22 Kerja Sampingan di Rumah yang Menghasilkan Uang

Daftar Isi [Tampilkan]

Kerja Sampingan di Rumah - Mengambil pekerjaan tambahan di rumah adalah pilihan yang cocok bagi ibu rumah tangga, karyawan, atau bahkan mahasiswa yang ingin meningkatkan penghasilan mereka.

Dalam menghadapi meningkatnya kebutuhan hidup saat ini, penting bagi setiap individu untuk mencari sumber pendapatan tambahan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Mengembangkan bisnis di era sekarang ternyata dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, asalkan kita mampu melihat peluang bisnis yang ada di sekitar kita.

Terutama bagi mereka yang memiliki pekerjaan utama dan ingin memulai kerja sampingan, penting untuk mencari tahu peluang-peluang yang tersedia di sekitar kita. Sebelum itu, berikut adalah beberapa tips memulai kerja sampingan.

Tips Memulai Kerja Sampingan

1. Realistis

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah berapa banyak waktu yang dapat kamu luangkan untuk menjalankan pekerjaan sampingan yang kamu inginkan. 

Saat memulai pekerjaan sampingan, kamu tidak ingin mengalami stres karena harus melakukan terlalu banyak hal dalam waktu yang terbatas. 

Meskipun kamu melakukan sesuatu sesuai dengan minatmu, ingatlah bahwa kamu tetaplah manusia yang memiliki keterbatasan. Oleh karena itu, kamu perlu mengukur kemampuanmu secara realistis agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

2. Pertimbangkan keterampilan

Tips selajutnya untuk memulai pekerjaan sampingan adalah mempertimbangkan keterampilan yang kamu miliki. 

Misalnya, jika kamu memiliki keterampilan menulis dan ingin memulai usaha sebagai penulis konten, hal tersebut adalah langkah yang tepat. 

Namun, kamu perlu menyadari batasan kemampuanmu terutama jika kamu ingin mengembangkan keahlian di bidang lain.

3. Merencanakan anggaran

Tips selanjutnya adalah merencanakan anggaran atau budget. Sebagaimana kita ketahui, pekerjaan sampingan kadang memerlukan modal di awal. Misalnya, jika kamu ingin menjadi penulis konten, kamu perlu membeli laptop dan peralatan lain yang diperlukan. 

Kamu perlu menghitungnya sejak awal untuk mempertimbangkan apakah pekerjaan sampingan ini layak untuk diperjuangkan atau malah akan membebani secara finansial.

4. Pertimbangkan potensi keuntungan

Selanjutnya, kamu perlu mempertimbangkan potensi keuntungan. Meskipun mengejar minat melalui pekerjaan sampingan penting dan menyenangkan, kamu juga perlu memastikan bahwa waktu yang kamu investasikan tidak dihabiskan dengan sia-sia. 

Jika tujuanmu hanya untuk kesenangan semata dan tidak mengharapkan penghasilan tambahan, periksa kembali apakah bidang yang kamu pilih untuk memulai pekerjaan sampingan itu menguntungkan atau tidak.

Kerja Sampingan di Rumah yang Menguntungkan

1. Membuka toko online

Membuka toko online

Membuka usaha online juga dapat dilakukan sebagai pekerjaan sampingan di rumah bagi karyawan atau mahasiswa, karena model bisnis ini sangat fleksibel dan dapat dijalankan dengan mudah, kapan saja dan di mana saja.

Dengan menggunakan smartphone atau laptop, Anda bisa memulai bisnis online dengan sederhana. Pendapatan yang diperoleh tergantung pada jenis produk yang Anda jual.

Seperti yang kita ketahui, banyak toko online yang telah sukses dalam menjalankan bisnis jual-beli secara online. Oleh karena itu, para pemula dapat mengikuti jejak sukses dari beberapa toko online tersebut. 

Selama Anda memiliki niat dan fokus, membuka toko online bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai pekerjaan sampingan di rumah.

2. Membuka toko kelontong

Membuka toko kelontong

Membuka usaha toko kelontong juga bisa menjadi solusi bagi karyawan atau mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. 

Pekerjaan sampingan ini cocok terutama bagi mereka yang memiliki rumah dengan lokasi strategis, seperti di pinggir jalan raya atau di daerah perkampungan.

Modal yang diperlukan untuk membuka toko kelontong tidak terlalu besar, karena Anda bisa memulainya dengan toko kelontong yang kecil terlebih dahulu. 

