Pengertian Kerja Sampingan, Manfaat, Tips, Contoh

Daftar Isi [Tampilkan]

Pengertian Kerja Sampingan - Bagi mereka yang ingin meningkatkan penghasilan selain dari pekerjaan utama, disarankan untuk mencoba kerja sampingan. Seperti halnya pekerjaan utama, kerja sampingan juga bisa dilaukan di rumah dan membantu mendapatkan tambahan penghasilan.

Pengertian Kerja Sampingan

Kerja sampingan dapat didefinisikan sebagai pekerjaan tambahan yang dilakukan seseorang selain pekerjaan utamanya. Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan, dan seringkali jenis pekerjaan ini dikategorikan sebagai self-employment atau wirausaha.

Banyak orang memilih kerja sampingan untuk mengejar minat dan hasrat mereka. Bahkan, ada yang akhirnya menjadikan kerja sampingan sebagai pekerjaan utama mereka, menggantikan pekerjaan kantor.

pengertian kerja sampingan

Manfaat Kerja Sampingan

1. Meningkatkan motivasi

Jika sebelumnya kamu merasa kurang semangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari, misalnya merasa malas bangun pagi dan melakukan hal-hal yang tidak disukai, memulai kerja sampingan bisa menjadi cara yang tepat untuk mengembalikan motivasi yang hilang. 

Sekarang, kamu memiliki tujuan yang dapat membuatmu semangat menjalani hari, yaitu melakukan hal-hal yang kamu sukai sambil mendapatkan penghasilan tambahan dari kerja sampingan.

2. Mencapai pemenuhan diri

Manfaat lainnya adalah pemenuhan diri (self-fulfillment). Hal ini penting agar kamu merasa puas dan bahagia dengan segala yang kamu lakukan. 

Meskipun pekerjaan sampingan tersebut berada di bidang yang tidak kamu cintai, kamu masih dapat mengeksplorasi kegiatan menarik dan menghasilkan ketika memulai kerja sampingan. Selain itu, kamu juga akan merasakan memiliki kendali penuh atas hidupmu dan menjadi lebih percaya diri dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Tips Memulai Kerja Sampingan

1. Realistis

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah berapa banyak waktu yang dapat kamu luangkan untuk menjalankan pekerjaan sampingan yang kamu inginkan. Saat memulai pekerjaan sampingan, kamu tidak ingin mengalami stres karena harus melakukan terlalu banyak hal dalam waktu yang terbatas. 

Meskipun kamu melakukan sesuatu sesuai dengan minatmu, ingatlah bahwa kamu tetaplah manusia yang memiliki keterbatasan. Oleh karena itu, kamu perlu mengukur kemampuanmu secara realistis agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

2. Pertimbangkan keterampilan

Tips selajutnya untuk memulai pekerjaan sampingan adalah mempertimbangkan keterampilan yang kamu miliki. Misalnya, jika kamu memiliki keterampilan menulis dan ingin memulai usaha sebagai penulis konten, hal tersebut adalah langkah yang tepat. Namun, kamu perlu menyadari batasan kemampuanmu terutama jika kamu ingin mengembangkan keahlian di bidang lain.

3. Merencanakan anggaran

Tips selanjutnya adalah merencanakan anggaran atau budget. Sebagaimana kita ketahui, pekerjaan sampingan kadang memerlukan modal di awal. Misalnya, jika kamu ingin menjadi penulis konten, kamu perlu membeli laptop dan peralatan lain yang diperlukan. 

Kamu perlu menghitungnya sejak awal untuk mempertimbangkan apakah pekerjaan sampingan ini layak untuk diperjuangkan atau malah akan membebani secara finansial.

4. Pertimbangkan potensi keuntungan

Selanjutnya, kamu perlu mempertimbangkan potensi keuntungan. Meskipun mengejar minat melalui pekerjaan sampingan penting dan menyenangkan, kamu juga perlu memastikan bahwa waktu yang kamu investasikan tidak dihabiskan dengan sia-sia. 

