Modul P5 SMA Fase F Suara Demokrasi - Pemilihan OSIS

Daftar Isi [Tampilkan]

Modul P5 SMA Fase F Suara Demokrasi - Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka adalah pelajar yang memahami nilai-nilai Pancasila dan mempraktikannya, serta memahami pentingnya Pancasila dalam masyarakat. Pelajar harus dapat memahami dan menerapkan prinsip-prinsip pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan dari modul P5 proyek adalah untuk meningkatkan profil siswa Pancasila dalam kurikulum merdeka dengan mempromosikan budaya dan nilai-nilai Pancasila, membantu mereka memahami pentingnya Pancasila, dan memberi mereka kesempatan untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang berdasarkan Pancasila. 

Modul P5 SMA Fase F Suara Demokrasi

Demokrasi adalah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warga negara) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut. 

Salah satu pilar demokrasi adalah prinsip trias politica yang membagi ketiga kekuasaan politik negara (eksekutif, yudikatif dan legislatif) untuk diwujudkan dalam tiga jenis lembaga negara yang saling lepas (independen) dan berada dalam peringkat yang sejajar satu sama lain. 

Kesejajaran dan independensi ketiga jenis lembaga negara ini diperlukan agar ketiga lembaga negara ini bisa saling mengawasi dan saling mengontrol berdasarkan prinsip checks and balances.

TAHAPAN PROYEK

Berikut adalah salah satu tahapan proyek terdapat dalam modul.

TAHAP PENGENALAN

PERKENALAN “PERAN MEDIA SOSIAL DAN DEMOKRASI DI INDONESIA”

Objektif: Peserta didik mampu mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut.

Kegiatan:

A. PERSIAPAN

1. Guru menyiapkan 2 artikel yang membahas secara kritis isu perubahan psikologis dan gangguan privacy yang dihadapi remaja, sehubungan dengan kebebasan mengeluarkan pendapat di media sosial. harapan-atau-ancaman.

2. Guru menyiapkan 3 artikel koran yang membahas keterkaitan antara media sosial dan demokrasi.

3. Jika sekolah memiliki prasarana yang memadai guru dapat menampilkan video singkat yang berisi issue di atas.

B. PELAKSANAAN

Guru memulai proyek ini dengan menanyakan kepada peserta didik apa yang mereka tahu mengenai demokrasi. Beberapa pertanyaan pemantik yang bisa dipakai:

1) Jelaskan makna demokrasi dalam pemahamanmu? 

2) Sebutkan ciri demokrasi?

3) Bagaimana pendapatmu mengenai kebebasan berpendapat? Sampai batas mana dalam sistem demokrasi?

4) Guru memperkenalkan tema proyek dan menegaskan relevansi penggunaan media sosial dalam menyuarakan pendapat.

Alat dan Bahan: Slide presentasi, artikel

Peran Guru: Fasilitator

Tugas : Peserta didik diminta untuk melakukan riset mandiri mengenai penggunaan media sosial untuk menyuarakan pendapat baik secara lokal dan nasional

Download Modul P5 SMA Fase F Suara Demokrasi - Pemilihan OSIS

Baca Juga: Contoh Modul Projek P5 SMA Fase E - F LENGKAP

Itulah Modul P5 SMA Fase F tema Suara Demokrasi dengan topik pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anak,5,bisnis,1,buku,1,contoh,1,contoh teks,9,cpns2021,3,guru,10,info,13,kalender pendidikan,151,kerja sampingan,5,modul ajar,5,modul p5,20,pekerjaan,12,pendidikan,7,ppt,64,pts,16,rpp,22,rpp sekolah,4,rpph,17,soal,6,soal asesmen,3,soal cpns,14,soal pat,15,soal us,20,surat,10,template,5,template ppt,10,tips,2,
ltr
item
Kemendikbudnews.com: Modul P5 SMA Fase F Suara Demokrasi - Pemilihan OSIS
Modul P5 SMA Fase F Suara Demokrasi - Pemilihan OSIS
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEipbthWOwDf-3a-5_yJBQhDWiOMFVzXZQA9edCBx7zcEgvGKrdrjh8L0ceveK52WFP9X6yxXMNQl6ecOfX3WNwIcwIiP0aR_B8p7mGbro8wZuXDZLk0mrvgnkgQOPHqB7Gdhcti9YbwhicWhCU7sxbPRaTxbpYD3szgrY592KU0cM176bSOu4ezeKQXB_s/w640-h310/modul%20p5.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEipbthWOwDf-3a-5_yJBQhDWiOMFVzXZQA9edCBx7zcEgvGKrdrjh8L0ceveK52WFP9X6yxXMNQl6ecOfX3WNwIcwIiP0aR_B8p7mGbro8wZuXDZLk0mrvgnkgQOPHqB7Gdhcti9YbwhicWhCU7sxbPRaTxbpYD3szgrY592KU0cM176bSOu4ezeKQXB_s/s72-w640-c-h310/modul%20p5.jpg
Kemendikbudnews.com
https://www.kemendikbudnews.com/2023/12/modul-p5-pemilihan-osis.html
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/
https://www.kemendikbudnews.com/2023/12/modul-p5-pemilihan-osis.html
true
2087298264267847923
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content