Kemudian, Anda dapat menambahkan berbagai produk agar toko kelontong Anda menawarkan lebih banyak pilihan kepada pelanggan.

3. Guru Les

Guru Les

Bagi pendidik seperti guru atau dosen, menjadi guru les pribadi bisa menjadi opsi pekerjaan sampingan di rumah yang cocok. Terutama jika Anda memiliki keahlian dalam mata pelajaran yang dianggap sulit, seperti kimia, fisika, atau matematika.

Anda dapat memberikan les pada hari libur atau di waktu luang sebagai tambahan penghasilan. Banyak orang tua yang mencari layanan bimbingan dan kursus untuk membantu anak-anak mereka memahami mata pelajaran yang kompleks.

Keuntungan finansial menjadi guru les pribadi saat ini cukup menggiurkan, sehingga Anda dapat meraih penghasilan yang memadai. 

Namun, penting untuk memiliki kemampuan dan pemahaman yang baik dalam bidang pelajaran yang diajarkan. Biasanya, tarif untuk guru les pribadi dihitung per jam.

4. Usaha Makanan Ringan

Usaha Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan adalah usaha dengan modal kecil namun memiliki prospek masa depan yang cerah. 

Melihat kepopuleran makanan ringan yang terus meningkat di kalangan masyarakat, dengan pasar yang melibatkan anak-anak hingga orang dewasa, maka usaha ini patut dipertimbangkan.

Tidak hanya itu, terdapat banyak ide-ide baru untuk makanan ringan yang tersedia saat ini, sehingga tidak sulit untuk mencari ide kreatif yang dapat menarik minat pelanggan. Makanan ringan dapat berupa cemilan, keripik, gorengan, atau kue kering.

5. Jasa Penerjemah Virtual

Jasa Penerjemah Virtual

Jika kamu memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, menemukan pekerjaan sampingan tidaklah sulit.

Menyediakan layanan penerjemah bahasa adalah pilihan yang cocok sebagai pekerjaan sampingan di rumah. Terutama di era globalisasi saat ini, banyak orang asing yang datang ke Indonesia dan membutuhkan bantuan penerjemah.

Salah satu keuntungan dari pekerjaan ini adalah fleksibilitas dalam menentukan tarif penerjemahan. Jika penerjemahan dilakukan pada teks tertulis, Anda dapat menetapkan harga berdasarkan jumlah halaman.

6. Laundry Kiloan

Untuk meraih kesuksesan dalam bisnis ini, Anda perlu cerdas dalam mencari peluang untuk memulainya. Hal utama yang harus dipertimbangkan adalah pangsa pasar. 

Lokasi dengan banyak mahasiswa, karyawan swasta, atau Pegawai Negeri Sipil adalah tempat yang tepat untuk membuka usaha ini.

Berapa modal yang dibutuhkan? Anda dapat memulai bisnis ini dengan modal kurang dari 10 juta. Sebagian dari dana tersebut digunakan untuk membeli mesin cuci satu tabung otomatis dan mesin pengering. 

Sisa dana digunakan untuk membeli perangkat pendukung, seperti timbangan, plastik, setrika, serta untuk membayar gaji seorang pegawai.

7. Survei online

Survei online

Mengikuti survei online merupakan salah satu pilihan pekerjaan sampingan di rumah yang tidak membutuhkan usaha besar. Kamu hanya perlu mengisi survei. Proses survei online ini cukup simpel. 

Cukup mendaftar di salah satu situs web yang menyediakan survei online, kemudian ikuti instruksi untuk mengisi survei tersebut.

Pendapatan kamu didapatkan melalui pengumpulan poin atau hadiah berdasarkan partisipasi dalam survei online. Poin-poin ini dapat ditukarkan dengan uang. Semakin banyak poin yang terkumpul, semakin besar penghasilan yang kamu peroleh.

8. Menjahit Pakaian

Menjahit Pakaian

Menawarkan jasa penjahit pakaian mungkin terlihat kurang menarik pada awalnya. Tetapi, ingatlah bahwa tujuan pekerjaan sampingan adalah untuk membuat waktu luangmu lebih produktif dan menghasilkan uang.

Untuk memulai, sebaiknya manfaatkan peralatan yang sudah ada dengan modal minimal. Kamu bisa membeli mesin jahit bekas dari toko terdekat atau melalui pemesanan online.

