4 Tips Mendidik Anak dalam Islam yang Perlu Diketahui Orang Tua

Daftar Isi [Tampilkan]

Tips Mendidik Anak dalam Islam
Anak adalah titipan dari Allah subhanahu wa ta'ala kepada setiap orang tua agar dididik dan dibesarkan dengan sebaik mungkin. Mendidik anak dalam Islam tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Apabila anak dididik dengan mengikuti aturan Islam tentu nantinya insyaallah anak akan tumbuh dewasa sebagai anak yang berbakti dan menjadi investasi di akhirat.

Sebagai orang tua terkadang kita merasa bingung bagaimana cara mendidik anak yang baik menurut ajaran Islam. Sebenarnya Islam sudah banyak memberi bocoran bagaimana cara mendidik anak agar anak tumbuh sebagai anak yang sholih sholihah. Berikut adalah beberapa tips yang sangat penting dalam mendidik anak:

Tips Mendidik Anak dalam Islam

1. Memahami Kedudukan Anak

Hal pertama yang harus dilakukan oleh setiap orang tua adalah memahami kedudukan anak. Anak di dalam keluarga adalah merupakan amanah yang diberikan oleh Allah. Allah telah memerintahkan agar orang tua mendidik anak-anak mereka sesuai dengan ajaran Islam karena anak adalah titipan.

Dalam sebuah hadits, anak juga merupakan penghibur bagi kedua orang tua dan bahkan bisa menjadi penyejuk mata dan hati kedua orang tua. Ketika kita bisa mendidik anak sesuai dengan ajaran Islam, insyaallah anak-anak akan memberikan ketenangan dan menjadi perhiasan yang membahagiakan orang tuanya.

2. Mengajarkan Anak untuk Mengenal Allah

Apabila orang tua sudah memahami bahwa anak adalah titipan dari Allah maka selanjutnya bisa mengajarkan anak untuk terhubung dengan Allah dengan mengenalkannya. Orang tua merupakan pendidikan pertama bagi anak-anak.

Peran orang tua terhadap perilaku serta kehidupan anak di masa depan sangatlah besar. Ajari anak untuk mengenal Allah dan arahkan untuk selalu beribadah serta menjauhi larangan Allah agar di masa depan orang tua tidak merasa rugi.

Mendidik anak dalam Islam memang harus dimulai sedini mungkin bahkan sejak dari dalam kandungan. Ketika sejak kecil anak sudah dibiasakan dan diberi contoh untuk mengenal Allah maka di masa depan insya Allah anak akan lebih mudah dididik.

3. Mengajari Anak Hubungan Sosial dengan Masyarakat

Kewajiban orang tua dalam mendidik anak dalam Islam yang selanjutnya yaitu mengajari anak-anak untuk mampu bersosialisasi dengan masyarakat secara baik. Bersosialisasi dalam masyarakat tidaklah mudah apalagi jika berada dilingkungan yang kurang baik.

Pilihkan lingkungan yang baik bagi anak-anak karena lingkungan sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak. Selain orang tua mengarahkan agar anak baik dalam hablum minallah maka juga harus tetap menyeimbangkan dengan hablum minannas.

Jika anak terbiasa menghormati orang lain nantinya ketika dengan orang tua juga akan mampu berperilaku baik. Salah satu contoh bentuk mencarikan lingkungan yang positif bagi anak-anak adalah dengan memilihkan sekolah yang berkualitas dan memasukkan pada lingkungan pesantren.

4. Mengajari Anak Untuk Hidup Islami Dan Mandiri

Orang tua harus mendidik anak agar memiliki masa depan yang cerah. Bukan hanya memiliki masa depan yang indah dalam kehidupan dunia tapi juga memiliki kehidupan yang bahagia di akhirat.

Bekali anak dengan pendidikan sebaik mungkin mulai dari pendidikan akhlak, pendidikan agama, pendidikan sekolah dan pendidikan yang bisa menjadi bekal di masa depan. Semakin dewasa anak kita, tantangan yang harus dihadapi juga akan semakin sulit.

Jangan biasakan anak hidup bergantung dengan orang tua, apalagi menjadi anak yang manja. Ketika anak mampu hidup secara mandiri tentu orang tua tidak akan merasa takut ketika anak sudah dewasa dan harus menghadapi zaman yang semakin sulit.

Baca Juga: 5 Jenis Makna Kata yang Perlu Kamu Ketahui

Demikian informasi tentang beberapa kewajiban mendidik anak dalam Islam yang kamu ketahui oleh setiap orang tua. Semoga informasi ini menambah wawasan bagi setiap orang tua agar memiliki anak yang sholeh sholehah dan bahagia di dunia dan di akhirat.

COMMENTS

Nama

anak,5,bisnis,1,buku,1,contoh,1,contoh teks,9,cpns2021,3,guru,10,info,13,kalender pendidikan,151,kerja sampingan,5,modul ajar,5,modul p5,20,pekerjaan,12,pendidikan,7,ppt,64,pts,16,rpp,22,rpp sekolah,4,rpph,17,soal,6,soal asesmen,3,soal cpns,14,soal pat,15,soal us,20,surat,10,template,5,template ppt,10,tips,2,
ltr
item
Kemendikbudnews.com: 4 Tips Mendidik Anak dalam Islam yang Perlu Diketahui Orang Tua
4 Tips Mendidik Anak dalam Islam yang Perlu Diketahui Orang Tua
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEifFzlpkylFav54BBfzLhCqw8LkjWwadN0TyEjKRmt2e3kga7DSl5NZw4bpeo8kTfZrIsUO1zMBPYKk49bwYwh3nefQRrsYx-Ix6A8bJLoTygk0cNccfUq1Mzd9qYzav3esLKzhxOyUXEcOSFUSK05DNGvYnSa610yY25PA0jfSBgWR0gjEfew2qJWU=w640-h368
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEifFzlpkylFav54BBfzLhCqw8LkjWwadN0TyEjKRmt2e3kga7DSl5NZw4bpeo8kTfZrIsUO1zMBPYKk49bwYwh3nefQRrsYx-Ix6A8bJLoTygk0cNccfUq1Mzd9qYzav3esLKzhxOyUXEcOSFUSK05DNGvYnSa610yY25PA0jfSBgWR0gjEfew2qJWU=s72-w640-c-h368
Kemendikbudnews.com
https://www.kemendikbudnews.com/2022/03/tips-mendidik-anak-dalam-islam.html
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/2022/03/tips-mendidik-anak-dalam-islam.html
true
2087298264267847923
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content