5 Macam Teori Komunikasi Menurut Para Ahli

Daftar Isi [Tampilkan]

macam teori komunikasi
Type teori Komunikasi Menurut Beberapa Pakar gampang di dalami. sekali Komunikasi jadi salah satu sisi penting buat kehidupan manusia. Dimana kita tahu bersama, manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Mereka selalu memerlukan orang lain. Hal penting dalam merajut jalinan dengan orang lain ialah komunikasi.

Jalinan yang dijalin akan berjalan baik, jika komunikasi antara satu dengan lainnya berjalan dengan efisien. Oleh karenanya, mengingat utamanya komunikasi, bersamaan mengembangnya kehidupan manusia ada yang namanya teori komunikasi.

Teori Komunikasi adalah satu pertimbangan tentang skema pengutaraan pesan yang didalamnya terdiri atas beberapa komponen berbentuk faktor komunikasi. Elemen – elemen itu sama-sama terikat untuk tersampainya pesan dari komunikator pada komunikan.

Perubahan Komunikasi

Dalam perubahannya, banyak beberapa pakar yang mendeskripsikan tentang teori komunikasi. Salah satunya yang seringkali jadi referensi ialah opini Borman, dia memiliki pendapat jika teori komunikasi ialah satu arti atau pengucapan yang disebut semua pembicaraan serta analisa serta dibikin dengan waspada, terstruktur serta sadar. Tidak hanya Borman, Little John adalah ilmuan yang tertarik pada studi ini. Menurut dia, teori komunikasi adalah sutu teori atau pertimbangan kolektif. Di dalamnya, ada keseluruhnya teori khususnya yang terkait mengenai proses komunikasi.

Selain itu Cargan serta Shield memiliki pendapat jika teori komunikasi ialah jalinan antara ide teoritikal yang memberikan keseluruhannya atau beberapa info, keterangan, peilanian, atau prediksi aksi manusia berdasar komunikator (orang) yang berkomunikasi (bicara, membaca, dengar, melihat) untuk periode waktu tersendiri lewat media (penghubung).

Jenis-Jenis Teori Komunikasi

Perubahan teori komunikasi adalah studi yang berkembang cepat dibanding dengan studi lain. Beberapa pakar juga banyak yang memberi sumbangsih pada studi ini, hingga menyebabkan cakupan studi ini jadi demikian luas jadi timbal balik dari beberapa type teori komunikasi yang diketemukan. Berikut adalah jenis teori komunikasi menurut pakar.

1. Teori Komunikasi Lasswell

Harold Lasswell, Teoritikus terkenal yang banyak memberikan inspirasi serta fikirannya berkaitan cabang pengetahuan sosial serta komunikasi. Di tahun 1948, Dia menyampaikan mode komunikasi yang simpel serta sampai sekarang masih diaplikasikan jadi mode komunikasi basic. Mode itu yaitu :

Siapa (Who) – Bicara apa (Says What) – Dengan media apa (In Which Kanal) – Pada Siapa (To Whom) – Serta dengan Dampak apa (With What Effect)

2. Teori Komunikasi Behaviorisme

Type teori komunikasi yang satu ini mungkin benar-benar seringkali anda dengar. Teori ini ditingkatkan oleh ilmuan asal Amerika Serikat bernama Jhon B. Watson (1878 – 1958). Menurut dia Teori Behaviorisme ini meliputi semua tingkah laku, terhitung aksi balasan atau tanggapan pada satu rangsangan atau stimulus. Berarti jika tetap ada hubungan di antara stimulus dengan tanggapan pada tingkah laku manusia. Bila satu stimulus atau rangsangan yang diterima satu orang sudah teramati, karena itu bisa diperkirakan juga tanggapan dari orang itu.

3. Teori Komunikasi Humanisme

Teori ini ditingkatkan oleh Ncneil (1977) yang diilhami oleh perubahan psikologi humanisme. Komunikasi humanisme pernah diterapkan di dunia pendidikan lewat Humanistic curriculum. Isi teori lebih mengutamakan pada pembagian pengawasan serta tanggung jawab bersama dengan antar peserta didik. Dengan keinginan, nanti peserta didik bisa sesuaikan dalam kehidupan warga.

4. Teori Informatif

Teori ini ditingkatkan oleh Sannon serta Weaver (1949). Teori info adalah salah satunya teori classic, dimana teori ini mengutamakan pada komunikasi jadi satu transmisi pesan serta bagaimana transmitter memakai media dalam berkomunikasi. Dalam soal ini, bila signal media yang dipakai baik, karena itu komunikasi akan berjalan efisien, begitupun sebaliknya. Jika signal media tidak baik, karena itu komunikasi tidak berjalan dengan lancar.

5. Teori Uses and Gratifications (Pemakaian serta Kenikmatan)

Teori ini ditingkatkan oleh Blummer serta Kutz (1974). Mereka memiliki pendapat jika pemakai media mempunyai peranan aktif dalam pilih media yang digunakannya. Hingga, pemakai media bisa disebutkan jadi faksi penting pada suatu proses komunikasi. Dalam soal ini, pemakai memiliki pilihan untuk memastikan media yang sesuai kebutuhanya.

Baca Juga: 4 Tips Mendidik Anak dalam Islam yang Perlu Diketahui Orang Tua

Itulah informasi mengenai macam-macam teori komunikasi menurut rara ahli. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anak,5,bisnis,1,buku,1,contoh,1,contoh teks,9,cpns2021,3,guru,10,info,13,kalender pendidikan,151,kerja sampingan,5,modul ajar,5,modul p5,20,pekerjaan,12,pendidikan,7,ppt,64,pts,16,rpp,22,rpp sekolah,4,rpph,17,soal,6,soal asesmen,3,soal cpns,14,soal pat,15,soal us,20,surat,10,template,5,template ppt,10,tips,2,
ltr
item
Kemendikbudnews.com: 5 Macam Teori Komunikasi Menurut Para Ahli
5 Macam Teori Komunikasi Menurut Para Ahli
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi9xc8u2yMU5_rMIaqQ2mKyZtXK86IOU7izVZ4GDpAv6DsMNjmwI4NKyqqkODjrlLpk1zswFxwq5casK7TSqcxGgV1_cdV-qHXgx6v9IQOaTKonwfe8MbIMdMwBGKd76elm-3x4OewDpFa8kEbapuXoKU6WV4TZ4QIjh0gppD22e73G1XowAtTLY3fJ=w640-h384
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi9xc8u2yMU5_rMIaqQ2mKyZtXK86IOU7izVZ4GDpAv6DsMNjmwI4NKyqqkODjrlLpk1zswFxwq5casK7TSqcxGgV1_cdV-qHXgx6v9IQOaTKonwfe8MbIMdMwBGKd76elm-3x4OewDpFa8kEbapuXoKU6WV4TZ4QIjh0gppD22e73G1XowAtTLY3fJ=s72-w640-c-h384
Kemendikbudnews.com
https://www.kemendikbudnews.com/2022/02/macam-teori-komunikasi.html
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/2022/02/macam-teori-komunikasi.html
true
2087298264267847923
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content