Selanjutnya, cari pelanggan di sekitarmu. Batasi pesanan jahitan sesuai dengan kemampuan dan waktu yang kamu miliki. 

Ketika mulai dikenal dan jumlah pesanan meningkat, kamu dapat membayar tenaga kerja sesuai dengan standar hasil jahitan yang kamu tentukan.

9. Admin media sosial

Jika kamu memiliki keahlian dalam mengelola teks, menjadi admin media sosial adalah salah satu opsi pekerjaan sampingan di rumah yang menjanjikan. Banyak perusahaan kecil yang sedang mencari jasa tersebut.

Sebagai admin media sosial, tugasnya umumnya melibatkan pembuatan konten atau keterangan menarik di platform media sosial untuk meningkatkan eksposur produk mereka.

10. Cuci Motor atau Mobil

Cuci Motor

Bisnis ini tidak pernah sepi. Orang rela antri berjam-jam untuk mendapatkan giliran. 

Harga, kualitas, dan tenaga yang diperlukan untuk mencuci motor dan mobil membuat banyak pemilik kendaraan lebih memilih jasa pencucian profesional dari pada melakukannya sendiri.

Modal yang diperlukan juga terjangkau untuk membuka usaha ini. Bagi pemula, sebaiknya mulai dengan usaha pencucian motor terlebih dahulu. 

Peralatan yang harus dimiliki juga cukup sederhana. Kamu hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan untuk mengecat ban motor.

11. Program Afiliasi

Prinsip program afiliasi mirip dengan dropshipper atau reseller. Kamu perlu mendaftar secara gratis ke program afiliasi, kemudian menjual produk atau jasa menggunakan tautan afiliasi yang diberikan.

Dengan setiap penjualan yang terjadi melalui tautan afiliasi tersebut, kamu akan mendapatkan komisi, atau kamu dapat menaikkan harga produk atau jasa dengan batasan yang wajar.

12. Makanan Pagi

Bagi karyawan yang memiliki jadwal masuk siang atau sore, menjual makanan untuk sarapan adalah ide yang menarik. 

Banyak karyawan yang kesulitan menyediakan sarapan sendiri, terutama mereka yang tinggal sendiri.

Usaha ini dapat dilakukan di depan halaman rumah. Menu yang ditawarkan pun sederhana dan membutuhkan waktu persiapan yang singkat, seperti nasi uduk, bubur ayam, nasi kuning, dan gorengan.

13. Desainer Grafis

Bagi kamu yang memiliki keahlian dalam desain grafis yang baik dan menguasai perangkat lunak seperti Illustrator dan adobe photoshop, sebaiknya gunakan keterampilan tersebut untuk pekerjaan sampingan di rumah. Penghasilan yang diperoleh sangat menguntungkan.

14. Copywriter

Sebagai seorang penulis konten, kamu memiliki kesempatan untuk menawarkan jasa penulisan konten online dan mendapatkan penghasilan tambahan. Profesi ini memainkan peran penting dalam dunia pemasaran digital.

Banyak startup dan perusahaan yang membutuhkan Copywriter untuk membuat konten yang menarik dan persuasif, terutama dalam menjual produk secara online.

15. Distributor makanan beku

Jika tidak berminat untuk melakukan produksi sendiri, kamu juga bisa menjadi penyalur produk. Salah satu opsi yang diminati adalah menjadi penyalur makanan beku (frozen). 

Kamu hanya perlu mencari pemasok produk berkualitas untuk memulai usaha sampingan di rumah dengan modal kecil.

16. Katering

Bisnis katering memiliki potensi pertumbuhan yang terus meningkat. Selama kamu mampu menyajikan berbagai pilihan menu yang beragam, tetangga di sekitar rumah dapat menjadi target yang potensial. 

Kamu dapat memulai dengan menawarkan menu harian atau mingguan kepada orang-orang terdekat.

17. Dropshipper

Jika kamu tidak memiliki modal untuk menjadi reseller, menjadi dropshipper bisa menjadi solusi. Konsep kerja sampingan di rumah ini hanya memerlukan ponsel pintar dan koneksi internet.

Kamu hanya perlu memasarkan produk dari penjual utama. Ketika ada pembeli yang tertarik, kamu hanya perlu meneruskan pesanan ke penjual utama, dan mereka yang akan mengurus pengiriman produk.

