERbj9V4-yNYaz0_FDPxMlxNx0t1MXK__-xkhbjY_wpNIKusaq1B657-RXb_SjG4w3xRfVP1paBnUkyPsZI64iNLJnAmqbJ7IUfpOm_WDrQObVJmDlXfrEqbkDj9-LYea4R8/s640/kerja+lulusan+elektro.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiRIOTa7mmRERbj9V4-yNYaz0_FDPxMlxNx0t1MXK__-xkhbjY_wpNIKusaq1B657-RXb_SjG4w3xRfVP1paBnUkyPsZI64iNLJnAmqbJ7IUfpOm_WDrQObVJmDlXfrEqbkDj9-LYea4R8/s72-c/kerja+lulusan+elektro.jpg
Kemendikbudnews.com
https://www.kemendikbudnews.com/2020/03/3-prediksi-karier-lulusan-mahasiswa.html
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/2020/03/3-prediksi-karier-lulusan-mahasiswa.html
true
2087298264267847923
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content