Jika tujuanmu hanya untuk kesenangan semata dan tidak mengharapkan penghasilan tambahan, periksa kembali apakah bidang yang kamu pilih untuk memulai pekerjaan sampingan itu menguntungkan atau tidak.

Contoh Kerja Sampingan Terbaik

1. Dropshipper atau Reseller

Kerja Sampingan dropship

Pekerjaan ini cocok bagi mereka yang memiliki minat dan hobi dalam dunia perdagangan. Sebagai dropshipper atau reseller, kamu tidak perlu repot dengan proses branding atau pemasaran karena produk yang dijual sudah memiliki pasar dan konsumen yang tetap. Kamu hanya perlu menjual kembali produk tersebut dengan mengambil sedikit keuntungan dari harga awal pembelian.

2. Guru Les

kerja sampingan guru les

Bagi para guru atau dosen, menjadi guru les bisa menjadi pilihan pekerjaan sampingan yang cocok. Terutama jika kamu memiliki keahlian dalam mata pelajaran yang sulit seperti kimia, fisika, atau matematika. Kamu dapat mengajar pada hari libur atau di waktu luang sebagai opsi usaha sampingan. Banyak orang tua yang mencari jasa les dan kursus untuk membantu anak-anak mereka memahami mata pelajaran yang sulit.

3. Copywriter

kerja sampingan Copywriter

Sebagai copywriter, kamu dapat menawarkan jasa menulis konten online dan mendapatkan penghasilan tambahan. Profesi ini sangat penting dalam dunia pemasaran digital. Banyak perusahaan dan startup yang membutuhkan copywriter untuk menghasilkan konten menarik dan persuasif, terutama jika mereka menjual jasa atau produk secara online.

4. Program Afiliasi

kerja sampingan Program Afiliasi

Program afiliasi bekerja dengan prinsip yang hampir sama dengan dropshipper atau reseller. Kamu perlu mendaftar ke program afiliasi secara gratis, lalu menjual produk atau jasa melalui tautan afiliasi yang diberikan. Kamu akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang dilakukan melalui tautan afiliasi atau dapat menaikkan harga produk atau jasa dengan batas yang wajar.

Baca Juga: 25 Kerja Sampingan Online Terbaik & Mudah

Itulah pengertian kerja sampingan secara lengkap. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anak,5,bisnis,1,buku,1,contoh,1,contoh teks,9,cpns2021,3,guru,10,info,13,kalender pendidikan,151,kerja sampingan,5,modul ajar,5,modul p5,20,pekerjaan,12,pendidikan,7,ppt,64,pts,16,rpp,22,rpp sekolah,4,rpph,17,soal,6,soal asesmen,3,soal cpns,14,soal pat,15,soal us,20,surat,10,template,5,template ppt,10,tips,2,
ltr
item
Kemendikbudnews.com: Pengertian Kerja Sampingan, Manfaat, Tips, Contoh
Pengertian Kerja Sampingan, Manfaat, Tips, Contoh
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg7thgB1KOieFBrqV2Vc3MClAf3UU31z97U1B1wkFzuss3-RSFfzpKGSjfxqYM-Uo-zmvwy6MQyONlxaiitrNLsUR16VgroU46E8i4892freruJCge68poMClRzl9wq2LK89o-1MfDEWQgfvqeqZ_gnpz_i6bTsb6lCYOxLR8yEtzIvHS5bQAckswuU/w640-h314/5.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg7thgB1KOieFBrqV2Vc3MClAf3UU31z97U1B1wkFzuss3-RSFfzpKGSjfxqYM-Uo-zmvwy6MQyONlxaiitrNLsUR16VgroU46E8i4892freruJCge68poMClRzl9wq2LK89o-1MfDEWQgfvqeqZ_gnpz_i6bTsb6lCYOxLR8yEtzIvHS5bQAckswuU/s72-w640-c-h314/5.jpg
Kemendikbudnews.com
https://www.kemendikbudnews.com/2023/05/pengertian-kerja-sampingan.html
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/2023/05/pengertian-kerja-sampingan.html
true
2087298264267847923
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content