18. Blogger

Salah satu keahlian menulis yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah menjadi seorang penulis blog. 

Keahlian menulis ini juga perlu didukung dengan pengetahuan dasar tentang optimisasi mesin pencari (SEO).

Ketika blogmu berkembang dan memiliki banyak pengunjung, akan ada kesempatan untuk bekerja sama dengan brand-brand terkenal dalam memberikan ulasan produk dan mendapatkan backlink dari blogmu.

19. Content Creator

Menjadi seorang Content Creator yang sukses dan menjadi influencer yang dikenal luas adalah impian di era digital saat ini. 

Namun, perjalanan untuk mencapai tujuan tersebut tidak bisa terjadi dengan instan.

Kamu perlu konsisten dalam menciptakan konten yang menarik dan cerdas dalam membangun personal branding agar berbeda dari kreator konten lainnya dan dapat menarik audiens yang unik.

20. Jualan pulsa

Saat ini Anda memiliki kesempatan untuk memulai bisnis penjualan pulsa karena diminati banyak orang. Untuk tetap terhubung secara online, masyarakat membeli pulsa melalui paket-paket yang ditawarkan.

Anda bisa membantu orang-orang terdekat Anda untuk membeli pulsa dengan mudah. Terlebih lagi, tidak semua orang memiliki pengetahuan untuk membeli pulsa sendiri melalui aplikasi.

Disarankan agar Anda menjalin kerjasama dengan agen pengisian pulsa yang memiliki jangkauan yang luas, sehingga Anda dapat menjadi mitra dari agen tersebut.

21. Servis Barang Elektronik

Salah satu pilihan usaha sampingan yang dapat Anda coba adalah membuka layanan perbaikan barang elektronik. 

Beberapa jenis barang yang dapat diperbaiki meliputi TV, smartphone, laptop, AC, dan mesin cuci. Layanan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang kesulitan memperbaiki barang elektronik yang rusak sendiri.

22. Rental PlayStation

Membuka usaha sewa PlayStation atau PS bisa menjadi ide usaha sampingan yang menguntungkan. 

Pasalnya, masih banyak remaja hingga orang dewasa yang menyukai bermain PS, terutama dalam permainan sepak bola. 

Terlebih lagi, saat ini layanan sewa PS hadir dengan pelayanan yang memuaskan, sehingga pelanggan sewa PS semakin dimanjakan dan betah berlama-lama.

Baca Juga: 25 Kerja Sampingan Online Terbaik & Mudah

Itulah beberapa rekomendasi kerja sampingan di rumah yang menghasilkan. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anak,5,bisnis,1,buku,1,contoh,1,contoh teks,9,cpns2021,3,guru,10,info,13,kalender pendidikan,151,kerja sampingan,5,modul ajar,5,modul p5,20,pekerjaan,12,pendidikan,7,ppt,64,pts,16,rpp,22,rpp sekolah,4,rpph,17,soal,6,soal asesmen,3,soal cpns,14,soal pat,15,soal us,20,surat,10,template,5,template ppt,10,tips,2,
ltr
item
Kemendikbudnews.com: 22 Kerja Sampingan di Rumah yang Menghasilkan Uang
22 Kerja Sampingan di Rumah yang Menghasilkan Uang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjV8FNN-QEyWYxYuLLCBvhvURFTIBLipSHImVa3Qv1y_0baWe65Ug2yD8B4VvVHwiAwrDpqV5z-Rkbrf8pDxIdH-rHx84Anuefo-_u44PBhFyg-6iAzoIz8EYsuFHLdd9WCzCI4mqgUcGKn5D1xtdRZRrArzMSK3aHKMddkixZS9PQR-9VaDNfKUHtS/w640-h312/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjV8FNN-QEyWYxYuLLCBvhvURFTIBLipSHImVa3Qv1y_0baWe65Ug2yD8B4VvVHwiAwrDpqV5z-Rkbrf8pDxIdH-rHx84Anuefo-_u44PBhFyg-6iAzoIz8EYsuFHLdd9WCzCI4mqgUcGKn5D1xtdRZRrArzMSK3aHKMddkixZS9PQR-9VaDNfKUHtS/s72-w640-c-h312/1.jpg
Kemendikbudnews.com
https://www.kemendikbudnews.com/2023/05/kerja-sampingan-di-rumah.html
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/2023/05/kerja-sampingan-di-rumah.html
true
2087298264267847923
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content